Kamis, 20 Desember 2012

Meteor Mardiansyah_KPI 1D_Tugas ke 4

MENELITI SEORANG SOSOK BERPENGARUH DAN PENGARUHNYA DALAM KONTEKS KEHIDUPAN SOSIALISASINYA

Meteor Mardiansyah
11120510001
27
KPI 1
d

 

 I.      Latar Belakang

Dalam dunia keilmuan pada konteks kemahasiswaan yang telah berkembang pesat, terlihat dari banyaknya organisasi, instansi, hingga lembaga yang terbentuk dari campur tangan para alumni mahasiswa. Serta terujinya kualitas keilmuan kelompok-kelompok tersebut. Maka tak ayal untuk kita, agar menorehkan sedikit pandangan kita terhadap beberapa kelompok-kelompok tersebut. Guna mengetahui  bagaimana substansi perkembangan kapasitas keilmuan para mahasiswa secara intens. Baik dalam ruang lingkup lokal, nasional, bahkan hingga jenjang internasional (global).

Berdirinya suatu instansi, organisasi, dan bahkan suatu lembaga pendidikan. Bukan saja terlihat dari dasar apa dan bagaimana instansi, organisasi dan lembaga itu berdiri secara historis dan kronologis. Tetapi penting juga kita lihat sosok seseorang di balik layar yang berperan penting dalam pembentukan dan perkembangannya. Seorang sosok, yang memiliki karakter juang tinggi, mental kuat, intelektual (memiliki kapasitas keilmuan yang mumpuni) dan memiliki integritaslah yang mampu melahirkan sebuah organisasi atau lembaga dan menyetirnya menuju sebuah perkembangan yang fantastik..

Mungkin tak heran, jika banyak orang yang mengenal wadah-wadah tersebut hanya melihat dari nama, citra, dan kapasitas kualitasnya serta pengaruhnya. Tanpa mengenal siapa sosok tokoh yang sangat berpengaruh inclusive di dalamnya. Maka teramat penting bagi kita untuk menyelesaikan tugas mulia mengenalkan dan mengenang jasa-jasa seorang tokoh berpengaruh di dalamnya.

Berbicara tentang tokoh, maka tak heran lagi terlintas dalam benak kita, bahwa seorang tokoh ialah seorang yang sangat penting dan berpengaruh pada sekitarnya. Terlihat dari segala aspek, mulai dari eksistensi kelompoknya, konsep dan ide sosok tersebut dan seberapa besar pengaruh sang sosok terhadap lembaga atau komunitas yang dipimpin atau dicetuskannya. Hingga kini pengaruh tersebut masih dapat dirasakan para penerus yang diwarisi tonggak perjuangan maupun para pemuda-pemuda, khususnya para pemuda yang terhimpun dalam wadah-wadah tersebut. Maka amat layak para tokoh tersebut mendapatkan apresiasi dan menjadi contoh pembelajaran bagi anak-anak yang kelak menjadi penerus-penerusnya, menuju sebuah tujuan yang mulia.

Pada kesempatan peneltian kali ini, akan terulas tuntas bagaimana kita mendalami ide dan konsep tokoh tersebut hingga dapat melahirkan organisaasi atau lembaga dan memberikan pengaruh positive terhadap lembaga tersebut dan anggotanya.

Objek penelitian yang dilakukan kali ini, tertuju pada seorang tokoh berpengaruh dalam dunia keilmuan dan keorganisasian mahasiswa. Yaitu, bapak Drs. SuhadiM.a yang merupakan seorang tokoh pendiri dan penggerak dalam organisasiAl-Hijriyah, yang juga menjadi tauladan para adik-adiknya. Dan dalam hulu hilir perjuangannya yang sangat menginspirasi, hingga ia di nobatkan sebagai tokoh berpengaruh dalam keorganisasaianAl-Hijriyah.

II.      Pertanyaan Pokok

1.       apa yang di lakukan sang tokoh dalam perkembangan organisasi ini? Dan konsep apa yang ditanamkan dalam keorganisasian ini, sehingga dapat mencapai titik perkembangan yang  terlihat dari kapasitas keilmuan para anggotanya?

Pertanyaan ini di ajukan kepada seorang sosok perpengaruh yang juga merupakan tokoh penggerak dan pengembang sebuah organisasi, guna melihat bagaimana eksistensinya dalam organisasi tersebut. Serta menganalisa bagaimana seorang tokoh tersebut membeikan konsep dan ide, menjadi motivator, dan menggerakan sebuah organisasi. Sehingga ia dapat menjadi seorang tokoh berpengaruh yang menjadi tauladan dan inspirasi bagi para pemuda yang melanjutkan estafet perjuangannya menuju tujuan mulia.

III.      Metodelogi Penelitian

 

a.    Waktu dan tempat penelitian

Penelitian ini di lakukan pada kediaman sang tokoh yang bertempat di kandang besar, ujung Palimanan,Cirebon JawaBarat. Dan waktu pelaksanaan penelitian ini ialah pada hari sabtu, 8 desember 2012. Objek penelitian kali ini ialah, meneliti serta menganalisa seorang tokoh berpengaruh dalam sebuah ruang lingkup organisasi mahasiswa. Serta mencari tahu bagaimana pengaruh sang tokoh di dalam maupun di luar organisasi.

b.    Jenis  metodelogi penelitian

Metode penelitian yang dipilih pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif mungkin sangat sesuai pada penelitian kali ini, karena dilihat dari kondisi di gereja yang memang sepi pada hari senin. Metode ini pun dapat menghadirkan informasi-informasi yang signifikan dan bersifat alami. Metode kualitatif merupakan metode penelitian yang bersifat deskriptif  yang mendeskripsikan info-info yang fakta berdasarkan lisan maupun tulisan, dan kualifikasi data-data dari metodelogi ini bersifat teoritis, tidak matematis yang menggunakan rumus statistik dan sebagainya. Metodelogi ini juga banyak memiliki banyak fungsi, khususnya untuk mendapatkan data-data yang sebenarnya dan dapat dipertanggung jawabkan.

 

IV.      Gambaran Tokoh

 

Tokoh yang menjadi Narasumber kali ini ialah bapak Drs. SuhadiM.a, yang juga merupakan pendiri, penggerak serta motivator organisasi Al-Hijriyah yang berdiri pada tahun 2001, yang sosoknya selalu di segani, dan juga menginspirasi para anggota dan alumni organisasi tersebut  berkat kinerjanya, Al-Hijriyah dapat berkembang bukan hanya menjadi yayasan santri dan mengumpulkan alumni dari almamternya tapi menjadi salah satu organisasi mahasiswa ynag cukup dikenal, karena memang Organisasi ini di dirikan secara historis atas dasar kekeluargaan alumni pondok Buntet pondok pesantren Buntet yang melanjutkan studinya di perguruan tinggi.

BapakSuhadi, seorang tokoh yang lahir pada 29 Agustus 1968 ini,  merupakan alumni pondok pesantren Daar el-qolam yang lulus pada tahun 1984. Lalu meneruskan jenjang pendidikannya ke bidang aqidah fisafat dan Mendapatkan gelar sarjana dari IAINSunan Kalijaga, Jogjakarta Dan mendapatkan beasiswa dari Departemen Agama untuk melanjutkan study pascasarjana di IAIN Jakarta. Hingga mendapatkan gelar M.a

Bapak Suhadi ini juga merupakan salah satu santri terbaik Daar El-Qolam, dan tak hanya itu ia juga pernah di nobatkan sebagai mahasiswa terbaik Universitas Islam Negri (UIN) Jakarta pada tahun 1988-1989. Semasa kemahasiswaanya, pak Suhadi ini juga aktif dalam organisasi kemahasiswaan HMI, dan pernah menjabat sebagai pengurus cabang HMI, cirebon. Serta pernah menjadi ketua umum FSD (Forum Silahturahmi Daar el-Qolam) selama 2 periode pada tahun 2001-2005.  

 

V.      Analisa

 

Organisasi Al-Hijriyah berdiri pada tahun 2001, yang dipelopori oleh bapak Suhadi dan kawan-kawan. Di Cirebont. Al-Hijriyah merupakan suatu organisasi mahasiswa sekaligus yayasan santri yang didirikan berasaskan kekeluargaan dan kesetaraan alumni Daar el-Qolam dan Buntet yang berlandaskan al-Quran dan Sunnah. Organisasi ini bersifat Independen dan memiliki fungsi sebagai organisasi kader dan perekatan kekeluargaan Podok pesantren Daar el-Qolam dan buntet.

Dengan keinginnan kuat dan bertujuan mulia. Serta dengan gagasan bapak Suhadi yang memandang bahwa perlunya di bentuk suatu wadah untuk Para alumni. Karena di lihat dari potensi-potensi alumni yang terlihat mumpuni dalam bidang keilmuan tetapi tidak memilki wadah, maka timbulah keinginan untuk membuat sebuah organisasi kekeluargaan yang menjadi wadah pelatihan dan pembelajaran serta wadah megasah potensi para Alumni. Terlahirah organisasi Al-Hijriyah

Berkat ide-ide dan konsep bapak Suhadi, serta motivasinya pada para anggota. Organisasi ini berkembang hingga ke daerah-daerah.

BapakSuhadi, merupakan sosok yang menjadi suri tauladan para anggota terlihat dari sumbangsih keilmuan dan gagasan-gagasan penting yang di cetuskan bapakSuhadi. Bapak Suhadi selalu menerapkan pendekatan secara emosional pada para anggotanya yang juga adik-adik kelas beliau. Hingga banyak tercetaknya alumni-alumni Daar el-Qolam maupun Buntet yang mumpuni dalam keilmuan dan juga berpengaruh dalam Organisasi-organisasi mahasiswa hingga masyarakat.

Tak hanya dalam organisasi ini sendiri, bimbingan dan motivasi bapak Suhadi secara terus menerus di berikan kepada Alumni, murid dan masyarakat sekitarnya. Hingga ia memang layak menjadi sosok inspirator yang berpengaruh dalam dunia keilmuan.

Dedikasi dan eksistensi bapak Suhadi sungguh sangat patut menjadi contoh dan suri tauladan. Karenanya organisasi ini dapat berkembang dan menjadi wadah penting bukan hanya memprioritaskan wadah tersebut sebagai wadah alumni pondok pesantren, tetapi juga wadah mahasiswa secara umum. Tak hanya itu, hingga kini pengaruh keilmuan, motivasi dan ide-ide bapakSuhadi selalu menjadi hal yang istimewa dan dapat menjadi suatu terobosan perkembangan organisasi Al-Hijriyah.

 

Oleh : Meteor Mardiansyah

NIM : 1112051000127

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini