Rabu, 07 Oktober 2015

Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya dalam ​Kehidupan Sosial dio ihkamuddin JNR1b tugas 3

A.                    Gambaran Wisata air terjun Sentul Paradise (Curug Bidadari)

 
C
Sentul Paradise Parkurug Bidadari – Sentul Paradise Park
Asal mula air terjun / curug Bidadari ini berasal dari legenda tentang tempat mandinya tujuh bidadari, dimana airnya berasal dari kumpulan mata air alami yang berada pada kawasan hutan lindung, dan karenanya air yang mengalir sangat bening dan segar. Air terjun tersebut jatuh ke dalam kolam alami.
Saat ini Curug Bidadari tersebut telah dikelola dan dijadikan tempat wisata alam yang selama ini dikenal dengan Sentul Paradise Park. Tempat Wisata ini menjadi salah satu pilihan jalan keluarga di akhir pekan karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota.
Tak perlu sampai ke Bogor atau Puncak Pass, saya juga tak menyangka tidak jauh dari kota Jakarta di belakang perumahan Sentul, ada tempat wisata air terjun yang buat saya cukup menakjubkan yaitu Curug Bidadari / Sentul Paradise.
Tempat ini dekat sekali dengan Jakarta dengan catatan kalau nggak macet .. hehe. Untuk menuju lokasi ini, kalau bawa mobil dari tol jagorawi keluar di pintu tol Sentul Selatan kemudian belok kiri dan terus saja sampai ada simpangan jalan serong ke kiri. Nanti akan melewati perumahan perumahan di kawasan Sentul sampai akhirnya masuk ke jalan desa.
Jalanannya pada waktu itu cukup bagus walaupun sekitar 1 km mendekati lokasi jalannya aspalnya lumayan banyak terkelupas aspalnya. Sebaiknya jika kesini menggunakan kendaraan yang selain sedan, walaupun bisa tapi sayang saja. Dan saya agak meragukan keamanan jalannya jika pada kondisi hujan dan licin karena ban bisa berputar ditempat kalau pada waktu pulang menanjak. Ini juga mirip mirip waktu ke Curug Pangeran Kawasan wisata gunung salak endah, di Gunung Bunder cuma di Gunung Salak Endah batunya lebih besar dan lebih lepas.
Sebelum gerbang masuk, diminta 5000rb dengan alasan restribusi perbaikan jalan, memang jalanannya rusak, tapi nggak ada tiketnya. Biasa banget dah yang begini di Indonesia.
Syukurlah saya akhirnya sampai di gerbang masuk Sentul Paradise, pada waktu itu harga baru naik untuk liburan akhir tahun mulai tanggal 20 Desember 2014 perorangnya kena 40rb dan mobil 10rb jadi total 90rb berdua.
Sampai tempat parkirnya, langsung terdengar gemuruh suara air, wah air terjunnya gede juga ya jadi nggak sabar buat segera nyemplung.
Tempat ini mempunyai air terjun yang cukup besar debit airnya, tempat air terjunnya dikelola sehingga menjadi tempat wisata sekaligus tempat berenang untuk umum dan juga disediakan tempat makan ada tempat untuk berenang dan ada tempat makannya.
Segera lepas baju ganti celana pendek, ada tempat ganti atau toilet cukup bayar 2000 rupiah, sehabis itu langsung lari menuju sumber air terjun, woww nggak nyangka airnya sangat deras sekali dari atas bahkan saya ngeri untuk berada dibawah air terjunnya, luar biasa kekuatan air ini saya membayangkan bagaimana kuatnya kekuatan air jika ada banjir bandang jadi merinding jadi nggak berani dibawah jatuhnya air.
Jadi saya hanya main di pinggiran pusat jatuh air terjunnya sampai puas menikmati percikan airnya. Dari air terjun ini dibawahnya airnya ditampung untuk digunakan bermain dan berenang, cuma agak kebersihannya agak kurang lantai2 nya licin berlumut dan sebagian lebih baik karena berpasir
 
B.PENGARUH KEHADIRAN TEMPAT WISATA BAGI KEHIDUPAN MASYARAKAT SEKITAR .
Dengan adanya tempat air terjun bidadri ini banyak warga yang bekerja sebagai pegelola wisata alam atau tukan parkir,berjualan, tempat out bond dan masih banyak lagi dari warga kerjakan dengan adanya curug bidadari, sementara sebagian lainnya bekerja sebagai pemandu, pekerja di tempat penyewaan bale dan pegurus itu sendiri.
Pariwisata di wilayah ini terus dikembangkan karena tempat yang sangat mengasikan dan tidak terlalu mahal membuat para masyarakat jabodetabek tidak harus jalan-jalan jauh demi merasakan wisata alam yang sangat menyenangkan bagi masyarakat pengelola maupun prngunjung di curug itu sendiri.
Dalam setiap tahunya pengunjung di curug bidadari ini teruslah bertambah maupun hari libur ataupun hari biasa. Dan biaya yang dikoceh tetaplah sama pada hari-hari tersebut.
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini