Kamis, 20 Desember 2012

tugaswawancara ke6_tria hermales_jurnalistik 1B

KONFLIK  ANTAR PELAJAR SMAN DAN SMA SWASTA

TRIA HERMALIS

JURNALISTIK 1B

 

I.                   LATAR BELAKANG

Konflik Antara Pelajar mencerminkan suatu tindakan kriminalitas terhadap para pelajar dikota Jakarta. Bagi  para pelajar SMA tawuran antar pelajar sudah menjadi tradisi di kalangan pelajar khususnya di Jakarta. Para pelajar tawuran hanya ingin sekedar mencari jati diri mereka sendiri.  Terdapat  lebih dari  30 sekolah (SMA)  yang tawuran dalam 1 tahun, dan terdapat lebih dari 12 pelajar yg menjadi korban tawuran tersebut. Banyak diantaranya yang meninggal dunia dan luka ringan akibat senjata tajam yang dibawa oleh para pelajar.

Konflik tawuran ini sering terjadi akibat pelecehan antara sekolah yang satu dengan sekolah lainnya. Bagi para pelajar tawuran ini telah menjadi ciri khas setiap sekolah (SMA)  di ibu kota Jakarta. Konflik tawuran ini juga bisa terjadi karena faktor lingkungan sekolah yang sangat dekat dengan sekolah (SMA) lainnya. Faktor keluargapun sangat berperan penting bagi para pelajar, dikarenakan ke tidak   harmonisan keluarga.

Tawuran sudah dianggap sebagai pemecah masalah yang sangat efektif bagi para pelajar. Hal ini seolah menjadi bukti nyata bahwa seorang terpelajar pun leluasa melakukan hal-hal yang bersifat anarkis,  premanis dan rimbanis. Tentu saja tawuran ini tidak hanya merugikan orang yang terlibat dalam tawuran itu sendiri tetapi juga merugikan orang lain yang tidak terlibat secara langsung.

 

 

 

II.                PERTANYAAN POKOK PENELITIAN

 

1.      Faktor  terjadinya tawuran antar pelajar SMA ini ?

2.      Dampak karena tawuran antar pelajar  ?

 

 

 

 

 

 

III.             METODE PENELITI

Metode yang digunakan : Kualitatif. Yaitu metode sosiologi yang prosesnya mengambil data secara langsung, dimana peneliti sebagai instrument. Metode ini dilakukan dengan dasar mencari data-data yang kuat lalu dilakukan wawancara terhadap narasumber.

Wawancara ini dilakukan pada :

Tanggal                : 16 Desember 2012

Lokasi                  : Di kediaman rumah Fariz Afif (SMA negri)  dan

   Di kediaman Danu  Alamsyah W. (SMA swasta)

Waktu                   : Pukul 18.00 WIB  s/d selesai

 

 

IV.               GAMBARAN SUBJEK DAN OBJEK

Tawuran antara SMA negri dan SMA swasta yang berada di daerah jakarta selatan tepatnya di daerah bintaro ini merupakan tindakan kriminalitas terhadap sesama pelajar, sehingga memakan satu korban jiwa. Sebab dari tawuran antar pelajar ini dikarenakan pihak dari SMA swasta yang menantang SMA negri,sehingga pelajar SMA negri merasa tertantang dan merasa risih dengan tantangan SMA swasta tersebut. 

 

 

 

V.                 ANALISIS

 

Faktor yang menyebabkan tawuran antara pelajar SMA negri dengan SMA swasta ini  terjadi karena hanya masalah pertantangan dari sekolah SMA swasta,sehingga SMA negri pun merasa tidak terima karena sudah terusik. Ketidakstabilan emosi para pelajar juga juga menjadi salah satu faktor terjadinya perkelahian/tawuran. Para pelajar biasanya mudah frustasi, tidak mudah mengendalikan emosi dan tidak peka terhadap orang-orang sekitarnya.

 

Akibat dari bentrokan ini, SMA swasta medapat akibatnya yaitu meninggalnya salah satu siswa dari sekolah tersebut. Bukan hanya SMA swasta saja yang mendapat kerugianya, tetapi SMA negri juga mendapat kerugiannya yaitu beberapa siswa SMA negri menjadi tersangka atas meninggalnya siswa SMA swasta dan di amankan oleh pihak kepolisian.

 

Di mata masyarakat  

Di mata  masyarakat tawuran antar pelajar ini memberikan dampak yang sangat tidak baik, terutama kwalitas nama baik sekolah akibat bentrokan atau tawuran antara pelajar ini. Terjadinya tawuran ini meresahkan masyarakat sekitarnya,terutama mengganggu arus lalu lintas bintaro.

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Narasumber  : Fariz Afif (SMA negri)  dan Danu Alamsyah W. ( SMA swasta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini