Rabu, 02 Oktober 2013

febrian ramadhan kpi1c_tugas4_Max Weber

The Protestant Ethic and The Spirit Of Capitalism

 

            Dalam The Protestant Ethic and The Spirit Of Capitalism ,Weber menyatkan bahwa ketelitian yang khusus, perhitungan dan kerja keras dari bisnis barat didorong oleh perkembangan etika Protestan yang muncul pada abad ke-16 dan digerakkan oleh doktrin Calvinisme ,yaitu doktrin tentang takdir. Pemahaman tentang takdir menuntut adanya kepercayaan bahwa Tuhan telah memutuskan tentang keselamatan dan kecelakaan. Dan doktrin tersebut menegaskan bahwa tidak seorang pun yang dapat mengetahui apakah dia termasuk salah seorang yang terpilih.

 kondisi ini menurut Weber, pemeluk Calvinisme "panik terhadap keselamatan" berpikir bahwa bagi umat Kristen, Tuhan hanya akan memberikan peluang kepada hambanya yang mau bekerja keras Bekerja" dalam pandangannya dianggap sebagai sebuah tugas suci. Bekerja juga dimaknai sebagai sebuah prasyarat untuk mencapai keselamatan, sehingga orang yang tidak mau bekerja keras dianggap sebagai orang yang melanggar aturan agama, melanggar perintah Tuhan dan mengingkari agamanya. Proses ini bagi weber dimaknai sebagai sebuah tindakan rasional.

 

Economic and Society

 

Ini adalah salah satu karya Weber yang terbit di jerman pada tahun 1920. Di dalam karyanya, Weber menyebutkan bahwa rasionalisasi  adalah yang menjadi ciri paling signifikan dari masyarakat modern. Weber menjelaskan tiga tipe besar aktivitas manusia, yaitu :

·         Tindakan tradisional yang terkait dengan adat-istiadat.

·         Tindakan afektif yang digerakkan oleh nafsu.

·         Tindakan rasional yang merupakan alat (instrumen).

Dan dalam buku ini Weber membahas berbagai jenis hubungan social yang berbeda-beda terutama bentuk-bentuk dominasi politik. Ia membedakan tiga bentuk ideal tipe dominasi , yaitu :

·         Dominasi kekuasaan legal rasional yang bertumpu pada kekuatan hokum formal dan interpersonal. Dominasi ini terkait dengan fungsi, dan bukan pada person. Kekuasaan dalam organisasi modern dijustifikasi lewat kompetensi, rasionalitas pilihan dan bukan pada kekuatan sihir. Dominasi ini berlangsung melalui kepatuhan terhadap sebuah kitab hokum (code) fungsional..

·         Dominasi  kekuasaan tradisional. yang didasarkan pada legitimasi karena cirri sakralitas tradisi yang melekat padanya. Kekuasaan patriarkhis ditengah-tengah kelompok penghuni ruang domestic dan kekuasaan para tuan tanah dalam masyarakat feudal termasuk dalam kategori ini.

·         Dominasi kekuasaan karismatik. karismatik yang merupakan dominasi suatu personalitas tertentu dan dikaruniai aura khusus. . Pemimpin karismatik mendasarkan kekuasaannya pada kekuatan untuk meyakinkan dan kapasitasnya untuk mengumpulkan dan memobilisasi banyak orang.

 

Sumber :

Sosiologi Perubahan Sosial

Pengantar Sosiologi Politik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini