Rabu, 07 Oktober 2015

Arya Andika _ Jurnalistik I/B _ Imajinasi Kenyamanan _ Tugas 3

 

 

I.                  Definisi Imajinasi

®      Imajinasi secara umum, adalah kekuatan atau proses menghasilkan citra mental dan ide.

Imajinasi merupakan suatu gambaran (citra) yang dihasilkan oleh otak seseorang.

Istilah ini secara teknis dipakai dalam psikologi sebagai proses membangun kembali persepsi dari suatu benda yang terlebih dahulu diberi persepsi pengertian. Sejak penggunaan istilah ini bertentangan dengan yang dipunyai bahasa biasa, beberapa psikolog lebih menyebut proses ini sebagai "menggambarkan" atau "gambaran" atau sebagai suatu reproduksi yang bertentangan dengan imajinasi "produktif" atau "konstruktif".

 

II.               IMAJINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

                 (Taman Wisata ANCOL)

 

1.Gambaran Tempat Wisata Ancol

Salah satu objek wisata di Jakara yang tidak pernah sepi akan pengunjung adalah Taman Impian Jaya Ancol. Kawasan wisata yang berada di daerah Jakarta Utara, atau tepatnya berada di Jalan Lordan Timur No. 7 ini menawarkan banyak tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Tempat wisata yang dibuka sejak tahun 1966 ini memang menjadi tempat wisata yang menarik perhatian banyak wisatawan, apalagi memang banyak yang menarik, mulai dari pantai sampai tempat wisata yang penuh dengan wahana.

Anda pun pasti ingin mengetahui apa saja Tempat Wisata Di Ancol yang bisa dikunjungi. Wisatamu.com pun kali ini akan memberikan informasi tentang Tempat Wisata Di Ancol yang bisa anda semua kunjungi. Dan untuk itu tanpa harus berbicara panjang lebar lagi, lebih baik langsung saja anda semua simak Tempat Wisata Di Ancol di bawah ini.

 

a. Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi atau yang lebih dikenal dengan Dufan ini telah dibuka sebagai objek wisata pada 29 Agustus 1986. Tempat wisata ini sendiri merupakan sebuah tempat hiburan outdoor terbesar yang ada di Indonesia. Berbagai macam wahana yang memiliki teknologi yang canggih dan terbagi kedalam 8 Kawasan, yaitu Indonesia, Asia, Amerika, Eropa, Hikayat dan Balada Kera.

 

b. Gelanggang Samudra (Samudra)

Jika berkaitan dengan wisata dengan konservasi alam di Ancol, maka Gelanggang Samudra adalah tempat yang wajib untuk anda semua kunjungi. Di tempat ini anda bisa bisa mengenal lebih dekat berbagai macam aneka satwa, terutama satwa air seperti paus putih, lumba-lumba, anjing laut dan lain sebagainya. Selain itu, disini anda juga bisa menyaksikan pertunjukan 4 Dimensi, yang memutar film berdurasi 15 menit.

 

c. Sea World

Di Ancol anda juga bisa menemukan objek wisata yang berupa akuarium raksasa, dimana di tempat ini anda bisa menikmati bagaimana kehidupan ikan di bawah laut. Yang menarik dari tempat ini, anda bisa menemukan terowongan akuarium yang memiliki panjang sekitar 80 meter, dimana saat anda melewati terowongan tersebut anda bisa melihat berbagai macam jenis ikan, mulai dari ikan pari sampai hiu.

 

d. Gondola

Gondola atau dikenal juga dengan kereta gantung juga merupakan salah satu objek isata yang bisa anda nikmati di Ancol. Gondola yang berada di Ancol ini memiliki panjang kurang lebih 2,4 KM dan menghubungkan Pantai Festival sampai area Parkir AWA. Gondola ini memiliki 37 unit gondola dengan kapasitas enam orang dan tiga stasiun pemberhentian. Saat anda menaiki gondola ini, anda akan berada di ketinggian 21 meter, anda juga akan menempuh perjalanan selama 20 menit.

 

e. Pantai dan Taman

Di kawasan wisata Ancol selain anda bisa menikmati banyak tempat menarik dan wahana menyenangkan, anda juga bisa beristirahat dan menikmati pemandangan pantai serta taman yang ada. Pantai dan taman yang ada di kawasan Ancol sendiri terdiri dari 5 pantai, seperti Pantai Festival, Pantai Indah, Pantai Elok dan juga Pantai Carnival, namun masih juga menyisakan danau yang bernama Danau Impian.

Beberapa Tempat Wisata Di Ancol yang diinformasikan diatas memang menjadi objek wisata yang difavoritkan oleh banyak orang. Namun sebenarnya, selain beberapa tempat diatas, masih banyak juga tempat wisata di Ancol lainnya yang bisa anda kunjungi, seperti halnya Atlantis, Putri Duyung Cottages, Pasar Seni dan masih banyak lagi.

 

III.           Pengaruh Tempat Wisata Ancol Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat

 

Pengaruh Pembangunan Objek Wisata Ancol Theme Park Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Mayarakat. Ancol bertempat di Desa Pantai Cermin Kanan tepatnya di dusun I. Dalam bagian kedua ini akan kita bahas apa saja dampak yang dirasakan oleh masyarakat yang merupakan pedagang di objek wisata Pantai Cermin yang telah lebih dahulu membuka usaha disana setelah kehadiran objek wisata Ancol Theme Park, dalam hal ini difokuskan terhadap kondisi sosial dan ekonomi mereka terutama yang secara langsung dirasakan para pedagang di objek wisata Pantai Cermin tersebut.

 

Perkembangan objek wisata di suatu daerah sedikit banyaknya pasti akan membawa dampak terhadap masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Ada pun beberapa dampak yang dirasakan para pedagang dari kehadiran objek wisata Ancol Theme Park menyangkut pada kondisi sosial dan ekonomi terkait pada pendapatan mereka yang saat ini menurun. Selain itu terlihat pula adanya perubahan pada pola hubungan antara sesama pedagang, pedagang dengan pengunjung wisata, maupun pedagang dengan masyarakat setempat, dan lain sebagainya dilihat dari segi positif dan negatifnya.

 

Ada juga dampak yang muncul yaitu pada bentuk kekuasaan pada pihak Theme Park dalam menetapkan peraturan-peraturan yang harus dijalankan oleh para pedagang misalnya saja pada saat hari raya besar  "Capgomeh" yang umumnya dirayakan pada malam hari, saat-saat seperti inilah yang dinantikan oleh para pedagang dalam memperoleh penghasilan yang besar, sementara itu pihak Theme Park menetapkan untuk melaksanakan penutupan pintu gerbang masuk utama menuju lokasi objek wisata yang akhirnya mematahkan harapan para pedagang yang akan memperoleh income besar pada malam perayaan hari besar tersebut. Tidak hanya itu, dampak yang dirasakan oleh masyarakat mendatangkan berbagai konflik yang berbentuk protes dari masyarakat terhadap pihak-pihak yang terkait. 

 

 

IV.        Kesimpulan

 

Materi yang telah dibahas mengenai Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya dalam kehidupan sosial kesimpulannya antara lain:

Tempat wisata ancol lumayan berpengaruh terhadap peluang usaha masyarakat sekitar dengan memanfaatkan lapak yang ada untuk berjualan serta usaha lainnya , selain itu juga merupakan sarana prasarana hiburan mendidik bagi warga sekitar serta warga dari luar daerah karena kita memahami serta mempelajari biota laut seperti di "Sea World", dapat melihat pemandangan indah melalui Gondola yang kita naiki serta masih banyak lagi yang dapat kita ambil keuntungan dari pengaruh yang ada di tempat hiburan ini dan masih banyak tempat" yang mengedukasi lainnya selain di Ancol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini