Rabu, 16 Maret 2016

Aulia Ulfa_Pmi 6_Tugas 2_Sisi Gelap Pertumbuhan

Sisi Gelap Pertumbuhan
 
            Pandangan dunia a la Descartes yang mekanistik telah berpengaruh kuat pada semua ilmu kita dan pada cara berpikir Barat pada umumnya. Metode meredykasi fenomena yang kompleks menjadi balok-balok bangunan dasar dan metode mencari mekanisme yang dipakai untuk berinteraksi, dan metode itu telah mendarah daging didalam kebudayaan kita sehingga sering diidentifikasikan dengan metode ilmiah. Pandangan, konsep, atau pikiran yang tidak sesuai dengan metode ilmiah.  Pandangan, konsep, atau pikiran yang tidak sesuai dengan kerangka ilmu klasik tidak akan dibicarakan secara serius dan biasanya dikesampingkan, jika tidak dijadikan cemoohan. Sebagai konsekuensi dari penekanan pada ilmu reduksionis ini kebudayaan  kita telah menjadi sangat terpecah pecah dan telah mengembangkan teknologi, institusi, dan gaya hidup yang benar-benar tidak sehat.
            Bahwa suatu pandangan dunia yang terpecah pecah itu tidak sehat bukanlah sesuatu yang mengherankan jika dilihat dari hubungan antara "health" (kesehatan) dengan "whole" (keseluruhan). Kedua kata tersebut, sebagaimana halnya "hale" (sehat), "heal" (menyembuhkan) dan "holy" (suci) berasal dari kata dasar bahasa inggris Kuno hal, yang berarti masuk akal, keseluruhan dan sehat. Memang, pengalaman perasaan sehat kita melibatkan perasaan integritas fisik, psikologis dan spiritualrasa keseimbangan dalam berbagi komponen organisme dan antara organisme dengan lingkungannya. Pengertian integritas dan keseimbangan ini telah  hilang didalam kebudayaan kita. Pandangan dunia mekanistik yang terpecah pecah, yang telah merembes kemana mana, dan sistem nilai yang sepihak, inderawi dan berorientasi pada yang menjadi dasar dari pandangan dunia ini, telah menyebabkan ketidakseimbangan budaya yang sehat dan telah menimbulkan banyak gejala kesehatan yang tidak baik.
            Pertumbuhan teknologi yang berlebihan telah menciptakan suatu lingkungan dimana kehidupan menjadi tidak sehat baik secara fisik maupun secara mental.udara yang tercemar, suara yang mengganggu, kemacetan lalulintas, bahan pencemar kimia, bahaya radiasi dan banyak sumber stress fisik dan psikologis dan telah menjadi bagian besar bagi kehidupan kita sehari hari hari.
            Selain bahaya kesehatan yang dapat kita lihat, dengar dan cium, terdapat pula ancaman lain terhadap kesejahteraan kita yang mungkin jauh lebih berbahaya karena mempengaruhi kita dalam skala yang lebih besar, baik dalam arti ruang maupun waktu. Teknologi manusia telah mengganggu proses proses ekologis yang menopang lingkungan alam kita dan merupakan dasar dari eksistensi kita. Salah satu ancaman yang paling serius, yang paling diabaikan sama sekali hingga akhir-akhir ini adalah air dan udara oleh sampah kimia beracun.
            Ketika produksi dan konsumsi menjadi semakin cepat, teknologi yang sesuai untuk menghadapi hasil samping yang tidak diinginkan itu belum dikembangkan. Alasan dari kelalaian ini sangat sederhana; sementara produksi barang barang konsumen yang boros itu sangat menguntungkan bagi perusahaan pabrik, perlakuan yang layak dan pendaurulangan bahasa yang tidak menguntungkannya. Selama beberapa decade industri kimia mebuang sampahnya kedalam tanah tanpa pengamanan yang memadai dan pabrik tidak bertanggung jawab ini kini telah mengakibatkan ribuan tempat pembuangan sampah kimia yang berbahaya, "bom waktu beracun" yang mungkin menjadi salah satu ancaman serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini