Rabu, 07 Oktober 2015





Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa,Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu kabupaten BogorCianjur danSukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 3.000 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun.

Gunung Gede diselimuti oleh hutan pegunungan, yang mencakup zona-zona submontana, montana, hingga ke subalpin di sekitar puncaknya. Hutan pegunungan di kawasan ini merupakan salah satu yang paling kaya jenis flora di Indonesia, bahkan di kawasan Malaysia.

Gunung Gede maupun kawasan Taman Nasional Gede Pangrango juga merupakan objek wisata alam yang menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional.

 

Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi

1.      Telaga Biru. Danau kecil berukuran lima hektare (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.

2.      Curug Cibeureum. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat.

3.      Air Panas. Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.'

4.      Kandang Batu dan Kandang Badak. Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.

5.      Puncak dan Kawah Gunung Gede. Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas.

6.      Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektare yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.

 

 

Pengaruh Wisata gunung Panggrango Pada Daerah Sekitar

 

Keunikan kondisi alam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) telah menarik perhatian banyak kalangan untuk menikmati wisata alamnya yang indah. Kegiatan rekreasi selain berdampak baik untuk wisatawan juga akan berdampak bagi masyarakat di sekitar kawasan wisata, diantaranya pada segi sosial dan ekonomi masyarakat. Analisis tentang dampak wisata ini tentu penting bagi pengelola yang dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam penentuan suatu kebijakan pada kawasan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak wisata alam terhadap pendapatan masyarakat sekitar kawasan, jenis dan jumlah lapangan pekerjaan yang terbuka, perubahan kondisi sosial yang terkait dengan kegiatan ekonomi yang terjadi pada masyarakat sekitar kawasan.

Penelitian ini saya lakukan dengan ditemani kawan saya yang asli orang sekitar TNGGP selama 3 Hari sejak tanggal 2-4 Oktober 2015, tapi sayang penelitian ini hanya bisa saya lakukan sampai curug cibeureum. Penelitian ini dilakukan di kawasan TNGGP dengan menggunakan metode wawancara pada pemandu, masyarakat dan data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif. Dampak ekonomi yang timbul akibat adanya kegiatan wisata alam di TNGGP antara lain, yaitu peningkatan pasar domestik yang didasarkan pada segi jumlah penduduk yang sekaligus sebagai peluang kerja dan peluang berusaha diantaranya dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar sehingga perekonomian mereka terbantu. Sedangkan, dampak sosial yang timbul diantaranya memicu peningkatan pendidikan masyarakat, meningkatkan potensi konflik, serta potensi penurunan nilai-nilai sosial. Keberadaan kawasan wisata sangat berpengaruh terhadap kondisi masyarakat sekitarnya, sehingga kegiatan tersebut sangat baik dilakukan karena secara umum dapat meningkatkan kualitas sosial dan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini