Rabu, 13 November 2013

MOHAMMAD FAUZI ARDIANSYAH_KPI 1A_Tugas 7 Sosiologi_Proposal penelitian

 Nama :Mohammad Fauzi Ardiansyah
 NIM    :1113051000042
I.       Dasar Pemikiran

Pesantren, pondok pesantren atau sering kita sebut pondok atau ponpes adalah sebuah lembaga pendidikan yang berbentuk asrama, yang dimana semua para siswanya semua tinggal bersama, dipisahkan dengan orang tua mereka dan belajar dibawah bimbingan seorang guru yang sifatnya religius atau lebih dikenal dengan sebutan Ustadz dan Kiai.

Tujuan mereka dipisahkan dengan orang tua mempunyai tujuan agar santri tersebut dapat belajar hidup mandiri, belajar arti kebersamaan, dapat mempunyai banyak teman atau relasi dan yang paling utama adalah agar dapat lebih dekat dengan tuhan.

Di dalam suatu lingkungan selalu ada persoalan-persoalan yang terjadi didalamnya. Disini penulis mencoba untuk mengkaji berbagai macam-macam masalah yang terjadi dilingkungan santri khususnya dilingkungan pesantren.

II.    Permasalahan Penelitian

1.      Sistem pendidikan apa yang seperti apa yang digunakan pesantren dalam proses pendidikan terhadap santri-santrinya?
2.      Apa pengaruh pesantren bagi para santri?
3.      Seberapa besar pengaruh atau kontribusi santri didalam kehidupan bermasyarakat?
4.      Masalah apa saja yang biasanya terjadi diantara para santri didalam pesantren?
5.      Sebesar apa tingkat kejenuhan santri dalam mengikuti kegiatan-kegiatan pesantren

III.   Metodologi

Metode yang diterapkan didalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini memakai teknik pengumpulan data dengan cara terjun langsung ke lapangan dan wawancara atau tatap muka langsung dengan narasumber, sehingga akan didapatkan data yang lebih banyak dan lebih baik.

IV.    Tema-tema yang Diteliti

1.      Sistem pendidikan yang digunakan dipesantren.
2.      Pengaruh pesantren bagi santrinya.
3.      Pengaruh santri bagi kehidupan ber-masyarakat.
4.      Masalah yang terjadi antar santri di dalam pesantren.
5.      Tingkat kenyamanan santri didalam pesantren.

V.      Kerangka Teoritis

Didalam penelitian ini peneliti menggunakan teori dari emil Durkheim, yang mana teori-teorinya berkaitan dengan fakta-fakta sosial yang terjadi didalam suatu masyarakat. Fakta sosial adalah suatu tindakan individu  yang sementara atau tetap yang sifatnya memaksa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini