Senin, 06 Mei 2013

media elektronik dan media online (struktur,sistem dan dampak)_quinn rizqy_tugas 7

Media Elektronik dan Media Online
(Struktur, Sistem, dan Dampak)
Menurut McLuhan "Pengaruh teknologi  telah menciptakan sebuah revolusi baru di dalam kehidupan masyrakat, karena masyarakat saat ini suadah tergantung kepada teknologi dan tatanan masyarakat terbentuk berdasarkan pada kemampuan masyarakat menggunakan teknologi".[1] Beberapa sarjana menyebut pemikiran McLuhan mengenai hubungan antara teknologi, media dan masyarakat ini dengan sebutan technological determinism, yaitu paham bahawa teknologi bersifat determinan (menentukan) dalam bentuk kehidupan manusia.
Dalam istilah technological determinism  tersebut bahwa teknologi sangat berpengaruh besar dalam masyrakat atau dengan kata lain, kehidupan masyarakat saat ini ditentukan oleh teknologi. Namun, jika kita bandingkan gagasan dari McLuhan dengan gagasan Karl Marx sangat jauh sekali, karena menurut McLuhan " bahwa kehidupan manusia ditentukan oleh teknologi", sedangkan Karl Mark berpendapat "bahwa arah sejarah manusia ditentukan oleh perubahan cara berproduksi (economic determinism). Karna disini Karl Mark melihat pada cara atau mode produksi yang mampu mengubah sejarah, sedangkan Mcluhan melihat pada cara berkomunikasi yang menentukan sejarah manusia.

Menurut McLuhan, teknologi komunikasi menjadi penyebab utama perubahan budaya. Mengapa demikian? Karena kehidupan keluarga, lingkungan kerja,sekolah,rumah sakit,pertemanan, rekreasi, dan politik semuanya berpengaruh terhadap teknologi komunikasi. Menurutnya setiap teknologi baru, mulai dari penemuan huruf, penemuan mesin cetak huingga media elektronik bahkan media online memengaruhi institusi budaya masyarakat.[2] Oleh karena itu, perkembangan teknologi semakin hebat, karena setiap masa pasti mengalami perubahan, seperti masanya cetak sekarang menjadi masanya elektronik dan online (internet).
Dalam pembahasan kali ini, membahas tentang media elektronik dan media online. Media elektronik ialah media massa yang dalam menyampaikan informasinya menggunakan jasa listrik.Tanpa adanya listrik media massa ini tidak akan dapat berfungsi. Misalanya TV, Radio dan Telepon. Karena dengan adanya media elektronik telah membawa masyarakat kembali pada situasi era kesukaan yang mana lebih menekankan pada komunikasi lisan (oral).  Media elektronik ini memiliki ciri atau struktur , yaitu berkomunikasi menggunakan lisan,  besrsifat segera dan singkat,  cepat dan terjangkau dalam menyiarkan atau menyampaikan pesannya.

Sedangkan media online adalah sebuah media sosial dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media online yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia untuk mencari sebuah informasi.  Media sosial mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :

  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.
Ø  Sistem dari media elektronik dan media online
  1. MEDIA ELEKTRONIK :
·           Pesan tidak terulis,Tidak ada pembatasan panjangnaskah, karena halaman web dapat menampung naskah sepanjang apa pun. Namun demi alasan kecepatan akses, keindahan desain dan alasan-alasan teknis lainnya, perlu dihindarkan penulisan naskah yang terlalu panjang.
·           Pesan tidak bisa dilihat atau dibaca ulang,, Prosedur naskah tidak jauh berbeda dengan media lainnya. Namun ada sejumlah media yang memperbolehkan wartawan di lapangan yang telah dipercaya untuk meng-upload sendiri tulisan-tulisan mereka.
·           Pesan hanya sekilas dan berlangsung saat itu saja,Walaupun sudah online, tetapi naskah masih bisa di edit dengn leluasa. Biasanya editing hanya mencakup masalah-masalah teknis seperti salah huruf, tulisan, dan sebagainya.
  1. MEDIA ONLINE :
    ·          Persuasi menyentuh perasaan/emosi, Media online menerbitkan berita kapan saja tanpa ada jadwal khusus, kecuali untuk rubrik-rubrik tertentu.
    ·      Membahas sekarang, yang telah laku, dan yang akan datang, Begitu berita sudah di upload, maka setiap berita langsung dapat dibaca oleh semua orang di seluruh dunia yang memiliki akses internet
Ø  Dampak dari media elektronik dan media online
Dalam penggunaan media massa (elektronik dan online) sebagai sarana komunikasi sangatlah menguntungkan karena kita bisa mendapatkan berita yang hangat dengan cepat tanpa mengeluarkan uang yang banyak. Media komunikasi modern seperti radio, televisi dan lainnya dengan mudah dapat kita gunakan. Dengan media komunikasi tersebut pertukaran nilai-nilai budaya antar bangsa akan cepat terjadi. Padahal belum tentu sesuai dengan budaya-budaya indonesia. Program ditayangkan seperti kejahatan, perangdan hal-hal yang menjurus pornografi dapat menimbulkan dampak negatif yang menjurus pada kemerosotan moral masyarakat. Hal tersebut tentu dapat membahayakan bangsa ini, karena dampak yang ditimbulkan akan mengancam kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Dampak-dampak dari media massa (elektronik dan online),yaitu:
1.                   Individu : dampak positif (apabila suatu pemberitaaan dapat meningkatkan  nilai positif pribadinya, Sehingga akan mendorong masyarakat untuk berpendapat bahwa dirinya adalah pribadi yang jujur dan benar.) sedangkan dampak negatif (Adapun pemberitaan itu akan menghancurkan nilai positif pribadinya dimasyarakat sehingga mengakibatkan opini masyarakat yang tidak baikterhadapnya. Hal itu akan berdampak pula pada aspek bisnis)
2.                   Masyarakat : dampak positif (Apabila dapat menumbuhkan kesetiakawanan sosila dan mewujudkan persatuan dan kesatuan serta menjaga keamanan, ketentraman, dan keteriban.)sedangkan dampak negatif (Apabila menyebabkan hal-hal yang bertentangan  dengan nilai luhur budaya bangsa, sehingga menyebabkan hilangnya rasa kesetiakawanan sosial dan pecahnya persatuan dan gangguan terhadap keamanan, ketentraman dan keteriban.)
3.                   Negara : dampak positif (Apabila dapat meningkatkan partisipasi, dukungan dan keberpihakan rakyat kepada pemerintah, meembantu pelaksanaan pembangunan nasional agar berjalan lancar dan dapat meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.) sedangkan dampak negatif (Apabila menyebabkan rakyaat tidak percaya dan tidak memberikan dukungan lagi terhadap pemerintah, kurang lancarnya pembangunan nasional dan memburuknya kondisi keamanan negara serta menurunnya tingkat kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.)
DAFTAR PUSTAKA
  1. Morissan,M.A, Andy Corry W, Farid Hamid, Teori Komunikasi Massa, Gahalia Indonesia, Bogor: 2010.
  2. E.M.,Griffin, A First Look At Comunication Theory,Op,Cit.
  3. WWW.WIKIPEDIA.COM (6 Mei 2013 : 23.33)
  4.  Infomedia, (2012),  Perbedaan Antara Media Cetak dengan Media Online, http://chakadidy-news.blogspot.com/2012/05/perbedaan-antara-media-cetak-dengan.html (6 Mei 2013 : 23.33)
  5. M. Habib Al-Fahri Ginting, (2012), Media Cetak dan Media Elektronik, http://fahri09.blogspot.com/2012/12-media-cetak-dan-media-elektronik.html (6 Mei 2013 : 23.33)


[1] Morissan,M.A, Andy Corry W, Farid Hamid, Teori Komunikasi Massa, Gahalia Indonesia, Bogor: 2010, hal. 30
[2] E.M.,Griffin, A First Look At Comunication Theory,Op,Cit,Hal. 343-345

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini