Kamis, 20 Desember 2012

puji indah lestari_kpi1D_tugas ke 6

Judul               :  Kegiatan Jemaat Vihara Karuna Yala Boen Hay Bio, Serpong-Tangsel.
Peneliti            :  Puji Indah Lestari (1112051000098)
 
 
I.              Latar Belakang
Vihara adalah tempat beribadah umat Budha. Vihara merupakan bagian yang sangat penting keberadaannya bagi umat Budha untuk beribadah atau untuk melakukan ritual lainnya dan juga untuk melakukan kegiatan sosial. Pada zaman dahulu vihara digunakan sebagai tempat tinggal para bhikkhu, tapi sekarang vihara beralih fungsi sebagai tempat ibadah dan tempat untuk melakukan kegiatan sosial. Di vihara, umat budha melakukan penghormatan kepada Budha Rupang atau Patung Budha sebagai simbolis dari perwujudan tubuh Budha. Kegiatan yang dilakukan di Vihara bukan hanya kegiatan beribadah, tapi juga kegiatan social yang memang sudah menjadi kebiasaan di Vihara.
 
 
II.           Pertanyaan Pokok Penelitian
Kegiatan apa saja yang dilakukan di Vihara Boen Hay Bio?
 
III.        Metode Penelitian
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. dengan metode kualitatif, saya bisa mendapatkan informasi yang saya inginkan sebanyak-banyaknya.
 
Penelitian dilakukan pada
Tanggal/Waktu            : 17 Desember 2012 pukul 11.00-11.30 WIB
Tempat                        : Vihara Karunayala Boen Hay Bio, Jl. Pasar Lama Serpong RT 014/05 Desa Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan.
 
IV.        Gambaran Subyek
Yang menjadi subyek penelitian kali ini adalah Bpk. Tsu Tciang. Beliau adalah jemaat sekaligus salah satu pengurus Viara Karunayala Boen Hay Bio. Beliau dianggap baik, sopan, ramah dan tegas oleh masyarakat sekitar.
 
V.           Analisis
Bpk. Tcu Tsiang adalah salah satu pengurus Vihara Karunayala Boen Hay Bio. Beliau tinggal di daerah Pasar Lama, Serpong, Tangerang Selatan. Beliau, merupakan warga asli daerah tersebut. Sejak kecil, beliau memang sudah menjadi jemaat di Vihara yang letaknya tidak jauh dari rumahnya. Beliau menuturkan bahwa Vihara Boen Hay Bio sudah ada sekitar 300 tahun. Boen Hay Bio merupakan Vihara tertua di Serpong. Vihara Boen Hay Bio berulang tahun setiap tanggal 24 bulan keenam (Lak Gwee). Mayoritas masyarakat yang tinggal didaerah tersebut adalah umat Budha. Ibadah wajib yang dilakukan umat Budha di Vihara tersebut dilaksanakan dua kali dalam 1 bulan, atau dua minggu sekali. Khusus untuk ibu-ibu atau wanita, ibadah dilakukan setiap Rabu malam. Setiap hari Minggu diadakan sekolah Minggu untuk anak-anak yang dikenakan biaya Rp. 1000,- / anak. Uang yang dihasilkan dari sekolah Minggu itu digunakan untuk membantu masyarakat sekitar yang berkekurangan. Untuk pemilihan kepengurusan Vihara dilakukan secara turun temurun atau berdasarkan keinginan. Mereka sangat menghormati roh leluhur mereka. Hal ini dibuktikan dengan cara mereka yang selalu menyediakan sesaji atau makanan untuk orang yang sudah mendahului mereka. Vihara juga sering mengadakan bakti sosial dengan membagikan sembako gratis atau mengadakan pengobatan gratis bagi masyarakat kurang mampu. Disamping  sebagai tempat ibadah, vihara ini juga digunakan sebagai pusat pendidikan keagamaan dan bahasa mandarin. Pendidikan ini terbuka bagi umum dan tak dipungut biaya. Jadi, murni kegiatan sosial dari vihara.
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini