Rabu, 02 Oktober 2013

Intan Afrida Rafni KPI 1B_Tugas4_Max Weber

MAX WEBER

A.   Economy And Society

Economy And Society adalah karya pertama Max Weber  yang ditulis pada tahun 1909, pada tahun tersebut, ia mulai mengabdikan dirinya pada bidang sosiologi. Ia berusaha mengklafikasi hubungan dengan bidang sejarah yang telah mapan.  Meskipun Weber merasa setiap bidang memerlukan bidang lainnya, namun menurut hemat dia, sosiologi bertugas "melayani" sejarah (Roth, 1976: 307).  Weber menjelaskan perbedaan sosiologi dengan sejarah: "Sosiologi berusaha merumuskan konsep tipe dan keseragaman umum proses-proses empiris. Ini berbeda dengan sejarah, yang berorientasi pada analisis kausal dan penjelasan atas tindakan, struktur, dan kepribadian individu yang memiliki signifikansi kultural" (1921/1968: 19). Kendati perbedaan yang iya lakukan terlihat gamblang, dalam karyanya sendiri Weber mampu mengombinasi keduanya. Sosiologinya berorientasi pada pengembangan konsep yang jelas sehingga iya dapat melakukan analisis kausal terhadap fenomena sejarah.

Weber mendefinisikan prosedur idealnya sebagai "perubahan pasti peristiwa-peristiwa konkret individual yang terjadi dalam realitas sejarah menjadi sebab-sebab konkret yang ada secara historis melalui studi tentang data empirispasti yang telah diseleksi dari sudut pandang spesifik" (1903-17/1949: 69). Dalam buku ini mensajikan tipe-tipe ideal yang campuran dari definisi, klasifikasi, dan hipotesis spesifik yang tampaknya sulit diselaraskan dengan pernyatan-pernyataan Weber" (1976: 118). Hekman (1983: 38-59) juga mengakui bahwa weber menawarkan beberapa macam tipe ideal:

1.      Tipe ideal historis. Ini terkait dengan fenomena yang ditemukan pada epos sejarah tertentu (misalnya, pasar kapitalistis modern).

2.      Tipe ideal sosiologis umum. Ini terkait dengan fenomena yang bersinggungan dengan beberapa periode historis dan masyarakat (misalnya, birokrasi).

3.      Tipe ideal tindakan. Ini merupakan tipe tindakan murni yang didasarkan pada motivasi pelaku (misalnya, tindakan efektual).

4.      Tipe ideal struktural. Ini merupakan bentuk sebab dan akibat tindakan sosial (misalnya, dominasi tradisional).

Weber mengembangkan begitu beragam tipe ideal, dan kekayaan karyanya berasal dari keragaman ini, walaupun cara pengontruksian mereka sama. Weber menggunakan tipe-tipe ideal tersebut dengan berbagai cara untuk menciptakan model teoretis. Jadi, tipe-tipe ideal menciptakan blok bangunan teoretis bagi kontruksi beragam model teoretis (misalnya, rutinitas karisma, rasionalisasi masyarakat) dan model-model tersebut kemudian digunakan untuk menganalisis perkembangan historis spesifik.

B.   The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism

Dalam buku ini, maupun dikarya-karya historisnya yang lain, Weber tertarik dengan pertanyaan tentang kausalitas, namun ia tidak menggunakan model satu-jalan sederhana; ia selalu menyelaraskan hubungan antar sejumlah faktor sosial.

Yang perlu diingat dalam pemikiran Weber tentang kausalitas adalah keyakinan dia bahwa karena kita dapat memiliki pemahaman khusus tentang kehidupan sosial (Verstehen), pengetahuan kousal atas ilmu-ilmu sosial berbeda dengan pengetahuan kausal tentang ilmu-ilmu alam.

Pemikiran Weber tentang kausalitas terkait erat dengan upayanya memahami konflik antara pengetahuan nomotetis dengan pengetahuan idiografis. Mereka yang menganut sudut pandang nomotetis akan berargumen bahwa terdapat hubungan pasti antara fenomenal sosial, sementara itu para pendukung perspektif idiografis cenderung hanya melihat hubungan acak antara entitas-entitas tersebut. Seperti biasa Weber mengambil posisi tengah, yang disajikan dalam konsep "kausalitas yang tepat". Istilah kausalitas yang tepat mengadopsi pandangan bahwa hal terbaik yang dapat kita lakukan dalam sosiologi adalah membuat pernyataan probabilistik tentang hubungan antar fenomena sosial; jadi, jika x terjadi, maka ada kemungkinan bahwa y akan terjadi. Tujuannya adalah "memperkirakan sejauh mana efek tertentu 'didukung' oleh 'kondisi tertentu'" (Weber, 1903-17/1949: 183).

Referensi

Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2004). Socialogical Theory. McGraw-Hill, New York: KREASI WACANA.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini