Selasa, 23 Oktober 2012

Dityan Zahra, KPI 1E, Tugas ke-7

Metode Sosiologi

MMetode dalam penelitian digunakan untuk memudahkan peneliti dalam melaksanakan penelitian, agar peneliti dapat mencapai tujuan yang diharapkannya. Dalam meneliti tentang sosiologi, ada dua macam metode yang digunakan, yaitu; metode kualitatif dan metode kuantitatif.

     A. Metode Kualitatif
Adalah teknik-teknik penelitian yang didesain untuk memperoleh pemahaman, penafsiran dan subjektif atas perilaku sosial. Para peneliti ini harus berusaha memfokuskan pikiran tentang perasaan, tekstur dan makna perilaku dan konteks yang lebih luas yang dimana terdapat suatu peristiwa yang terjadi. Tujuan metode ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam atas apa yang masyarakat lakukan dan menafsirkan perilaku mereka dengan cara yang dipahami mereka sendiri. Adalh 3 teknik mendasar dalam metode kualitatif.
1.  Rekaman Historis, ini biasanya berdasarakan atas surat-surat, catatatn-catatan, laporan-laporan dan materi lainnya yang berasal dari masa lalu. Teknik ini berguna agar peneliti mendapatkan  informasi dan penjelasan-penjelasan yang lebih detail dan luas agar tidak terjadi kekeliruan.
2.  Interview dan Life Stories, kebanyakan sosiolog tertarik dengan permasalahn yang  melibatkan makna, simbolisme dan beberapa aspek lainnya yang sulit dijelaskan menjadi respon numerikal.  Misalnyaseorang sosiolog yang meneliti bagaimana orang membangun identitas mereka selama masa kehidupan. Sctructured Interview adalah teknik metode sosiologi dimana sang peneliti ingin mendapatkan topik yang lebih luas dan interpretatif, juga dimana sang peneliti menanyakan responden serial pertanyaan dan merekam jawabannya. Teknik lainnya adalah life history. Teknik ini adalah sebuah interview panjang dimana sang peneliti berusaha menemukan momen-momen penting dalam suatu kehidupan responden. Teknik ini menghabiskan banyak waktu karena peneliti berbicara dengan responden secara mendalam. Keberhasilan teknik ini adalah saat digunakan kepada satu atau sedikit responden.
3.  Participant Observation, tujuannya untuk memperoleh pemahaman mendalam dari pengetahuan yang rinci yang terkadang bersifat pribadi dari masyarakat yang sedang diteliti. Peneliti mau tak mau harus ikut terlibat dalam berbagai aktivitas masyarakat jika ingin mewujudkan tujuan tersebut.
 
B.      B. Metode Kuantitatif
Adalah metode yang sangat bergantung kepada statistika dan matematika untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar perilaku manusia. Yang dimana kita bisa menentukan bagaimana variasinya dalam suatu variabel, memproduksi  suatu perubahan pada variabel lain.
1.  Survei, mungkin adalah sebuah metode yang paling luas dan banyak dipakai untuk mengumpulkan informasi. Survei ini ditujukan pada sebuah populasi.
2.  Eksperimen Terkendali, eksperimen adalah sebuah metode untuk mengkaji relasi antara dua atau lebih variabel dalam kondisi-kondisi yang sangat terkendali . Model eksperimen terkendali ini sangat cocok untuk mencari kaitan sebab-akibat, tetapi para sosiolog sangat jarang menggunakannya karena menurut mereka eksperimen yang paling baik dilakukan dalam sebuah laboratorium, sedangkan kebanyakan sosiolog ingin mengkaji perilaku sebagaimana adanya yang terjadi dialam nyata. Pengecualiannya jika objek penelitiannya adalah kelompok yang kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini