Interaksi Sosial Dalam Konteks Ajaran Nasrani Protestan
Meteor Mardiansyah
1112051000127
KPI 1d
I. LatarBelakang
Negara Indonesia adalahsebuah Negara yang memiliki beberapa Agama.Indonesia pun terbilangmerupakansalahsatu Negara yang semuarakyatnyadapathiduprukunwalaupundalamperbedaan agama yang dianutnya.Perbedaan-perbedaandalamkonteks Agama di Indonesia telahbersifat relative danterbilangsuatukewajaran yang tidakdipermasalahkandalamtindakansosialsesamapenduduk.Karena Indonesia sendirimemiliki motto "bhinekatunggalika" walaupunberbeda-bedaetnis, sukudan agama tetapitetapsatu.Indonesia tidakmempermasalahkansemuaperbedaan-perbedaan yang terlihatdariparapenduduknya, khususnyaperbedaan agama.Bahkantindakansosialpenduduk Indonesia yang berbeda-beda agama, dapatmenjadisuatucirisignifikanbagi Negara kesatuan Indonesia.Yang berlandaskankedaulatanmasyarakatdanberakarkolektivitas.
Penelitiankali ini, akanmembahastindakandaninteraksisosial agama nasraniprotestan di jakarta. Fungsipenelitianiniaalahgunamelihatdanmengetahuibagaimanaparaoenganut agama nasraniprotestaninimengorientasikantindakansosial di sekitarlingkungansosialnya, yang dimanatidaksemuapenduduksekitarmenganut agama yang sama, danterlihatdarilatarbelakangparapenganutnya yang mayoritasbukanpendudukasli Indonesia.
II. PetanyaanPokok
1. Bagaimanapenganut agama nasraniprotestanmengorientasikantindakansosialdenganlingkungansosialnya, khususnya di sekitargereja? Apakahsemuakegiatansosial yang dijalankanselalumemprioritaskankepadaparapenganutajarannasranisaja?
Pertanyaaninisangatmenarikuntuk di ajukan, agar dapatmengetahuibagaimanainteraksisosial yang terjadi di sekitargereja.Pertanyaaninijugadapatmembuktikan, beberapakegiatansosial yang dilakukanolehpenganutnasraniprotestan, sertamelihatjeniskegiatansosialtersebut, apakahkegiatanituhanyamemprioritaskanpadapenganutnasranisaja.Ataukahkegiataninidilakukansecaraumum, tanpamembeda-bedakanajaran agama yang di anut.
III. MetodelogiPenelitian
a. Waktudantempatpenelitian
Penelitian kali inidilaksanakan di sebuahtempatperibadatanpenganut agama nasrani (protestan) yaitu, Gerejajawa NAHEMIA.Yang bertempat di daerahlebakbulus Jakarta selatan, takjauhdarikampus UIN StarifHidayatullah.Waktu yang dipilihuntukpenelitianini, ialahpadaharisenin 19 november 2012 siang. Objekpenelitian yang menjadisorotanpentingpadapenelitian kali ini, ialahmelihatinteraksisosialumatberagamanasranidenganlingkungansosialsekitarnya.
b. Jenismetodelogipenelitian
Metodepenelitian yang dipilihpadapenelitianiniialahpenelitiankualitatif.Penelitiankualitatifmungkinsangatsesuaipadapenelitian kali ini, karenadilihatdarikondisi di gereja yang memangsepipadaharisenin.Metodeini pun dapatmenghadirkaninformasi-informasi yang specifik, karenasifatmetodekualitatif yang alamiyah.Metodekualitatifmerupakanmetodepenelitian yang dapatmenghadirkan data deskriptifbaiklisanmaupuntulisan, dankualifikasi data-data darimetodelogiinibersifatteoritis, tidakmatematis yang menggunakanrumus statistic dansebagainya.
IV. GambaranTokoh
Tokoh yang menjadinarasumberpadapenelitian kali ini, ialahbapakhendriseorangstafkantor yang bekerja di gerejajawa NEHEMIA. Bapakhendritelahbekerjasebagaistafkantorgerejasejaktahun 2004, dengansukarela. Dilihatdaripengalamankerjanya, bapakhendripastimengetahuijelastentangbagaimanainteraksisosialpenganut agama nasrani (protestan) di sekitargereja. Pak hendriinijugajelasmengetahuiapasajakegiatan-kegiatansosial yang dilakukanpihakgereja, di sekitargerejamaupun di beberapadaerah.
Di sampingaktivbekerjasebagaistafkantorgereja NEHEMIA, pak….. jugamasihaktivmengikutimajlis-majlispengkajianajaran agama di gereja.
V. Analisis
Gerejajawa NEHEMIA telahberdirisejaktahun 1986, di lebakbulus Jakarta selatan.Yang didirikanolehbapakRaulusPrawito, yang menjabatsebagaipendetasekaligusmentrikeuanganpadasaatitu.Sebelumgerejainiberdiri, gerejainitidakmemilkitempatpastiatauselaluberpindah-pindah.Gerejaini, disebutgerejajawa, karenamemangmayoritasbanyakjamaahnya yang berasaldaridaerahjawa.Gerejainitidakinginmengurangiunsuretnisparajamaahnya, semuainiterlihatdaripelaksanaanibadahnya yang masihmenggunakanbahasajawadan Indonesia.
Dalamgerejaini, terdapat 4 pendetadan 17 stafkaryawandankantor yang bertugas. Semuastafkaryawan yang bekerja di gerejaini, terbilangbekerjadengansukarela.Dan pendeta-pedeta yang mengimamigerejaini, mayoritasberpendidikansarjana theology darisekolahtinggitheologiya Indonesia.Karenapenganutnasrani, selalumengangkatpendetabukanhanyadarikapasitaske-Aamaan yang dimiliki, melainkandilihatdarilatarbelakangpendidikanpendetaitusendiri.
Membahastentanginteraksisosial, pengelolagerejamaupunjamaahgerejainisangatramahdantidakmembeda-bedakan agama dalamkehidupansosial di sekitarnya.Semuainiterlihatdaribegituramahnyaparastafgerejasaatmenyambutkedatangan kami untukmengadakanwawancara.Gerejainijugatelahmendirikanbeberapalembagapemasyarakatan.Seperti BALKESMAS (balaikesehatanmasyarakat) yang beradatidakjauhdarigereja NEHEMIA sendiri.Balaikesehatanini di dirikangunamenunjangkesehatanmasyarakatsekitartanpamemprioritaskanjamaahataupunpenganut agama nasrani (protestan).Takhanyaitu, pihakpengelolagerejajugaseringmengadakan "pasarmurah" di depangereja, demi menggalangkerukunansosialpenganut agama lain di lingkungangereja.
Pengelolagerejadanparapenganutnyabiasamelakukankegiatansosialpadahari-haribesarnasrani.Yaitu, padaharirayaPaskahdanHari Raya Natal.MerekabiasamelakukankegiatansosialberupaBaktiSosial yang tertujuakanpadasebuahpantiasuhan.Tapisayangnya, setiapkegiatanbaktisosial yang dilakukanpadahari-harirayaNasraniterbilanghanyamemprioritaskanpadapenganutajaran agama nasrani (protestan).
Oleh : Meteor Mardiansyah
NIM : 1112051000127
Tidak ada komentar:
Posting Komentar