Rabu, 02 Oktober 2013

Yulia Nur Shofiani KPI 1C Tugas 4 Max Weber

The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism

Buku ini banyak menjelaskan mengenai masalah kebenaran dan interpretasi sejarah baik yang materialistis maupun yang idealistis sebagai pola-pola teoritis yang menyeluruh. Menurut Weber, perkembangan kapitalisme merupakan sebuah wujud perkembangan rasionalitas manusia. Rasionalitas ini dimotori adanya semangat untuk maju yang didasari doktrin agama. Baginya kapitalisme merupakan sebuah tipe masyarakat ideal yang telah mampu menggunakan rasionalitasnya.

Dalam buku ini juga Weber menyatakan bahwa ketelitian yang khusus, perhitungan dan kerja keras dari bisnis barat didorong oleh perkembangan etika protestan yang muncul pada abad ke- 16 dan digerakkan oleh doktrin Calvinisme, yaitu doktrin tentang takdir. Pemahaman tentang takdir menuntut adanya kepercayaan bahwa Tuhan telah memutuskan tentang keselamatan dan kecelakaan. Selain itu, doktrin tersebut menegaskan bahwa tidak seorang pun yang dapat mengetahui apakah dia termasuk salah seorang yang terpilih.


Economic and Society

Menurut Weber tindakan rasional dengan ciri masyarakat modern: yaitu mewujudkan dirinya sebagai pengusaha kapitalis, ilmuan, konsumen atau pegawai yang bekerja/bertindak sesuai dengan logika tersebut.

Dalam Economie Et Societe Weber membahas berbagai jenis hubungan sosial yang berbeda-beda terutama bentuk-bentuk dominasi politik. Ia membedakan tiga bentuk ideal tipe dominasi tersebut yaitu:

  • Dominasi Tradisional yang didasarkan pada legitimasi karena ciri sakralitas tradisi yang melekat padanya. Kekuasaan patriarkhis di tengah-tengah kelompok penghuni ruang domestik dan kekuasaan para tuan tanah dalam masyarakat feodal termasuk dalam kategori ini.
  • Dominasi karismatik yang merupakan dominasi suatu personalitas tertentu dan dikaruniai aura khusus. Pemimpin karismatik mendasarkan kekuasaannya pada kekuatan untuk meyakinkan dan kapasitasnya untuk mengumpulkan dan mebolisisasi banyak orang. Ketaatan terhadap pemimpin semacam ini terkait dengan faktor-faktor emosional yang berhasil debangkitkan, depertahankan, dan dikuasainya.
  • Dominasi legal-rasional yang bertumpu pada kekuatan hukum formal dan impersonal. Dominasi ini terkait dengan fungsi, dan bukan pada perseorangan.   
Di dalam buku ini Weber juga menjelaskan tentang tipe-tipe ideal.
Tipe ideal adalah sebuah konsep yang di buat oleh ilmuan social, menurut minat dan orientasi teoritisnya, dengan tujuan untuk memahami ciri utama dalam suatu fenomena social. Tipe ideal ini sangat membantu pada saat melakukan studi empiris dan saat memahami aspek-aspek tertentu dari dunia sosial.
Weber mengelompokan macam-macam tipe idea:
  1. Tipe Ideal Hystoris Tipe ideal ini sangat terkait dengan fenomena-fenomena  yang ditemukan pada masa lampau. Contohnya, pasar kapitalis modern.
  2. Tipe Ideal Sosiologi Umum.Tipe ideal ini berhubungan dengan fenomena-fenomena yang menyinggung beberapa periode historis dan masyarakat. Contohnya, Birokrasi.
  3. Tipe Ideal TIndakan. Tipe ideal ini adalah tipe tindakan yang berdasarkan kepada motivasi pelakunya. Contohnya, tindakan afektual.
  4. Tipe ideal Struktural. Tipe ideal ini merupakan tipe yang berbentuk sebab akibat dari sebuah tindakan sosial. Contohnya, dalam dominasi tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini