Selasa, 10 September 2013

Desty Aryani KPI 1B_Tugas 1_Definisi Sosologi

Devinisi Sosiologi
1.      Auguste Comte (1798-1857)
 
August Comte merupakan bapak sosiologi yang pertama memberikan nama pada ilmu sosiologi (yaitu dari kata socius dan logos), Ia mempunyai anggapan bahwa sosiologi terdiri dari dua bagian pokok yaitu social statistics dan social dynamics. Sebagai social statistics  sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan timbal-balik antara lembaga-lembaga kemasyarakatan . Sedangkan social dynamics meneropong lembaga-lembaga tersebut berkembang sepanjang masa.
Menurut Comte, masyarakat harus diteliti atas dasar fakta-fakta objektif dan menekankan pentingnya penelitain-penelitian perbandingan antara masyarakat yang berlainan.
 
2.      Emile Durkheim (1858-1917)
 
Menurut Emile Durkheim, sosiologi meneliti lembaga-lembaga dalam masyarakat dan proses-proses sosial. Emile Durkheim juga menekankan pentingnya penelitian perbandingan, karena sosiologi adalah ilmu mengenal masyarakat.
 
3.      Max Waber (1864-1920)
 
Menurut Max Waber sosiologi adalah ilmu yang berusaha memberikan pengertian tentang aksi-aksi sosial. Ia berusaha memberikan pengertian mengenai perilaku manusia dan sekaligus menelaah sebab-sebab terjadinya interaksi sosial.
Max Waber juga terkenal dengan teori ideal typus. Yang dimaksud ideal typus adalah alat untuk menganalisis gejala-gejala dalam masyarakat.
 
4.      Karl Marx (1818-1883)
 
Pemikiran Marx dilatarbelakangi dan diilhami oleh perubahan sosial besar yang melanda Eropa Barat sebagai dampak perkembangan kerja, khususnya yang terkait dengan kapitalisme.
 
Sumber : Sosiologi suatu pengantar,  Soerjono Soekanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini