Rabu, 02 Oktober 2013

AyuWidiaSetiaMurniKPI1B_tugas4_Max Weber

KARYA MAX WEBER

·        Economy and society

Dalam bukunya yang berjudul Economy and Society (1910-1914), Max Weber berpendapat bahwa tindakan sosial dan sistem politik mempengaruhi sistem ekonomi. Selain itu, buku ini membahas tentang tipe-tipe ideal. Dalam buku Economy and Society Weber membahas bahwa tindakan sosial juga terjadi dalam organisasi, dimana organisasi menjadi latar utama bagaimana tindakan orang-orang. Artinya, meskipun tindakan sosial sering dipahami dilatari semata oleh motivasi individu, di bagian buku ini Weber mengakui kuatnya peran pihak luar yang berperan menentukan dan membatasi tindakan seorang atau sekelompok individu. Pemikiran ini sedikit banyak memiliki kesejajaran dengan cara berfikir Durkheim, dimana masyarakat  atau struktur lah yang menentukan bagaimana perilaku manusia.

Tipe-tipe ideal harus masuk akal di dalam dirinya sendiri, makna komponen-komponennya harus kompatibel, dan semua hal itu harus membantu kita memahami dunia riil. Ada beberapa macam tipe ideal yang weber tawarkan, yaitu :

1. Tipe ideal historis,  ini terkait dengan fenomena yang ditemukan pada epos sejarah tertentu (misalnya, pasar kapitalis modern),

2. Tipe ideal sosiologis umum. ini terkait dengan fenomena yang bersinggungan dengan beberapa periode historis dan masyarakat (misalnya, birokrasi).

3. Tipe ideal tindakan. ini merupakan tipe tindakan murni yang didasarkan pada motivasi pelaku (misalnya, tindakan afektual).

4. Tipe ideal struktural. ini merupakan bentuk sebab dan akibat tindakan sosial (misalnya, dominasi tradisional).

 

·        The protestan ethic and spirit of capitalism

weber memusatkan perhatianya pada protestanisme terutama pada sebagai sebuah gagasan, dan pengaruhnya terhadap kemunculan sistem gagasan yang lain, yakini semangat kapitalisme dan akhirnya terhadap sistem ekonomi kapitalis . weber mencurahkan perhatian serupa terhadap agama dunia yang lain mempelajari bagaimana cara gagasan keagamaan itu merintangi perkembangan kapitalisme dalam masyarakatnya masing –masing. Karyanya tentang agama bila di interprestasikan menurut sudut pandang menurut sudut pandang ini adalah semata merupakan upaya untuk menunjukan bahwa faktor material bukanlah satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi gagasan ,tetapi gagasan itu sendiri mempengaruhi struktur material.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini