Kamis, 20 Desember 2012

fathimah azzahra_KPI 1D_penelitian 5

Judul Penelitian : aktifitas kegiatan harian santri pondok pesantren Al-Kahfi

Peneliti : Fathimah Azzahra (1112051000125), KPI 1D

 

I. Latar Belakang

 

Pesantren merupakan pendidikan dan pengembangan Islam dan bila dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya yang pernah muncul di Indonesia. Pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua saat ini.

Pesantren adalah kehidupan yang unik, sebagaimana dari dapat gambaran lahiriyahnya. Pesantren adalah sebuah kompleks dengan lokasi yang umumnya terpisah dari kehidupan masyarakat disekitarnya. Sehingga dalam lingkungan pesantren diciptakan semacam pola hidup yang memiliki sifat dan ciri tersendiri. Dimulai dari jadwal kegiatan yang memang berbeda dari pengertian rutin kegiatan masyarakat sekitarnya. Kegiatan belajar di pesantren berputar pada pembagian periode berdasarkan waktu sholat wajib (fardhu). Dengan sendirinya, kegiatan yang dilakukan pada santri di waktu pagi, siang, dan sore di pesantren akan menjadi sangat berbeda dengan kegiatan yang dilakukan masyarakat pada umumnya. Perbedaan kegiatan pada masyarakat umum ini yang mendasari penulisan makalah dengan meneliti kegiatan keseharian yang dilakukan oleh para santri.

 

II. Pertanyaan Pokok Penelitian

 

apa kegiatan keseharian para santri pesantren terpadu Al-Kahfi ?

 

III. Metode Penelitian

 

Dalam penelitian studi kasus ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif karena metode ini dirasa sangat efektif dalam mendapatkan informasi mengenai apa yang ingin diamati dan diobservasi.

 

Lokasi penelitian         : rumah makan baso

Hari/Tanggal               : selasa, 18 Desember 2012.

Pukul                           : 10.00-11.30 WIB

 

IV. Gambaran Subyek/Obyek Penelitian

Tokoh yang menjadi narasumber pada penelitian kali ini adalah beberapa para alumni pesantren Al-Kahfi. Diantaranya adalah millah hanifah, asma izzata, nurrahmadhona, hasna mardhiyah, athifa hasna, nida khoffiyah, dini nur izzati. Mereka semua adalah alumni pesantren terpadu al-Kahfi. Pesantren terpadu al-Kahfi adalah pondok pesantren yang berbasis modern, pesantren ini adalah cabang dari pondok pesantren Husnul Khotimah, Kuningan. Pesantren terpadu al-Kahfi terletak di Jl. SPN Lido Cigombong, Bogor

 

V. Analisis

Di pondok pesantren, karena sifat pendidikannya adalah 24 jam, dinamika kehidupan nyaris berdenyut tanpa henti, kecuali pada saat tidur malam. Jadwal bangun adalah seperempat jam sebelum adzan Shubuh, yang berkisar antara jam 3.30 hingga 4.15. Semuanya sudah harus bangun dan bersiap-siap untuk sholat jama'ah di masjid.

Selesai shubuhan, akan dilakukan membaca al-matsurat bersama. selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan muhadatsah (yaitu pembelajaran bahasa arab melalui latihan percakapan dengan bahasa arab) atau dengan setoran hafalan mufradat maupun vocabulary dan kegiatan ini biasa dilakukan hingga mendekati pukul 6. Selesai dari situ, para santri bersiap-siap untuk persiapan sekolah dengan mengantri mandi atau mengantri untuk mengambil sarapan di asrama masing-masing.

Jam 7, semua santri harus sudah berada di kelas masing-masing untuk menerima pelajaran. Istirahat biasanya sekitar jam 9.30 – 10.00. Pada jam istirahat ini para santri ada yang berajak pergi ke kantin, asrama dan ada pula yang tidak beranjak dari kelas Dan pada istirahat kedua biasanya diberi waktu lebih lama karena dari situ santriwati menuju masjid untuk sholat dhuhur. Selesai sholat, menuju asrama masing-masing untuk istirahat dan makan siang. Dan siswa kembali lagi ke kelas pada pukul 13.30

Kegiatan sekolah biasa nya berakhir sekitar pukul 15.30 hingga 16.00 dan setelah itu para santri melakukan sholat ashar berjamaah di masjid. Setelah ashar, kegiatan bebas para santri, ada yang melakukan kegiatan ekstakulikuller, pramuka, tidur, bersendau gurau, belajar, menghafal al-Quran dan bermain dengan para temannya

Hingga menjelang magrib, para santriawati sudah duduk manis di masjid sambil membacakan al-matsurat hingga azan magrib dan dilanjutkan sholat magrib berjamaah. Setelah magrib para santriwati akan dibagi beberapa kelompok hapalan Qur'an atau biasa disebut dengan tahfiz dan disana mereka diperintahkan untuk menghafal ayat-ayat quran dengan dibimbing oleh para wali asrama atau guru ngajar. Kegiatan tersebut berlangsung hingga azan isya. Setelah sholat isya berjamaah kegiatan dilanjutkan dengan makan malem dan belajar malem hingga pukul 22.00. belajar malem biasanya dilakukan dengan induvidu maupun kolektif dengan tutor sebaya, tapi ada juga para santri yang tidur sebelum jam belajar usai. Setelah semua kegiatan selesai, santri diwajibkan tidur.

pada hari sabtu dan minggu kegiatan tidak jauh beda dengan hari lainnya. akan tetapi lebih bebas karena kegiatan sekolah hanya berlangsung dari hari senin hingga jumat. Pada hari saptu mungkin lebih difokuskan dengan kegiatan ekstakulikuller dan kelas tambahan. Pada minggu pagi biasanya dilakukan olahraga tiap sekali dalam seminggu. Olahraga bisa berupa senam maupun lari pagi di sekitar wilayah pesantren terpadu Al-Kahfi. Dan adapun kegiatan yang diwajibkan berpuasa pada hari kamis untuk para santri. Kegiatan ini bermanfaat agar para siswi bisa terbiasa nantinya dengan puasa sunnah senin – kamis. Dan biasanya setiap hari minggu di pesantren terpadu Al-kahfi terlihat lebih ramai dari hari biasanya karena biasanya orang tua atau wali murid berkunjung untuk melihat anak mereka dengan membawa keluarga maupun saudara-saudaranya

 

DAFTAR PUSTAKA

Narasumber : beberapa alumni pesantren terpadu Al-kahfi

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini