Rabu, 13 November 2013

Vicky Dianiya_KPI 1A_Tugas 7 Sosiologi_Proposal Penelitian

PROPOSAL PENELITIAN
                                                                                                                                     I.      DASAR PEMIKIRAN
Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan kegiatan proses belajar mengajar sebagai upaya mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan. Orang tua mempunyai peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan anaknya, oleh karena itu orang tua pasti berperan aktif dalam memilih sekolah seperti apa untuk anaknya.
Namun, dalam permasalahan ini, kurangnya minat para orang tua memasukkan anaknya ke sekolah islam karena sebagian orang tua malah merasa sekolah islam menjadi alternatif terakhir untuk menyekolahkan anak mereka. Apalagi sekolah islam dalam pelajaran agama islam lebih banyak pembahasan sehingga beropini mengesampingkan pelajaran umum lainnya. Di sekolah islam pun sudah pasti mempunyai peraturan khusus, yaitu peraturan yang berbeda dengan sekolah umum. Dan didalamnya juga ada berbagai kegiatan keislaman dan organisasi yang berbasis keislaman.
Semua itu akan dibahas pada penelitian ini. Oleh karena itu, peneliti membuat proposal ini dengan tujuan berbagai macam hal yang berkaitan dengan "Sekolah Islam". Dengan harapan, peneliti maupun pembaca akan lebih mudah mendapatkan informasi tentang sekolah islam.

                                                                                                                                     II.      PERMASALAHAN

1.      Tema            : Banyak orang tua yang menjadikan sekolah islam sebagai alternatif apabila anaknya tidak diterima di sekolah umum
Pertanyaan  :
A.     Apakah benar orang tua mendaftarkan anaknya disekolah islam karena tidak diterimanya di sekolah umum?
B.     Bagaimana pendapat orang tua terhadap kualitas sekolah islam dibandingkan dengan sekolah umum?

2.      Tema            : Banyaknya pelajaran agama islam sehingga berkesan mengesampingkan pelajaran umum seperti pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional.
Pertanyaan  :
A.     Apakah dengan banyaknya pelajaran agama islam berdampak bagi menurunnya prestasi siswa dalam Ujian Nasional sebelumnya?
B.     Cara apa yang dilakukan sekolah islam agar pada siswanya tidak tertinggal dalam pelajaran umum?

3.      Tema            : Peraturan khusus yang ada di sekolah islam.
Pertanyaan  :
A.     Apa saja peraturan khusus yang ada dalam sekolah islam?
B.     Apakah peraturan tersebut telah terlaksana dengan baik?

4.      Tema            : Kegiatan keislaman dalam sekolah islam.
Pertanyaan  :
A.     Apa saja kegiatan keislaman tersebut?
B.     Apa yang melatar belakangi adanya kegiatan tersebut?

5.      Tema            : Organisasi islam yang ada di dalam sekolah islam.
Pertanyaan  :
A.     Adakah letak perbedaan organisasi islam di sekolah islam dengan sekolah umum?
B.     Bagaimana pengaruh organisasi keislaman tersebut dalam membentuk kereligiusan pada diri siswa dalam berorganisasi?

                                                                                                                                         III.      METODELOGI

1.      Menggali Data
Observasi dan penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis metode kualitatif yang saya pakai, yaitu Metode Studi Kasus. Metode studi kasus adalah metode pengamatan tentang sesuatu keadaan kelompok, masyarakat setempat, lembaga-lembaga, maupun individu-individu. Alat-alat yang digunakn dalam studi kasus antara lain: wawancara (interview), pertanyaan (questionnaire), daftar pertanyaan (schedules) dan participant observer technique (pengamat terlibat) yang diamati. Sehingga mendapatkan hasil penelitian yang lebih akurat.
2.      Menganalisis Data
Setelah data terkumpul, peneliti akan menganalisis data dengan cara mengklarifikasinya sesuai tema yang diteliti. Sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.
                                                                                                                      IV.      TEMA YANG DITELITI

1.      Banyak orang tua yang menjadikan sekolah islam sebagai alternatif apabila anaknya tidak diterima di sekolah umum.
2.      Banyaknya pelajaran agama islam sehingga berkesan mengesampingkan pelajaran umum seperti pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional.
3.      Peraturan khusus yang ada di sekolah islam.
4.      Kegiatan keislaman dalam sekolah islam.
5.      Organisasi islam yang ada di dalam sekolah islam.

                                                                                                                          V.      KERANGKA TEORITIS
Berdasarkan tema-tema yang dipilih dalam penelitian ini dikaji menurut teori Emile Durkheim tentang fakta sosial. Fakta sosial adalah seluruh cara bertindak, baku maupun tidak, yang dapat berlaku pada diri individu sebagai sebuah paksaan eksternal; atau juga bisa dikatakan bahwa fakta sosial adalah seluruh cara bertindak yang umum dipakai suatu masyarakat, dan pada saat yang sama keberadaannya terlepas dari manifestasi-manifestasi individual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini