Minggu, 19 Oktober 2014

TUGAS 4_Fadel Muhammad Anugrah

Fadel Muhammad Anugrah_1112051000113

Filsafat komunikasi

      Definisi Fisafal menurut para ahli.

Harold H. Titus : Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yg biasanya diterima secara tidak kritis. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yg dijunjung tinggi;Hasbullah Bakry: Ilmu Filsafat adalah ilmu yg menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai Ke-Tuhanan, alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana sikap manusia itu sebenarnya setelah mencapai pengetahuan itu.Prof. Dr.Mumahamd Yamin: Filsafat ialah pemusatan pikiran , sehingga manusia menemui kepribadiannya seraya didalam kepribadiannya itu dialamiya kesungguhan.

    Definisi Filsafat Komunikasi menurut para ahli.

Onong Ucahana Efendy,  Suatu disiplin ilmu yang menelaah pemahaman (verstehen) secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis,kritis, dan holistik tentang teori dan proses komunikasi yang meliputi segala dimensinya.Richard Lanigan, Filsafat komunikasi adalah upaya menjawab pertanyaan:Apa yang aku ketahui   Bagaimana aku mengetahuinya ,   Apakah aku yakin,   Apakah aku benar.Departemen of Communication University of Hawaii menyatakan "Communication as a social science", yaitu mencakupi tiga kriteria bidang komunikasi sebagai suatu ilmu sosial, antara lain:

a)      The field of study is theory based Bidang studi komunikasi yang berdasarkan teori.
b)      The field of study is grounded in quantitive or empirical analysis Bidang studi komunikasi berlandaskan kuantitatif atau analisis empiris.
c)      The field of study has a recognized tradition Bidang studi komunikasi mempunyai tradisi yang sudah diakui.

Filsafat komunikasi adalah disiplin ilmu yang menelaah pemahaman secarafundamental, metodologis, sistematis, analitis, kritis, dan holistis mengenai teori dari proses komunikasi yang meliputi berbagai dimensi dan berdasarkan bidang, sifat, tatanan, tujuan, fungsi, teknik, dan metode komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini