Minggu, 19 Oktober 2014

Etika & Filsafat Komunikasi_Mohammad.Miqdad_1112051000075_KPI 5C

NAMA            : MOHAMMAD MIQDAD

NIM/KELAS  : 1112051000075 / KPI 5C


FILSAFAT KOMUNIKASI

Definisi komunikasi menurut harold Laswell bahwa "komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan "siapa", "mengatakan apa", "dengan saluran apa", "kepada siapa" dan dengan akibat atau hasil apa" (Who? Says what? In which channel?to whom? Whit what effect?).     

Sedangkan, definisi Filsafat komunikasi adalah suatu disiplin yang menelaah pemahaman (verstehen) secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis, kritis, dan holistis teori dan proses komunikasi yang meliputi segala dimensi menurut bidangnyaa, sifatnya, tatananya, tujuannya, fungsinya, tekniknya, dan metodenya (O.Uchajana: 2003).

Filsafat komunikasi menurut Richard Lanigan :

Menurutnya, filsafat sebagai disiplin biasanya dikatagerikan menjadi sub-bidang utama menurut jenis justifikasinya yang dapat diakomodasikan oleh jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan pokok:

·         Apa yang aku ketahui? (what do i know?)

·         Bagaimana aku mengetahuinya? (how do i know it?)

·         Apakah aku yakin? (Am I sure?)

·         Apakah aku benar? (Am i right?)

Dari pertanyaan-pertanyaan diatas dapat dilakukan penyelidikan yang sistematis, terhadap metafisika, epistimologi, aksiologi, dan logika.

Metafisika

Menurutnya, metafisika adalah suatu studi tentang sifat dan fungsi teori tentang realita. Dalam hubungannya dengan teori komunikasi metafisika berkaitan dengan: sifat manusia dan hubungannya secara konstektual dan individual dengan realita dalam alam semesta; sifat dan fakta bagi tujuan, peilaku, penyebab, dan aturan; dan problema pilihan.

 

Epistimologi

Epistimologi merupakan cabang filsafat yang menyelidiki asal, sifat, metode dan batasan pengetahuan manusia. Pada dasarnya epistimologi adalah cara bagaimana pengetahuan disusun dari bahan yang diperoleh yang dalam prosesnya menggunakan metode ilmiah.

Aksiologi

Aksiologi adalah asas mengenai cara bagaimana menggunakan ilmu pengetahuan yang secara epistimologis diperoleh. Dalam hubungannya dengan filsafat komunikasi, richard lanigan mengatakan bahwa aksiologi, kategori keempat dari filsafat merupakan studi etika dan estetika. Ini berarti, aksiologi adalah suatu kajian tehadap apa itu nilai-nilai manusiawi dan bagaimana cara melembagakannya atau mengepresikannya.

Logika

Logika berkaitan dengan telaah terhadap asas-asas dan metode penalaran secara benar. Logika memiliki peranan yang sangat penting dalam komunikasi, karena suatu pemikiran harus dikomunikasikan kepada orang lain, dan yang dikomunikasikan itu harus merupakan putusan sebagai hasil dari proses berpikir, yang dalam hal ini berfikir logis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini