Kamis, 20 Desember 2012

tugas6_Tiara Desta Arum(1112051000124)_kpi1d

LEMBAGA PENDIDIKAN TKAT AL-JIHAD_TIARA DESTA ARUM(1112051000124)_KPI1D
 
1.      LATAR BELAKANG
 
Sebuah pendidikan sangatlah diperlukan oleh setiap manusia, karena dengan adanya pendidikan setiap perilaku manusia akan terbentuk, pendidikan dasar tentulah berawal dari keluarga sejak seorang anak itu lahir, setelah ia mulai meranjak menjadi seorang anak-anak maka ia harus mendapatkan pendidikan yang lebih dari luar yang salah satunya adalah sebuah lembaga taman kanak- kanak agar dapat mengembangkan motorik otak dari anak itu sendiri dan selain itu pula dari pendidikan dasar ini juga dapat mengembangkan kreatifitas dan karakter anak.
Dari taman kanak-kanak ini ia akan mempelajari banyak hal ,seperti hal dalam pergaulan , pelajaran-pelajaran dasar yang nantinya ia sudah tidak canggung lagi ketika masuk tingkat sekolah dasar dan tentunya ia juga harus mempelajari ilmu agama sebagai dasar dari sifat dan akhlak yang akan ia perbuat , maka dari itu TKAT Al-Jihad sangat menyongsong ilmu agama yang menjadi prioritasnya dalam mengajari murid didiknya, karena menurutnya buat apa seseorang pintar namun tidak berakhlak mulia dan kita harus menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat sebab itu TKAT Al-jihad menanamkan murid didiknya ilmu agama sejak dari dini.
 
 
2.      PERTANYAAN POKOK
 
1.      Apa yang membuat bapak membuat taman kanak-kanak islam ini dan bagaimana awal berdirinya TK ini?
 
Jawaban : saya membnagun TK ini dengan alasan untuk menanamkan ilmu kepada anak-anak sejak dari dini, dan terutama ilmu agama agar dapat menyeimbangkan IPTEK dengan IMTAQ . walaupun dalam masa awal berdirinya TK ini sangat sulit karena pada masa itu wilayah kampung ini masih jauh akan kata pendidikan namun seiringnya waktu berjalan dan kerja keras kami dalam mempertahankan TK ini Alhamdulillah TK ini pun sekarang sudah  menjadi suatu kebutuhan masyarakat dalam menempuh pendidikan.
 
3.      METODE
 
Metode                        : KUALITATIF
Waktu Penelitian         : 17 Desember 2012 ( 15.00-17.00 WIB)
Lokasi Penelitian         : Jl. Bulak Barat Rt. 007/08 , Cipayung Depok
 
 
4.      GAMBARAN TOKOH
 
Bapak Bustomi  pria kelahiran Bogor, 7 Agustus 1981 ini adalah seorang ketua yayasan sekaligus pemimpin dari TKAT Al-Jihad, perjalanan panjang dalam usia mudanya dalam meneruskan lembaga pendidikan anak-anak ini . Bukan hal mudah baginya saat pertama kali dirinya tenjun langsung kedunia pendidikan anak-anak terutama diusianya yang masih muda sudah harus siap berhadapan dengan para ibu-ibu yang sudah pasti akan banyak yang berkonsultasi dengan dirinya, dan anak-anak kecil yang harus melatih kesabarannya dalam mendidik. Saat ditanya bagaimana menghadapi anak-anak saat pembelajaran, ia pun tertawa saat menjawabnya , ia menjawab "anak-anak kecil itu memang sulit ditebak ya… dibilang sulit ya tidak juga karena mereka cepat menangkap tapi dibilang mudah ya sebenarnya tidak.."  . sabar dan lemah lembut inilah yang harus ia pegang teguh karena dalam hal menghadapi anak-anak yang terkadang melakukan kesalahan tidak mungkin ia marahi, tetapi dengan nasehat yang baiklah yang ia harus lakukan.
Walaupun ia menghadapi kehidupan anak-anak kecil yang masih banyak belum mengerti akan peraturan dan larangan namun ia sudah banyak mengaplikasikan  peraturan-peraturan kepada anak- anak itu agar terlatih dan terbiasa menghadapi sebuah peraturan agar mematuhi apa yang diperintahkan dan tidak melanggar peraturan yang sudah ada.
 
 
5.      ANALISIS
 
TKAT Al-Jihad adalah sebuah lembaga pendidikan anak-anak usia dini yang didirikan pada tahun 1987 dan diresmikan pada tahun 1993 , TKAT ini pun pernah merasakan masa sulit disaat kurangnya financial dan belum adanya donator pada awal TK ini berdiri. Namun karena niat mulia untuk mendidik anak-anak agar sudah mengenal sebuah pendidikan sejak dari ini dan mengetahui ilmu agama sebagai penyeimbang antara IPTEK dan IMTAQ lembaga pendidikan inipun mendapatkan jalan dan akhirnya mendaptkan titik terang pada tahun 2002 dari sadarnya masyarakat akan pentingnya sebuah pendidikan dari usia dini TK inipun semakin berkembang. sebuah lembaga pendidikan tentulah sangat penting dalam sebuah kehidupan seperti yang dijelaskan oleh Durkheim ia sangat tertarik dengan pendidikan karena dengan sebuah pendidikan dapat terciptanya suatu sosiologi dan Durkhem juga mengatakan pendidikan sangatlah memiliki fungsi yaitu : untuk memperkuat solidaritas social, mempertahankan peranan social karena dalam pendidikan akan membentuk seseorang menjadi seorang peran atau memenuhi berbagai peranan dan mempertahankan pembagian kerja , tentunya keran dalam sebuah pendidikan akan melatih seorang anak atau seseorang agar mengeluarkan segala kekreatifitasan yang punya agar suatu saat menjadi kemampuan yang ia miliki dan menjadi senjata dalam kehidupan social.
Dan aturan- atauran ini juga yang akan dapat melatih seseorang dalam membentuk peranan dan memperkuat solidaritas social  karena dengan sebuah peraturan dapat menentukan kesetian seseorang untuk tidak melanggar peraturan yang ada.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini