Rabu, 02 Oktober 2013

Mutiara Lestari Putri 1B_tugas4_Teori Max Weber

TEORI MAX WEBER
 
The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism
Dalam karya Max weber, The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism (1904-05/1958) membicarakan tentang hubungan antara Protestanisme dengan  semangat kapitalisme. Ia menyatakan bahwa etika Protestan adalah salah satu dari factor kausal munculnya semangat kapitalisme modern. Ia menganggap "lugu" gagasan yang mengatakan Protestanisme adalah satu-satunya penyebab tunggal.  Weber menganggap kapitalisme hanya dapat lahir sebagai akibat dari Reformasi Protestan dan factor lain bisa saja menimbulkan akibat yang sama.
 
Economy and Society(1910-1914)
Menurut Max Weber, tanggung jawab sosiolog adalah mengembangkan perangkat konseptual, kemudian dapat digunakan oleh sejarawan dan sosiolog. Perangkat konseptual tersebut adalah tipe ideal. Pada level paling dasar, tipe ideal adalah konsep yang dikonstruksi oleh ilmuan sosial, menurut minat dan orientasi teoretisnya dalam rangka memahami cirri utama fenomena sosial. Yang terpenting adalah bahwa tipe-tipe ideal merupakan perangkat heuristic yang berguna dan membantu dalam melakukan penelitian empiris dan dalam memahami aspek tertentu dari dunia sosial (individu historis)
Seperti dicatat Burger, "Tipe-tipe ideal yang disajikan dalam "Economy and Society" ialah campuran dari definisi, klasifikasi dan hipotesis spesifik yang tampaknya sulit diselaraskan dengan pernyataan Weber. Meskipun tidak setuju dengan Burger terkait dengan inkonsistensi Weber dalam mendefinisikan tipe-tipe ideal, Hekman (1983: 38-59) juga mengakui bahwa Weber mengelompokkan macam-macam tipe ideal yaitu sebagai berikut :
 
1.   Tipe ideal historis. Ini terkait dengan fenomena yang ditemukan pada masa sejarah tertentu. Misalnya, pasar kapitalis modern.
2.   Tipe ideal sosiologi umum. Ini terkait dengan fenomena yang bersinggungan dengan beberapa periode historis dan masyarakat. Misalnya, birokrasi.
3.   Tipe ideal tindakan. Ini merupakan tipe tindakan murni yang didasarkan pada motivasi pelaku. Misalnya, tindakan afektual.
4.   Tipe ideal struktural. Ini merupakan bentuk sebab dan akibat tindakan sosial. Misalnya dominasi tradisional.

Sumber : Teori Sosiologi – George Ritzer, Douglas J. Goodman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini