Rabu, 13 November 2013

Nur Ratika Puri_KPI 1 A_ Tugas 7 Sosiologi_Proposal Penelitian

PROPOSAL PENELITIAN
I. Dasar pemikiran
Indonesia merupakan wilayah yang sangat luas, yang tersebar dari sabang sampai marauke yang memiliki beragam kebudayaan yang tersebar luas, banyak suku dan beracam-macam agama , dimana masing-masing individu dapat memilih agamanya sendiri tanpa paksaan, agama menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan keperibadatan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Indonesia merupakan Negara yang penduduknya memeluk Agama Islam terbesar di Dunia. Maka dari itu tidak heran jika banyak sekali masjid-masjid yang berjejer di jalan-jalan , dan banyak juga pusat perbelanjaan yang menyediakan fasilitas Musholah bagi yang menjalankan ibadah, banyaknya masjid-masjid di Indonesia memunculkan beberapa ide untuk membangun masjid-masjid yang unik.
Di dalam masjid ada juga orang yang berjasa dalam mengurus masjid dia disebut dengan Marbot Masjid. Di dalam kepengurusan masjid ada pula remaja-remaja yang ikut andil didalamnya dan kegiatan-kegiatan masjid yang telah di adakannya . Di Indonesia juga banyak sekali para muslimah yang berhijab dan bahkan sekarang sudah ada komunitas hijab yang banyak bermunculan.
II. permasalahan Penelitian
1.      Adakah hubungan antara keunikan masjid terhadap minat mengunjungi masjid tersebut?
2.      Apakah kebersihan masjid mempengaruhi kenyamanan beribadah jamaah masjid?
3.      Apa saja kegiatan keseharian yang dilakukan marbot masjid?
4.      Apa saja kegiatan Remaja Masjid?
5.      Adakah pengaruh komunitas berhijab terhadap gaya berhijab anggota komunitas hijab?
III. Metodelogi Penelitian
III.1 Menggali Data
Saya menggunakan metode kualitatif yang dipelopori oleh Max Weber dan metode Kuantitatif oleh Emile Durkheim, dalam menggali data kuantitatif peneliti akan melakukan penyebaran kuisioner(angket) tertutup secara random lalu peneliti juga melakukan obeservasi dan wawancara, sedangkan dalam metode kualitatif, peneliti melakukan observasi serta wawancara yang mendalam dengan memilih Narasumber yang peneliti rasa tepat.
III.2 Menganalisis Data
Dalam menganalisis data, peneliti akan menghitung kuisioner dengan cara persen dan metode statistic lainnya, maka akan diketahui apakan penelitian tersebuat kuat kaitannya atau tidak. Serta peneliti akan merumuskan hasil wawancara dan observasi yang telah didapat.
IV. Tema
1.      Pengaruh Keunikan Masjid Terhadap Minat Pengunjung
2.      Pengaruh Kebersihan Masjid  Terhadap Kenyamanan Beribadah
3.      Marbot Masjid dan Kesehariannya di Masjid
4.      Remaja Masjid dan Kegiatannya
5.      Komunitas Hijab modern
V. Kerangka Teoritis
Tema yang akan dikaji menggunakan teori Emile durkeim dalam bukunya The Elementary Forms of Religious Life tentang agama, serta peneliti juga menggunakan fakta-fakta sosial Emile Durkheim  yang terdapat dalam bukunya yang berjudul The Rule of Sociological Method. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini