Rabu, 02 Oktober 2013

MelatiAnggraini_KPI1B_Tugas4_MaxWeber

Max weber

The protestant ethic and the spirit of capitalism (1904-05/1958)

The protestant ethic and the spirit of capitalism (1904-05/1958), weber memutuskanperhatianpada protestant ismeterutamasebagai system sebuah system gagasan, danpengaruhnyaterhadapkemunculan system gagasan yang lain, yaknisemangatkapitalisme, danakhirnyaterhdap system ekonomikapitalis.Karya Weber pada dasarnya adalah mengemukakan teori tentang rasionalisasi (Brubaker, 1984). Secara spesifik, berkembangnya brokrasi dalam kapitalisme modern, merupakan sebab-akibat dari rasionalisasi hukum, politik, dan industri. Menurutnya, birokratisasi itu sesungguhnya merupakan wujud dari administrasi yang konkrit dari tindakan yang rasional, yang menembus bidang peradaban Barat, termasuk kedalamnya seni musik dan arsitektur. Kecenderungan totalitas ke arah rasionalisasi di dunia Barat merupakan hasil dari pengaruh perubahan sosial.

 

Economy and Society(1910-1914)

Economy and Society (1910-1914), Max Weber berpendapatbahwatindakansosialdansistempolitikmempengaruhisistemekonomi.Selainitu, bukuinimembahastentangtipe-tipe ideal.

 

Tipe ideal adalahsalahsatusumbanganterpenting Weber terhadapsosiologikontemporer (Drysdale, 1996;Hekman, 1983;Lindbekk, 1992;McKinney, 1966). Sepertitelahdiketahui, Weber percayabahwatanggungjawabsosiologadalahmengembangkanperangkatkonseptual, yang kemudiandapatdigunakanolehsejarawandansosiolog.Kendatimemilikidefinisiini, Weber tidaksepenuhnyakonsistendengancaranyamenggunakantipe ideal.Pada level paling dasar, tipe ideal adalahkonsep yang dikonstruksiolehilmuansosial, menurutminatdanorientasiteoritisnya, dalamrangkamemahamiciriutamafenomenasosial.Yang pentingdicatatadalahbahwatipe-tipe ideal merupakanperangkat heuristic; merekabergunadanmembantudalammelakukanpenelitianempirisdandalammemahamiaspektertentudariduniasosial (atau "individuhistoris").

 

Ada beberapamacamtipe ideal yang weber tawarkan, diantaranya:

 

1. Tipe ideal historis, ini terkait dengan fenomena yang ditemukan pada epos sejarah tertentu, (misalnya, pasar kapitalistis modern).

2.Tipe ideal sosiologis umum, ini terkait dengan fenomena yang bersinggungan dengan beberapa periode historis dan masyarakat (misalnya, birokrasi).

3.Tipe ideal tindakan, ini merupaka tipe tindakan murni yang di dasarkan pada motivasi pelaku (misalnya, tindakan afektual).

4. Tipe ideal struktural, ini merupakan bentuk sebab dan akibat tindakan sosial (misalnya, dominasi tradisional)

 

Sumber : Teori Sosiologi – George Ritzer, Douglas J. Goodman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini