Senin, 06 Mei 2013

Media Elektronik dan Medai Online_Susi Aryani_Pertemuan ke-7

Nama: Susi Aryani
Kelas: KPI 6 F
NIM: 1110051000175
MEDIA ELEKTRONIK DAN MEDIA ONLINE (Struktur, Sistem, dan Dampak)
       I.            PENDAHULUAN
            Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Dengan demikian Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa.
        
    Sedangkan Media elektronik adalah media yang menggunakan elektronik atau energi elektromekanis bagi pengguna akhir untuk mengakses kontennya. Istilah ini merupakan kontras dari media statis (terutama media cetak), yang meskipun sering dihasilkan secara elektronis tapi tidak membutuhkan elektronik untuk diakses oleh pengguna akhir. Sumber media elektronik yang familier bagi pengguna umum antara lain adalah rekaman video, rekaman audio, presentasi multimedia, dan konten daring. Media elektronik dapat berbentuk analog maupun digital, walaupun media baru pada umumnya berbentuk digital[1].
            Dan Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya"[2].
            Beberapa pengertian media online[3], yaitu:
a)      Media online (online media) adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet.
b)      Media online adalah media massa "generasi ketiga" setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku-- dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video.
c)      Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan sebagai "pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet" (wikipedia).
d)     Secara teknis atau "fisik", media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email.
e)      Isi media online terdiri: Teks, Visual/Gambar, Audio, dan Audio-Visual (Video)


    II.            METODE STUDI
Dalam pembahasan ini penulis menggunakan metode studi pustaka. Studi Pustaka adalah cara pengambilan data yang dilakukan dengan mengambil data dari situs-situs, seperti web, blog, artikel di internet yang membahas mengenai materi yang dibutuhkan
 III.            ANALISIS ISI
            Berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960, Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya. Pada Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi.             Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.
            Adapun Karakteristik Media Online, yaitu:
a)      Kapasitas luas --halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
b)      Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
c)      Jadwal terbit bisa kapan saja dan bisa setiap saat.
d)     Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
e)      Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
f)       Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
g)      Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
h)      Interaktif, dua arah, dan "egaliter" dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
i)        Terdokumentasi, informasi tersimpan di "bank data" (arsip) dan dapat ditemukan melalui "link", "artikel terkait", dan fasilitas "cari" (search).
j)        Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.
            Jenis Media Elektronik[4]:
1.      Komputer dan Internet
2.      Film
3.      Televisi
4.      Radio Siaran

            Jenis-jenis Media Social[5]:

1.      Wikis

2.      Blog

3.      Microblog

4.      Konten

5.      Situs jejaring sosial

6.      Virtual game world

7.      Virtual social world

8.      Podcasts

9.      Forum

10.  Integrasi media social

Manfaaat media online, yaitu[6]:
a)      Setiap orang yang ingin membuka usaha seperti menjual buku, pakaian, atau mempromosikan perusahaan mereka bisa membuat toko Online.
b)      Seperti tren sekarang ini, orang-orang bisa mendapatkan banyak teman baru, kenalan baru dengan adanya situs jejaring (Sosial Networking) seperti friendster, Facebook, Plurk, Twitter, dan masih banyak lagi lainnya.
c)      Orang yang tinggal di tempat yang berbeda/ berjauhan dengan keluarga bisa bertukar informasi/ kabar dengan menggunakan Email, dan masih banyak lagi lainnya.
            Namun, Internet tidak selalu berdampak baik bagi masyarakat karena internet juga membawa dampak buruk bagi masyarakat, seperti :
a)      Masyarakat menjadi malas,
b)      Bagi masyarakat muda khususnya banyak menyalahgunakan internet untuk mencari informasi yang seharusnya tidak mereka cari, seperti membuka situs-situs dewasa, mencari gambar-gambar fulgar, dan semacamnya.
c)      Banyak orang memanfaatkan Internet untuk melakukan berbagai macam kejahatan seperti menipu.


[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Media_elektronik
[2] http://mediatajir.blogspot.com/2012/11/pengertian-media-online.html#.UYe8Xl2MtxI
[3] http://mediatajir.blogspot.com/2012/11/pengertian-media-online.html#.UYe8Xl2MtxI
[4] http://globalonlinebook.blogspot.com/2013/02/jenis-media-elektronik.html
[5] http://teknologi.kompasiana.com/internet/2013/03/26/jenis-jenis-media-social-540559.html
[6] http://coretcoretanerdi.blogspot.com/2009/10/pengaruh-media-online-bagi-masyarakat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini