Rabu, 07 Oktober 2015

OkaPrasetya_11150510000235_JNR1B_IMAGINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

IMAJINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL


 

       


PANTAI  SAWARNA

Bayah adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Indonesia. Bayah terkenal dengan salah satu tempat penambangan batubara. Untuk mengangkut batubara ini pada zaman penjajahan Jepang dibangun jalan kereta api dari Saketi ke Bayah yang berjarak sekitar 90 km. Pembangunan jalan kereta ini konon mengorbankan jiwa sekitar 93.000 orang romusha. Di Bayah juga pernah tinggal salah seorang tokoh pemikir republik yaitu Tan Malaka yang menyamar dengan nama Iljas Husein dan berperan besar dalam membantu para romusha.

Bayah terletak di selatan pulau jawa dan pesisir pantainya yang indah merupakan tempat wisata yang menarik. ada beberapa pantai di Bayah, yaitu pantai Bayah, pantai Pulomanuk, pantai Sawarna, pantai karang Taraje, pantai tanjung Karang, pantai Ciantir dan lain-lain.Bayah memiliki 11 desa. Desa yang perkembangan ekonominya cukup pesat adalah Desa Bayah Barat. Desa Bayah Barat dimulai dari Kota Bayah 1 sampai Cikumpay. Bayah 1 adalah awal pusat perkembangan kecamatan Bayah. Dimana disinilah penduduk Bayah tinggal pada zaman dahulu. Bayah 1 merupakan wilayah yang memiliki penduduk terpadat di Kecamatan Bayah. Memiliki banyak gang. Bayah 1 juga berbatasan langsung dengan Desa Bayah Timur disebelah timur.

 

Keindahan tersembunyi Bayah Banten terletak di pantai-pantainya yang mirip pantai Thailand namun corak dan suasanya sangat Indonesia. Keindahan pantainya digabung dengan suasana pedesaan dan sekitar kota Bayah disekelilingi oleh sawah, pepohonan dan gunung. Pantai Sawarna merupakan andalan dari Bayah. Lokasi Bayah terletak di Banten bagian Selatan. Lokasi Bayah dapat ditempuh dengan berbagai alternatif dan tips untuk ke Bayah sebaiknya memilih jalur/rute ke Bayah yang tepat agar meminimalkan waktu.

Untuk akomodasi di Bayah tidak ada hotel yang ada hanyalah rumah penduduk, jadi jika ingin menginap lebih baik di rumah penduduk. Akses ke Bayah cukup mudah karena banyak rute yang bisa ditempuh. Pantai Bayah masih alami dan ciri khas dari pantai Bayah ialah gelombangnya yang besar dan karangnya yang unik dan warna lautnya yang biru tua.

Untuk refreshing sangat cocok bagi keluarga karena suasa Bayah yang asri dan segar, tapi kalau mau menginap sebaiknya di Pelalabuhan Ratu karena pusatnya penginapan yang tak jauh dari Bayah Lebak Banten berada di Pelabuhan Ratu.

Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/51d6bdf91ed7191863000000/keindahan-tersembunyi-di-bayah-yang-bernama-pantai-sawarna/1

 

Pengaruh kehidupan tempat wisata bagi kehidupan manusia

Dengan adanya objek wisata pantai sawarna ini, warga menjadi lebih merasa bangga karena daerahnya lebih dikenal banyak orang. Selain itu juga, warga menjadi yang memiliki villa disekitar atau di dekat-dekat danau menjadi lancar usahanya walaupun tidak setiap hari ada yang menyewa villanya, Begitu juga para pedagang disekitar dagangannya menjadi tidak sepi apalagi waktu akhir pekan atau libur panjang.  Karena banyak pengunjung yang berlibur ke pantai sawarna ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini