Rabu, 07 Oktober 2015

NURWULAN DWI A_11150510000083_JURNALISTIK IB_IMAGINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

"IMAGINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL"


Sungai Citatih Sukabumi

Rafting di Sungai Citatih Sukabumi, lokasinya berada di selatan Kabupaten Sukabumi (Jawa Barat). Lebih tepatnya ada di Jalan Raya Pelabuhan Ratu. Akses termudah untuk menuju ke sana bisa melalui Cibadak. Dari arah Jakarta, kita bisa belok kanan ke arah Pelabuhan Ratu. Sebaliknya, dari arah Sukabumi kota, kita bisa belok kiri ke arah Pelabuhan Ratu. Ikuti jalan saja sambil menikmati pemandangan alam di sisi kiri dan kanan jalan. Bagi Anda yang gemar fotografi, siapkan kamera Anda untuk menangkap pemandangan landscape yang cukup menggoda untuk diabadikan.

Tidak seperti Sungai Citarik yang tidak bisa dilalui dengan bus besar (Seat 44, 47, 54, 57 dan 59), Sungai Citatih bisa dilalui dengan bus besar. Hanya saja ada retribusi daerah (sekitar 5 ribu rupiah / bus) untuk menuju ke sana. Seleksi mobil besar dan mobil kecil berupa tugu yang mana untuk bus besar mesti memutari tugu dengan cara belok ke kiri. Di sinilah retribusi bus besar dikenakan.

Track Distance

Track Sungai Citatih memiliki total panjang 22 km. Dari 22 km ini dibagi lagi menjadi dua yakni 13 km pertama sebagai Adventure Trip, dan 9 km sisanya sebagai Family Trip.13 km memiliki sifat pull and down dimana di awal trip bersifat datar, di tengah trip banyak jeram-jeram yang menantang, dan menjelang finish kembali datar. Total ada sekitar 20-an jeram yang akan memacu adrenalin Anda. River Guide di perahu biasanya akan menjelaskan nama-nama jeram yang dilalui beserta sejarahnya. Ada Jeram S, Jeram Kopi, dan terakhir ada Jeram Kerinduan. 9 km sesudah Finish 13 km bersifat lebih datar. Ini cocok untuk family maupun pemula. Tapi jangan salah juga, pada saat debit air besar, 9 km ini pun berubah status dari Family Trip menjadi Adventure Trip karena besarnya arus air.

Mengapa Memilih Sungai Citatih?

Ada beberapa alasan kenapa Sungai Citatih menjadi favorit para pecinta arung jeram / rafting. Padahal notabene orang lebih mengenal Sungai Citarik ketimbang. Di antaranya adalah:

1. Memiliki lebar dan kedalaman yang lebih lebar dan lebih dalam semisal Sungai Citarik

2. Adanya PLTA di daerah Ubrug

3. Dapat ditempuh dengan bus besar

4. Pertimbangan Harga.

5. Pertimbangan Track

 

Pengaruh kehadiran tempat wisata bagi kehidupan masyarakat

Ada pengaruh besar atau bisa dibilang menguntungkan untuk warga masyarakat  yang berada disekitar sungai citatih, para warga bisa membuka usaha dengan berdagang maupun dengan menyewakan alat-alat arum jeram ataupun membantu parkir, dan masih banyak yang lainnya, hal ini bisa menimbulkan keuntungan dalam semua aspek, baik pengunjung, pengelola tempat maupun para masyarakat sekitar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini