Rabu, 25 September 2013

MelatiAnggraini_KPI1B_Tugas3_Emiledurkheim

The division of labor in society ( 1893-1964)

The Division of Labor in Society (Durkheim,1893/1964) Dikenal sebagai karya sosiologi klasik pertama (Tiryakian,1994). Di dalamnya Durkheim melacak perkembangan modern relasi individu dengan masyarakat. Dalam karya ini Durkheim terutama ingin menggunakan ilmu sosiologi barunya untuk meneliti sesuatu yang sering dilihat sebagai krisis moralitas.Menyimpulkan bahwa masyarakat primitive dipersatukan terutama oleh faktasosial nonmaterial, khususnya oleh kuatnya ikatan moralitas bersama atau oleh apa yang ia sebut sebagai kesadaran kolektif yang kuat. Menurut Durkheim, pembagian kerja dalam masyarakat modern menimbulkan beberapa patologi (pathologies).dengan kata lain, divisi kerja bukan metode yang memadai yang dapat membantu menyatukan masyarakat. Kecenderuman sosiologi konservatif Durkheim terlihat ketika ia mengangga prevolusi tak diperlukanuntuk menyelesaikan masalah. Menurutnya berbagai reformasi dapat memperbaiki dan menjaga system sosial modern agar tetap berfungsi.Ia menganggap bahwa dalam masyarakat modern moralitas bersama dapat diperkuat dan karna itu manusia akan dapat menanggulangi penyakitsosial mereka alami dengan cara yang lebih baik.

The elementary forms of religious life( 1912-1965)

The Elementary Forms of Religius Life (1912/1965), ia memusatkan perhatian pada bentuk terakhir faktasosial nonmaterial-yakni agama. Dalam karyaini Durkheim membahas masyarakat primitive untuk menemukan akar agama. Durkheim yakin bahwa ia akan dapat secara lebih baik menemukan akar agama itu dengan jalan membandingkan masyarakat primitif yang sederhana ketimbang kedalam masyarakat modern yang kompleks. Temuan nya adalah bahwa sumber  agama adalah masyarakat itu sendiri .

Dalam agama primitif (totemisme) ini dibenda-benda seperti tumbuh-tumbuhan dan binatang didewakan. Akhirnya Durkheim menyimpukan bahwa masyarakat dan agama (atau lebih umum nya lagi, kesatuan kolektif ) adalah satu dan sama .agama adalah cara masyarakat memperlihat kan diri nya sendiri dalam bentuk faktasosial nonmaterial.Sedikit banyak Durkheim tampak mendewakan masyarakat dan produk-produk utama nya. Maka Durkheim tak berkecenderum untuk mendorong revolusi. Durkheim seorang reformasi yang mencari cara untuk meningkatkan fungsi masyarakat.

Daftarpusaka

Ritzer, George dan J.Goodman Douglas.2004 .Teori sosiologi modern.Jakarta:kencana.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini