Rabu, 07 Oktober 2015

Faizah nurhidayah _Jurnalistik 1A_Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya Terhada Kehidupan Sosal_Tugas3

Nama               :Faizah Nurhidayah

Jurusan            : Jurnalistik

Matkul                         : Sosiologi

Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sosial

Dieng Plateu

Oleh Faizah Nurhidayah

     

A.Tempat Wisata

Karena saya dari Banjarnegara saya ingin mengenalkan objek wisata di Dataran Tinggi Dieng Atau Dieng Plateu.

Dieng adalah kawasan dataran tinggi di jawa tengah , masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo . Suhu di Dieng saat siang bisa mencapai ( 12-20 derajat C dan 6-10· C di malam hari ) bahkan ketika musim kemarau suhu di Dieng bisa mencapai 0·C di pagi hari yang bisa memunculkan "embun racun" atau embun yang bisa merusak tanaman pertanian.

Dieng berasal dari gabungan dua kata yaitu "Di" yang artinya "tempat" dan "Hyang" yang bermakna "Dewa" Jadi Dieng merupakan tempat dimana bersemayam Dewa dewi .

Dataran tinggi Dieng atau yang biasa terkenal dengan nama Dieng Plateu merupakan dataran dengan aktivitas vulkanik dibawah permukaannya seperti yellow stone , terdapat banyak kawah dan kaldera , kawah yang menghasilkan sumber daya alam gas  dan kerap di jadikan tempat wisata ini sangat banyak di Dieng contohnya saja seperti : kawah Candradimuka, kawah sikidang , kawah Sileri , kawah Sinila , Si Banteng , si Glagah , si Kendang dan kawah Timbang , namun tidak semua kawah dapat di kunjungi karena ada kawah yang menyebabkan gas racun yang berbahaya bagi manusia seperti kawah Timbang dan kawah Sibanteng. Pemandangan dengan warna putih kawah dan kuning dari belerang sangat menarik untuk dijadikan tempat Hunting Foto atau ingin mengetahui sumber daya Alam Gas .

Selain kawah ada objek wisata Pegunungan bagi kamu yang suka sekali dengan aktivitas Alam karena Dieng berada di antara banyak kaldera bukit dan gunung . Yang Tempatnya bisa mudah di akses dan dekat sepeti Gunung Sumbing ( 3.387 mdpl) Gunung Sindoro ( 3.150 mdpl) Gunung Prau ( 2.565 mdpl) Gunung Pakuwaja ( 2.595 mdpl) , Gunung Sikunir (2.463 mdpl) dekat sembungan . Trek yang menantang dan tentunya View yang sangat Bagus dan tidak akan menyesal deh kalo kesini .

Ada Lagi yang mungkin malas bercapek - capek naik gunung tapi ingin view yang bagus bisa mengunjungi objek wisata Telaga warna disana terdapat batu pandang yakni sebuah bukit untuk melihat seluruh pemandangan di sekitar telaga , disebut sebagai telaga warna karena warna yang dihasilkan berwarna-warni karena ada batuan fosfor yang ada di dalamnya sehingga terpantul oleh cahaya matahari dan memunculkan berbagai macam warna , namun syang warnanya sekarang tinggal sedikit karena ada yang mengatakan ada yang mengambil batuan di telaga dan di jual. Ada juga Telaga Pengilon yang bersebelahan dengan Telaga Warna , Ada juga Telaga Merdada telaga terbesar yang ada di Dieng karena telaga ini bisa mengairi pertanian yang ada di Dieng , bisa untuk wisata yanh suka memancing menyewa perahu kecil dan view nya juha tidak kalah menarik. Telaga Dringo telaga yang lokasinya hanya bisa di akses dengan jalan kaki atau naik motor ini juha sangat bagus biasa disebut ranukumbolonya Dieng karena sangat mirip dengan Ranukumbolo yang ada di Gunung Semeru Jawa Timur . Ada juga Telaga Cebong dan telaga Nila.

Selain itu ada Komplek Candi Arjuna . Komplek Candi ini biasa dipakai sebagai acara-acara Festival dan Budaya . Ada Candi Arjuna , Gatot Kaca , Semar , Sembadra , Srikandi , Aswatama , Dwarawati dan lain lain

Wisata Gua juga ada yaitu Gua Semar , Gua Jaran , Gua Sumur,  dan Sumur Jalatunda sumur yang diyakini jika kita bisa melemparkan ke sumur batu dan bisa memantul maka keinginan apa saja bisa di wujudkan .

Yang suka dengan sejarah Ada Juga Museum Dieng Kaliasa yang berisi informasi tentang Artefak , Alam Geologi , Flora dan Fauna , Keseharian Masyarakat Dieng , Pertanian , Kepecayaan Masyarakat dan Kesenian Dieng terdapat Panggung Terbuka diatasnya dan Restoran .

Ada Juga Theater Dieng Yang menampilkan sejarah Dieng Letusnya Kawah Si Nila , dan lain sebagainya

Di Bidang Ekonomi Dieng merupakan Sentra Penghasil Sayuran Dataran Tinggi di Jawa Tengah komoditas utamanya adalah kentang , selain kentang juga ditanami kubis , cabai, wortel, bawang-bawangan dan sayuran lainnya . Jika kita ke Dieng Banyak terliha pemandangan pertanian . Namun sayangnya banyak warga mengkonversikan Hutan menjadi lahan pertanian Sayur

       Dan yang paling seru setiap tahunnya Adalah Dieng Festival Culture . Yaitu Festival Kebudayaan yang biasa di laksanakan pada bulan Juli/Agustus yang sangat terkenal adalag Prosesi pemotongan Rambut Gimbal Anak Dieng . Selain itu banyak acara - acara lain seperti Harmoni Budaya , Jazz Atas Awan , Bakar Jagung dan minum Purwaceng Bareng, Festival Kesenian Tradisional , Festival Desa Wisata Jateng , Festival Film Dieng , Pameran Kerajinan , Pesta Lampion dan Kembang Api , Pesta Balon , Pagelaran Wayang, Jalan Sehat dan masih banyak lagi . Biasanya Acara tersebut dilaksanakan 3 hari 2 malam . Wisatawan berasal dari luar negeri dan dalan negeri.

       Dieng Juga terkenal sebagai sentra penghasil pepaya gunung(Carica ) yang sudah masuk supermarket dan di pasarkan di Jawa Tengah , Minuman Purwaceng , Jamur dan Buah Kemar. Wisata di Dieng juga termasuk murah untuk Anda yang biasa backpacker atau yang suka mengikuti trip trip dari agen , juga tersedia sangat banyak dan tentunya pas di kantong Anda.
B.Pengaruh Terhadap Pengaruh Sosial

a.Di bidang Ekonomi dan Pariwisata tentunya sangat menjanjikan bagi penduduk sekitar.
b. Bisa mengenalkan Budaya Jawa
c. Pembangunan Melaju pesat
d. Terciptanya masyarakat yang sejahtera
e. Dampak Negatif :
f.-Vandalisme
g.Masyarakat menjadi Komersil
h.Dan kebiasaan masyarakat Indonesia yang mengunjungi tempat wisata adalah menjadi kotor
    Eksplore yang terlalu besar-besaran sehingga alam menjadi rusak.
 

SUMBER : -Wikipedia Bahasa
 -Pengetahuan Sendiri
 -Wartawan Radar Banyumas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini