Rabu, 07 Oktober 2015

NURWURakha Khairul A_11150510000067_JURNALISTIK IB_IMAGINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

Danau Dora Eco Park Yang Menarik di Cibinong Bogor




Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Pemerintahan Daerah Bogor (Pemda), membuat tempat ini mudah sekali untuk didatangi. Hanya berjarak kurang lebih sekitar 500 meter dari pintu gerbang Pemda atau Cibinong City Mall, ke arah Bogor. Tepatnya ada di kawasan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) atau sering disebut Bakosurtanal. Berada di Jl. Raya Bogor Km. 46, jika dari arah Bogor adanya disebelah kiri. Danau ini merupakan taman konservasi alam yang menjadi bagian perluasan Kebun Raya Bogor, dan menjadi tujuan tempat wisata murah di Bogor. Sering dijadikan tempat olah raga dipagi atau sore hari. Ekologi Park atau yang lebih dikenal dengan nama Danau Dora ini sudah dibangun sejak tahun 2002.

Disebut Danau Dora, dulu saat pembangunan awal, di taman atau kebun ini banyak sekali anak-anak kecil yang sedang bermain sambil membawa Boneka Dora, yakni kartun serial animasi di televisi yang judulnya The Explore Dora, yang pada saat itu sedang booming. Dora sendiri diceritakan adalah seorang gadis kecil yang sering menjelalah dan membantu mencari tahu sesuatu yang mereka butuhkan bersama hewan bernama Booths dengan menggunakan Peta. Dari situ tercetuslah Ecologi Park ini dengan sebutan Danau Dora.

Walaupun menjadi tempat wisata di Bogor yang direkomendasikan, tempat ini bukanlah sengaja dibuat untuk menjadi tempat berwisata. Tujuan dibuatnya eco park ini untuk belajar, mengamati dan meneliti tentang ekosistem alam dataran rendah di Indonesia. Yang juga berfungsi sebagai tempat pengawasan Bakosurtanal

Untuk kebutuhan penelitian, di taman ini banyak sekali ditanami berbagai macam tumbuhan langka. Dan ditata khusus dengan ditengah-tengahnya terdapat danau, yang ditumbuhi rumput segar serta dibuat sebuah jembatan kayu untuk menghubungkan taman. Yang membuat taman ini menjadi indah untuk dipandang.

Karena keindahan yang menyegarkan mata, gratis dan lokasi yang strategis, selain untuk wisata edukatif, Danau Dora sering juga digunakan untuk lokasi prewedding. Di Danau nya sendiri banyak terdapat ikan dan juga bunga teratai. Jika ingin nikmat ada baiknya kesini dipagi atau sore hari. Udaranya sejuk karena banyak pepohonan disekitarnya.

Taman ini ramai memang di akhir pekan terutama sore hari, banyak keluarga yang datang sengaja untuk rekreasi menikmati keindahan taman, sambil membawa bekal untuk disantap disana. Untuk masuk kesini tidak dipungut biaya, kita cukup membayar parkir kendaraan yang dibawa. Karena merupakan kawasan wisata edukatif, disini juga sering diadakan penyuluhan untuk anak-anak sekolah mengenal tumbuhan dan mahluk hidup lainnya yang ada di Taman. Seperti ikan-ikan yang berenang di danau.

Sebaiknya, jika ingin berwisata santai menikmati indahnya Danau Dora dan membawa bekal atau cemilan. Kita juga harus menjaga lingkungan ini, jangan sampai ada sampah yang tercecer. Jangan sampai keindahan Danau Dora jadi rusak karena pengunjungnya yang tidak ada aturan dan seenaknya membuang sampah. Karena yang saya lihat ada saja pengunjung yang melakukan itu. Itu menyedihkan sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini