Rabu, 16 Maret 2016

Jamillah_Pmi 6_Tugas 1_Komunikasi Dalam Perspektif Ekologi Manusia

 
Komunikasi Dalam Perspektif Ekologi Manusia
komunikasi adalah proses penyampaian pesan antar manusia. Pesan tersebut berupa pikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa sebagai alatnya. Tujuan komunikasi adalah merubah perilaku (kognitif. afektif maupun psikomotoris). sehingga dalam komunikasi yang efektif terjadilah ke:;amaan makna atas suatu obyek atau kondisi an tar pihak-pihak yang berkomunikasi (Berlo 1960).
Komunikasi dilakukan oleh satu orang atau lebih. Yang mengirim dan menerima pesan. Terjadi dalam suatu konteks tertentu. Mempunyai pengaruh tertentu bagi perilaku manusia. Dan ada peluang untuk melakukan imlpan balik (DeVito 1997).
Tujuan manusia berkomunikasi pada dasarnya dapat berupa beberapa hal, diantaranya :
1.      Mengubah opini/persepsi/pendapat/pandangan manusia (to change the opinion).
2.      Mengubah sikap (to change the attitude).
3.      Mengubah perilaku (to change the behavior).
4.      Mengubah masyrakat (to change the society).
Dalam konteks ekologi manusia dapat disinergikan terkaitdengan bagaimana membangun, mengembangkan. dan mengubah opini, pendapat, persepsi dan pandangan manusia tentang konep-konsep dalam pengelolaan sumberdaya dan lingkungannya. mengembangkan sikap positif terhadap pengembangan ekologi manusia dan mengembangkan prilaku manusia yang sejalan dengan . prinsip-prinsip mutakhir tentang ekologi manusia.
Pada gilirannya ilmu dan teknologi komunikasi akan dapat menjadi media merubah dan mengembangkan masyarakat (to change society) mengarah pada perkembangan dinamika ekologi manusia yang semakin kondusif bagi upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara adil dan bermartabat. Keadilan dan martabat ini hanya akan terwujud apabibila ada pendekatan komunikasi yang humanistis (dialogis) dan efektif. Sehingga berkembanglah masyarakat yang berciri komunikatif dan partisipatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini