Kamis, 20 Desember 2012

penelitian tentang seminar motivasi_Syifa Fauziah Syukur_KPI 1D

LAPORAN HASIL PENELITIAN SEMINAR

 

Gerakan Nurani Nusantara (GANN)

 

 

LATAR BELAKANG

 

Narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA) yang biasa disebut narkoba merupakan jenis obat/zat yang diperlukan di dalam dunia pengobatan. Akan tetapi apabila dipergunakan tanpa pembatasan dan pengawasan yang seksama akan menimbulkan ketergantungan serta dapat membahayakan kesehatan bahkan jiwa pemakainya.  Penyalahgunaan narkoba pada akhir tahun ini dirasakan semakin meningkat.

Dapat kita amati dari pemberitaan-pemberitaan baik di media cetak maupun elektronika yang hampir setiap hari memberitakan tentang penangkapan para pelaku penyalahgunaan narkoba oleh aparat keamanan. Kebanyakan pelakunya adalah remaja belasan tahun, mereka pasti sudah mengerti tentang bahaya mengkonsumsi narkoba, tapi mengapa mereka menggunakannya.

Dikalangan para siswa, terutama bagi mereka yang secara formal berada dibangku SMP/MTs. Umumnya penggunaan pertama narkoba diawali pada anak usia sekolah dasar atau SMP/MTs. Hal ini terjadi biasanya karena penawaran, bujukan, atau tekanan seseorang atau sekelompok orang kepadanya, misalnya oleh kawan sebayanya. Didorong rasa ingin tahu, ingin memcoba, atau ingin memakai, seseorsang mau menerima tawaran itu. Selanjutnya, tidak sulit baginya untuk menerima tawaran berikutnya.

 

 

METODOLOGI PENELITIAN

a.    Tempat Penelitian

Penelitian ini dilakukan di Aula Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pembicaranya adalah M. Fariza Y Irawadi, SE, MM (Ketua Umum GANN) dan Anrio Marfizal (Direktur Nine B Student Clinic).

 

 

b.    Waktu Penelitian

Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2012 dengan prosedur sebagai berikut :

a)    Persiapan

b)   Pelaksanaan Penelitian

c)    Penyusunan Laporan

      d) Mengumpulkan dan menilai hasil test

e)  Menganalisis hasil penelitian

f)   Menyusun laporan Penelitian

 

metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Karena disini saya terjun langsung ke lapangan dengan mengamati objek secara detail. Serta adanya prolog atau perkenalan terlebih dahulu sebelum meneliti langsung kepada objek tersebut.

 

LATAR BELAKANG GANN

 

Permasalahan penyalahgunaan Narkoba di Indonesia sudah dalam tarap yang sangat mengkhawatirkan. 'Pada edisi koran Kompas' Membuat judul "Indonesia Dalam Kondisi Bahaya Narkoba" dan bahkan dari data Badan Narkotika Nasional (BNN) pun menyatakan bahwa indonesia bukan lagi tempat transit narkoba tapi sudah menjadi pasar narkoba (Sabu-sabu pasar kedua terbesar di dunia adalah Indonesia) dikutip oleh 'Kompas, Kamis 26 Januari 2012'. Bahkan penggunaan Narkoba di Indonesia 3,81 Juta dan itu beberapa yang tertangkap atau yang terselidiki oleh BNN (Kementrian Dalam Negeri RI).

 

Tragedi kecelakaan di Halte Tugu Tani menyentak seluruh warga negara ketika seorang pengemudi wanita menabrak 14 orang yang menjadikan 9 orang diantaranya tewas dan 5 orang luka berat. pengemudi tersebut ternyata di bawah pengaruh Narkoba dan Minuman Keras. Artinya penyalahgunaan narkoba bukan hanya merugikan diriya sendiri dan keluarganya, namun juga merugikan orang-orang tak berdosa dan disekitarnya.

 

Maka pada tanggal 12 Februari 2012 Gerakan Nurani Nusantara (GANN) Di Deklarasikan . dengan memfokuskan mengatasi Narkoba dan membina dan merehabilitasi bagi pengguna Narkoba agar tidak kembali kedalam jurang yang sama dan menjadikan hidup lebih bermakna antara sesama.

 

VISI, MISI DAN MOTTO

·        Visi

Terwujudnya generasi bangsa yang bernurani, berfikir dan berpeilaku Positif serta berperan aktif dalam membangun Nusantara yang terbebas dari pengaruh dan dampak Narkotika.

 

 

 

  • Misi
    • Membangun kesadaran Nurani, Keyakinan dan komitmen seluruh lapisan masyarakat untuk bersama sama peduli dan berbagi akan bahaya, pengaruh dan dampak Narkoba.
    • Bersama dengan berbagai komponen bangsa untuk menyelamatkan korban penyalahgunaan narkoba.

 

  • Motto

SEBARKAN BAHAYANYA SELAMATKAN KORBANNYA

  • Nilai
    • Peduli (Care)
    • Sinergi (Sinergy)
    • Berbagi (Share)

PROGRAM

A.   Pencegahan

Sosialisasi/Kampanye untuk kesadaran dari hati akan permasalahan Narkotika, melalui media KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) yang efektif
Berupa : Pelatihan satu hari, poster dan Brosur yang menarik, Talkshow dan event dengan menggandeng para Selebritis/Tokoh populer pemuda di sekolah, tempat keramaian (Mall), Stasiun TV dan Radio, Majelis dan kegiatan keagamaan lainnya.

Membentuk Kelompok pendidik sebaya (peer Educator) pada simpul sasaran memalui Training Of Trainers yang akan menjadi role model dan motor penggerak bagi masing-masing simpul sasaran. PublicService Advertisment di TV, Radio, Media Massa cetak, Media Massa Online.

B.    Pasca Rehabilitas

 

Kondisi Saat ini para mantan pengguna yang telah direhabilitasi maupun menjalani hukuman di lapas Narkoba tidak memiliki kesempatan bekerja atau modal untuk berusaha sehingga menjadi rentan kembali menjadi pengguna bahkan menjadi pengedar.


Untuk itu, GANN melakukan:

Kerjasama dengan lembaga sosial / Amil Zakat untuk memberikan modal kerja bergulir tanpa bunga kepada mantan pengguna narkoba yang telah selesai di rehabilitasi baik dari panti Rehabilitasi maupun Lapas Narkoba.

 

 

C.    Program Andalan

 

Gerakan Nurani Nusantara (GANN) Menawarkan sebuah program workshop bertema "Hidup Positif Bermakna Untuk Sesama". Gerakan Nurani Nusantara akan terus meyakini hal yang terpenting dalam sebuah kampanye/sosiaisasi anti narkoba yang mana akan akan menimbulkan kesadaran serta keyakinan dan komitmen untuk hidup positif dan bermakna untuk sesama.

untuk itu dalam workshop Gerakan Nurani Nusantara (GANN) ini akan terbagi menjadi 2 sesi dalam kegiatannya :

 

·         Motivasi "Hidup Positif Dan Bermakna Untuk Sesama" dengan Pendiri Gerakan Nurani Nusantara

·         Pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba serta cara menghindarinya dan menjauhi Narkoba tersebut.

 

Untuk itu Gerakan Nurani Nusantara menawarkan kepada Institusi, baik Universitas Akademis, SMA, SMP, Majelis Taklim dan Komunitas-komunitas untuk diberikan "Workshop Gerakan Nurani Nusantara". yang workshop ini akan diberikan secara gratis atau cuma-cuma kapada setiap pengundang. Dengan disyaratkan sarana pendukungnya saja, yaitu: LCD serta Layarnya dan Sound System. Namun jika tidak tersedia maka Gerakan Nurani Nusantara dapat membantu memfasilitasinya.

 

Workshop ini akan dibawakan dengan cara komunikatif dan bermakna. Presentasi multimedia yang menggugah kepada Audience dengan target menimbulkan dan menguatkan motivasi peserta untuk selalu hidup positif dan bermakna besar untuk sesama sehingga selalu terhindar dari penyalah gunaan narkoba.

 

NEWS GANN

 

1.      Rayakan Hari Aids Internasional, GANN lakukan Pembekalan Motivasi pada 3 Tempat dengan peserta 350 orang.

2.      Dalam Rangka Hari Pahlawan GANN Berikan Pembekalan Motivasi Anti Narkoba pada 1000 Siswa oleh Ketua Umum GANN.

3.      "Pasca Adakan Seminar Motivasi Sekolah Se-Kota Depok"GANN TERUS BERGERAK MASUK KE SEKOLAH-SEKOLAH.

4.      Rayakan Sumpah Pemuda, Gerakan Nurani Nusantara Bentuk 1000 Kader Anti Narkoba Se-Kota Depok.


ANALISIS PENELITIAN

          GANN adalah sebuah lembaga yang didirikan dengan tujuan memberantas narkotika yang ada di kalangan para pelajar, mengarahkan kepada mereka untuk selalu termotivasi dalam menjalani hidupnya. Gerakan ini didirikan dengan tujuan yang sangat mulia, yaitu mensosialisasikan bahayanya narkotika kepada para pelajar tanpa membutuhkan sponsor dari pihak apapun.  M. Fariza Y Irawadi, SE, MM selaku Ketua Umum GANN adalah orang yang sangat dermawan. Beliau meyakini jika kunci hidup itu ada dua yaitu bekerja keras dan bermanfaat bagi orang lain.

            Adapun cara beliau menyalurkan kemampuannya agar bermanfaat bagi orang lain yaitu dengan cara mengadakan sosialisasi pada setiap sekolah-sekolah yang ada di dalam kotanya bahkan hingga ke luar kota, dan ini dilakukan tanpa adanya bantuan dari pihak manapun. Beliau meyakini bahwa sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain. Janganlah sombong, janganlah kikir karena nikmat Allah yang telah kita berikan haruslah kita syukuri, dan salah satu cara bersyukur adalah membagi sebagian dari harta kita kepada banyak orang yang mana Allah akan selalu menjanjikan pahala serta kebaikan kepada orang yang selalu memberi dengan ikhlas. Kapanpun dan dimanapun ia berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini