Rabu, 07 Oktober 2015

Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sosial

Nama               : Anida Najiyah Siti Solehah

NIM                : 11150510000160

Jurusan            : Jurnalistik 1 A

 

Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Curug Sawer


Situ Gunung

Sukabumi punya banyak tempat wisata yang bias dikunjungi. Salah satunya adalah Danau Situ Gunung. Sebuah danau yang berada di ketinggian sekitar 850 mdpl di kaki gunung Gede Pangrango. Lokasi Danau ini sendiri masih berada di kompleks Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sekitar 16 KM dari pusat Kota Sukabumi. Di sekitar Danau Situ Gunung kamu bias melakukan aktivitas apapun asal tidak merusak alam. Mau berteriak sekeras-kerasnya atau duduk merenung menatap air danau yang tenang, terserah kamu. Danau Situ Gunung ini dikelilingi oleh hutan pinus yang membuat pemandangan dan udara disana terasa sangat menyejukkan. Terasa berbeda sekali dengan udara di perkotaan yang panas dan membosankan. Jika ingin bermalam di sekitar danau kamu bisa menyewa villa yang ada di lingkungan danau. Tapi, cara paling pas untuk menikmati suasana malam di tempat seindah ini adalah dengan mendirikan tenda. Di Situ Gunung ada area camping ground yang bias kamu gunakan untuk mendirikan tenda. Harga sewa villa sendiri berkisar antara 400 ribu rupiah. Selain bias digunakan sebagai tempat melepas penat, danau Situ Gunung juga merupakan tempat wisata dengan fasilitas yang cukup lengkap. Ada flying fox dan sejumlah wahana lain yang bias kita coba disini. Jika ingin berkeliling danau, sebuah perahu siap mengantarmu berkeliling. Danau Situ Gunung memang tidak murni alami karena dibeberapa titik di pinggir danau telah disemen. Namun, suasana yang ada disana terasa sangat natural karena lokasinya yang berada di kaki gunung. Tidak terlalu jauh dari danau Situ Gunung, ada dua air terjun yang bias dikunjungi. Curug Sawer dan Curug Cimanaracun. Tapi yang lebih sering didatangi para pengunjung adalah Curug Sawer. Untuk sampai kesana kamu harus melakukan sedikit trekking.

Situ Gunung menawarkan pemandangan alam situ yang indah dilengkapi dengan keberadaan semak dan segala rupa flora yang ada didalamnya. Apabila anda seorang yang senang dengan pariwisata petualangan yang berbasiskan alam tentu wajib mengunjungi danau Situ Gunung Sukabumi. Dari lokasi parkiran kendaraan, anda diharuskan berjalan kaki menuju lokasi danau dengan menyusuri hutan hijau dan jalanan berbatu yang terkadang licin terutama jika turun hujan. Anda aka melewati kontur tanah yang hijau disekitarnya. Sesampainya di tepi situ atau danau, jika tertarik anda juga bias menyewa perahu untuk berkeliling di danau Situ Gunung.

Pengaruh terhadap lingkungan sosial

Dengan adanya objek wisata danau situ gunung ini, warga menjadi lebih merasa bangga karena daerahnya lebih dikenal banyak orang. Selain itu juga, warga menjadi yang memiliki villa disekitar atau di dekat-dekat danau menjadi lancer usahanya walaupun tidak setiap hari ada yang menyewa villanya. Begitu juga para pedagang disekitar, dagangannya tidak sepi apalagi waktu akhir pecan atau libur panjang.  Karena banyak pengunjung yang berlibur ke danau Situ Gunung ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini