Kamis, 20 Desember 2012

puji indah lestari_kpi1D_tugas ke 5

Judul  : Kegiatan Ponpes An-Najah
Peneliti: Puji Indah Lestari (1112051000098)
 
I.                   Latar Belakang
Pondok pesantren merupakan salah satu tempat untuk memperdalam agama Islam. Untuk memperdalam pemahaman tentang al-Qur'an dan Sunnah Rasul juga untuk mempelajari bahasa Arab. Selain ilmu agama, biasanya Pondok Pesantren juga membekali para santri dengan pengetahuan umum. Sekolah An-Najah terletak di perbatasan Bogor utara dengan BSD City (Tangerang), berdiri dengan latar belakang sebagai mediator yang menyampiakan wahyu Allah SWT serta ajaran Rasulullah SAW guna mendidik dan membentuk khalifatullah (generasi penerus) yang intelek, bertaqwa dan berakhlaq mulia. Konsep pembelajaran selalu mengedepankan Fun and Dignity dalam menerapkan kurikulum/kompetensi yang digariskan Kementrian Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama
 
II.                Pertanyaan Pokok Penelitian
Kegiatan apa saja yang dilakukan oleh para santri di Ponpes An-Najah ini?
 
III.             Metode penelitian
Kali ini metode yang saya gunakan adalah metode kualitatif. Karena dengan metode kualitatif, saya bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari narasumber.
 
Tanggal/Waktu     : 17 Desember 2012 pukul 09.00-10.00 WIB
Tempat        : Pondok Pesantern An-Najah. Jl. Raya Cikoleang LAPAN, Sukamulya, Rumpin. Bogor, Jawa Barat.
 
 
IV.             Gambaran Subyek
Yang menjadi subyek penelitian kali ini adalah Bpk. Munawar S.E. Beliau adalah salah satu kepala sekolah di pondok pesantren  An-Najah. Beliau dikenal sebagai pribadi yang baik, ramah dan tegas.
 
V.                Analisis
Ponpes An-Najah adalah salah satu ponpes yang ada di daerah Cikoleang. Ponpes ini berdiri tahun 1999. Pendiri ponpes An-Najah adalah ustadzah Dra. Hj. Maesaroh Madsuni. Ustadzah Maisaroh menyelesaikan sarjana (S-1) di Fakultas Ushuluddin jurusan Dakwah Universitas Ibnu Chaldun, Jakarta (1981)sementara S-2 (MM) di STIE IPWI Jakarta tahun 1996 dan S-3 di Washington International University (2002). Ponpes ini dibangun dengan menggunakan dana pribadi dan dana dari para donatur. Kegiatan yang sering dilakukan para santri di Ponpes An-Najah adalah memperdalam agama islam, memperdalam pemahaman akan al-Qur'an, dan belajar bahasa arab. Selain itu, Ponpes An-Najah sering melaksanakan tabligh akbar, kursus dakwah dan kajian Islam, seminar, dan lain-lain. Selain itu prestasi dari kegiatan yang dilakukan di Ponpes An-Najah adalah Juara Porseni Tingkat KKM Babakan Sirna II Kab. Bogor 1. Juara 1 Futsal 2. Juara 1 Pidato Bahasa Arab3. Juara 2 Pidato Bahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini