Senin, 22 April 2013

MEDIA ELEKTRONIK DAN MEDIA ONLINE (STRUKTUR,SISTEM DAN DAMPAK)
A.    SAIFUL MU'MININ (109051000166)
PERTEMUAN KE 6
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
A.     PENDAHULUAN
Pengertian Media Massa Menurut Para Ahli Leksikon komunikasi memberikan pengertian media massa sebagai "sarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas misalnya radio, televisi, dan surat kabar".
Definis Media Massa - Kata media massa berasal dari medium dan massa, kata "medium" berasal dari bahasa latin yang menunjukkan adanya berbagai sarana atau saluran yang diterapkan untuk mengkomunikasikan ide, gambaran, perasaan dan yang pada pokoknya semua sarana aktivitas mental manusia, kata "massa" yang berasal dari daerah Anglosaxon berarti instrumen atau alat yang pada hakikatnya terarah kepada semua saja yang mempunyai sifat massif. Tugasnya adalah sesuai dengan sirkulasi dari berbagai pesan atau berita, menyajikan suatu tipe baru darikomunikasi yang sesuai dengan kebutuhan fundamental dari masyarakat dewasa ini.
Media massa merupakan suatu penemuan teknologi yang luar biasa, yang memungkinkan orang untuk mengadakan komunikasi bukan saja dengan komunikan yang mungkin tidak pernah akan dilihat akan tetapi juga dengan generasi yang akan datang. Dengan demikian maka media massa dapat mengatasi hambatan berupa pembatasan yang  diadakan  oleh waktu, tempat dan kondisi geografis. Penggunaan media massa karenanya memungkinkan komunikasi dengan jumlah orang yang lebih banyak. Setiap jenis  media  massa  mempunyai   sifat-sifat khasnya   oleh karena itu penggunaannya juga harus diperhitungkan sesuai dengan kemampuan serta  sifat-sifat khasnya. Ditinjau dari perkembangan teknologi di bidang penyampaian informasi melalui media massa, media massa dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu :
 
a.        Media massa modern
Yang dimaksud media massa modern adalah media massa yang menggunakan teknologi modern yaitu media massa cetak dan media massa elektronik. Media massa cetak  adalah  media massa yang  dalam  menyampaikan informasinya terlebih dulu harus dicetak menggunakan alat cetak. Media massa ini misalnya surat kabar, majalah, tabloid dll.
 
Media massa elektronik adalah media massa yang dalam menyampaikan informasinya menggunakan jasa listrik.Tanpa adanya listrik media massa ini tidak akan dapat berfungsi misalnya radio dan televisi.
 
b.        Media massa tradisional
Media yang digunakan sebagai sarana penyampaian informasi pada jaman dulu, lebih banyak menggunakan media massa tradisional misalnya wayang, lawak, lenong, seni tradisional dll.
Frederick William mengatakan bahwa kita dalam kehidupn modern ini secara terus menerus memilih media komunikasi mana yang dapat mewakili situasi yang ada. Ia juga mengatakan bahwa salah satu hal yang membedakan gambaran mengenai dunia kita dalam komunikasi modern adalah bahwa kita memiliki banyak pilihan dalam menggunakan media komunikasi. Tidak hanya itu saja, media menjadi bervariasi dan isinya berhubungan pada teknologi komunikasi baru. Contohnya televisi bisa kita terima di rumah hanya dengan kabel, disk atau tape yang berhubungan langsung dengan satelit. Sebenarnya kita hidup dalam dunia yang memiliki banyak alternatif komunikasi yang mungkin mendorong kita untuk meningkatkan pilihan-pilihan yang lebih banyak.
Sumber informasi utama masyarakat adalah media massa. Keterbatasan kemampuan manusia untuk memperoleh informasi itulah sehingga manusia membutuhkan suatu media yang dapat memenuhi kebutuhan informasinya. Pada saat ini telah terjadi revolusi informasi dimana manusia dihadapkan pada banyak pilihan media seperti media cetak dengan berbagai macam versi penyajiannya, media elektronik televisi dan audio visualnya serta media internet dengan megapustaka untuk berbagai informasi yang dibutuhkan.
 
B.     METODE STUDI
Metode yang penulis gunakan pada penulisan makalah ini adalah dengan menggunakan metode studi pustaka.Yakni penulis melakukan pencarian terhadap bahan bacaan relevan yang sesuai dengan judul materi tersebut dan menggunakan sebagian data dari buku,  Buick, Joanna dan Zaron Zevtic, Mengenal Cyberspace For Beginners, Bandung : Mizan, 1997. 
Ely, D.P., Information Technology in Education: The Best of ERIC, New York: ERIC Clearinghouse on Information Resources, 1982.
Eduard dkk,  Peranan  Komunikasi  Massa  Dalam  Pembangunan, Suatu. Kumpulan    Karangan,    Gadjah    Mada    University    Press, Yogyakarta, 1978.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DIY, Peranan Media Massa Lokal Bagi Pembinaan dan Pengembangan Kebudayaan Daerah, 1997 Jahi, Amri, Komunikasi Massa dan Pembangunan di Negara-negara Dunia Ketiga : Suatu Pengantar, PT. Gramedia, Jakarta, 1988
 
C.     ANALISIS
Media massa merupakan media komunikasi yang dijadikan sumber informasi terbesar bagi masyarakat untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Media massa juga dijadikan jembatan informasi antara satu tempat dengan tempat lain. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat sangat tergantung pada media massa. Sehingga apapun yang disajikan akan dengan mudah dipercayai oleh penerima. Karena masyarakat tidak memiliki kesempatan untuk melakukan cek dan ricek atas apa yang dikemukakan media massa. Saat itulah media massa akan dengan mudah melakukan 'brain washing' pada pembaca dan mengarahkan masyarakat sesuai dengan keinginan orang-orang di belakang informasi.
 
Berbagai cara ditempuh untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dengan menyajikan berita-berita yang up to date, sehingga terjadilah persaingan antar media massa. Salah satu cara yang digunakan media untuk memperoleh informasi yang aktual adalah dengan menyebarkan koresponden ke seluruh dunia. Dengan begitu, media massa akan lebih mudah mendapatkan informasi aktual dari seluruh dunia dalam waktu singkat. Cara lain yaitu dengan membentuk kantor berita seperti kantor berita di Indonesia dengan nama Kantor Berita Antara atau Reuters di Inggris dan NHK di Jepang.
 
Teknologi komunikasi dalam hal penyebaran informasi melalui media massa semakin berkembang. Kali ini tidak hanya melalui media cetak ataupun elektronik tetapi internet. Suatu media alternatif selain media massa yang telah ada, internet merupakan suatu mega pustaka dimana seluruh informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh disana.
 
Media massa secara mandiri maupun hanya sebagai penunjang memiliki fungsi sebagai berikut:

a.    Sebagai pemberi informasi
Dapat dilakukan sendiri oleh media Tanpa media sangatlah mustahil informasi dapat disampaikan secara tepat tanpa terikat waktu.
b.    Sebagai pengambilan keputusan
Dalam hal ini media massa berperan sebagai penunjang karena fungsi ini menuntut adanya kelompok-kelompok diskusi yang akan membuat keputusan di samping itu diharapkan adanya perubahan sikap kepercayaan norma-norma sosial. Oleh sebab itu dalam hal ini mekanisme komunikasi antar pribadi sangat berperan. Mass media berperan dalam menghantarkan informasi sebagai bahan diskusi, memperjelas masalah-masalah dan menyampaikan pesan-pesan para pemuka masyarakat.
c.    Sebagai pendidik
Sebagian dapat dilaksanakan sendiri oleh media massa sedangkan  bagian lain dikombinasikan dengan komunikasi antar pribadi (Eduard D, 1978:47). Menurut Chalkley media massa berfungsi untuk:

1.      Memberitakan tentang fakta kehidupan ekonomi masyarakat,
2.      Menginterpretasikan fakta tersebut agar dipahami oleh masyarakat itu,
3.      Mempromosikan  hal   tersebut  agar  menyadari   betapa  serius   masalah pembangunan yang dihadapi dan memikirkan lebih lanjut masalah itu serta mengantarkan masyarakat pada solusi-solusi yang mungkin ditempuh.

Menurut Crawford peranan media massa dalam pembangunan tidaklah independen sifatnya melainkan terbatas sebagai pemicu pembangunan bila faktor-faktor lain terdapat secara memadai. Hal ini menunjukkan komunikasi saja bukanlah suatu kondisi yang memadai bagi pembangunan akan tetapi kurangnya atau kegagalan komunikasi dapat saja menghambat pembangunan. Jadi komunikasi sendirian saja tidak akan menghasilkan pembangunan secara optimal.
DAFTAR PUSTAKA
Buick, Joanna dan Zaron Zevtic, Mengenal Cyberspace For Beginners, Bandung : Mizan, 1997.
 
Ely, D.P., Information Technology in Education: The Best of ERIC, New York: ERIC Clearinghouse on Information Resources, 1982.
Eduard dkk,  Peranan  Komunikasi  Massa  Dalam  Pembangunan, Suatu. Kumpulan    Karangan,    Gadjah    Mada    University    Press, Yogyakarta, 1978.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DIY, Peranan Media Massa Lokal Bagi Pembinaan dan Pengembangan Kebudayaan Daerah, 1997

Jahi, Amri, Komunikasi Massa dan Pembangunan di Negara-negara Dunia Ketiga : Suatu Pengantar, PT. Gramedia, Jakarta, 1988
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini