Rabu, 07 Oktober 2015

Nurbaeti_IMAJINASI KENYAMANAN_KPI 1B_Tugas 4

IMAJINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL


CANDI BOROBUDUR

            Candi Borobudur adalah candi Buddha yang terletak Magelang ,Jawa Tengah tepatnya pada kecamatan Borobudur,sekitar 3 km dari kota Mungkid.Dan dikelilingi pegunungan ,di sebelah timur candi borobudur terdapat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi dan barat laut terdapat Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Candi Borobudur dibangun tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Syailendra.Candi Borobudur merupakan salah satu warisan yang sangat berharga bagi Indonesia bahkan Dunia.borobudur adalah candi atau kuil terbesar di dunia,sekaligus satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Candi ini merupakan model alam semestadan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah umat Buddha.Setiap tahun umat Buddha datang ke borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak.

Menikmati panorama pegunungan sekitar borobudur akan terasa lebih puas apabila telah naik ke tingkat paling atas candi.Dan menikmatii kemegahan Candi Borobudur tidak hanya cukup dengan berjalan menyusuri lorong dan naik ke tingkat teratas candi.Satu hal yang jangan sampai terlewat adalah menyaksikan Borobudur Sunrise dan Borobudur Sunset dari atas Candi.Siraman cahaya matahari pagi yang menerpa stupa dan arca Buddha membuat keagungan dan kemegahan candi lebih terasa.Sedangkan berdiri di puncak candi di kala senja bersama deretan stupa dan menyaksikan matahari yang perlahan mulai lindap akan menciptakan perasaan tenang dan damai.

Borobudur tidak hanya memiliki nilai seni yang tinggi,tapi juga peradaban manusia pada masa lalu ini juga sarat nilai filosofis.

 

PENGARUH CANDI BOROBUDUR BAGI KEHIDUPAN SOSIAL DAN MASYARAKAT

Dampak positif :

·         Dijadikannya candi Borobudur sebagai salah satu tujuan wisata utama di Indonesia telah memberikan sumbangan yang tidak kecil pada peningkatan devisa.

·         Keputusan pemerintah menjadikan Candi Borobudur sebagai objek wisata budaya membawa dampak positif,karena adanya perlindungan dan pelestarian sumber daya budaya.

·         Nilai historis Candi dapat diketahui ,baik sumber tertulis,mau pun tak tertulis.

·         Meningkatnya ekonomi dengan munculnya berbagai lapangan kerja baru seperti perhotelan,rumah makan dll

·         Nilai informasi berhubungn dengan keagamaan,pendidikan yang tergmbarkan pada relief candi.

 

Dampak Negatif :

·         Candi dijadikan objek wisata ,yang menjadikan candi banyak sampah,retakan dan rembesan air.

·         Sampah-smpah yang dibuang sembarangan oleh pengunjung membuat saluran-saluran air tersumbat.

·         Terjadinya keausan yang disebabkan oleh gesekan antara pasir yang menempel pada alas kaki pengunjung dengan bate candi.

·         Memberikan dampak kurang baik pada budaya.

·         Masyarakat dapat terganggu oleh kedatangan wisatawan yang tidak menjagalingkungan sekitar seperti membuang sampah dll

·         Lunturnya kebudayaan yang ada karena masuknya budaya budaya asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini