Minggu, 19 Oktober 2014

tugas 4_lidya ismawatie _KPI 5 C -1112051000076


TUGAS 4
Nama : Lidya Ismawatie
Nim/kelas : 1112051000076


            Filsafat komunikasi

Proses komunikasi dapat dilihat dalam dua prespektif besar, yaitu perspektif psikologis dan mekanis. Perspektif psikologis dalam proses komunikasi hendak memperlihatkan  bahwa komunikasi adalah aktifitas psikologi sosial yang melibatkan komunikator, komunikan, isi pesan, lambang, sifat hubungan, persepsi, proses decoding, dan encoding . perspektif mekanis memperlihatkan bahwa proses komunikasi adalah aktifitas mekanik yang dilakukan oleh komunikator yang sangat bersifat situasional dan kontekstual.
Dari proses komunikasi yang begitu kompleks dan tidak sederhana tersebut, refleksi komunikasi diperlukan untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas dan komperhensif. Refleksi proses komunikasi tersebut sering di masukan dalam disiplin filsafat komunikasi.
Filsafat komunikasi menurut Richard Lanigan :

Menurutnya, filsafat sebagai disiplin biasanya dikatagerikan menjadi sub-bidang utama menurut jenis justifikasinya yang dapat diakomodasikan oleh jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan pokok:

·         Apa yang aku ketahui? (what do i know?)

·         Bagaimana aku mengetahuinya? (how do i know it?)

·         Apakah aku yakin? (Am I sure?)

·         Apakah aku benar? (Am i right?)

Dari pertanyaan-pertanyaan diatas dapat dilakukan penyelidikan yang sistematis, terhadap metafisika, epistimologi, aksiologi, dan logika.

Sedangkan Menurut prof. Onong Uchajana Effendi (2003-321) filsafat komunikasi adalah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara lebih mendalam, fundamental, metodologis, sistematis, analitis, kritis, dan komperhensif teori dan proses komunikasi yang meliputi segala dimensi menurut bidang, sifat, tantanan, dan metodenya.
Sifat komunikasi meliputi komunikasi verbal dan nonverbal. Tujuan komunikasi adalah mengubah opini atau pendapat seseorangsementara fungsi komunikasi itu sendiri adalah mempengaruhi, mendidik dan menginformasikan suatu pesan dari komunikator kepada komunikan.
Teknik komunikasi terdiri dari komunikasi informatif, persuasif, pervasive, koersif, instruktif dan hubungan manusiawi, sehingga dengan demikian bisa dikatakan bahwa filsafat komunikasi adalah ilmu yang mengkaji setiap aspek dari komunikasi dengan menggunakan pendekatan dan metode filsafat sehingga didapatkan penjelasan yang mendasar, utuh dan sistematis seputar komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini