Senin, 22 April 2013

Metodologi Studi Media Daniella Putri Islamy KPI 6 F

Nama   : Daniella Putri Islamy (109051000176)
Kelas   : KPI 6 F

METODOLOGI STUDI MEDIA DAN SISTEM SOSIAL

1.      Pendahuluan
Metodologi berasal dari kata Yunani "metodos", metodologi  terdiri dari dua suku kata yaitu "metha" yang artinya melalui atau melewati dan "hodos" yang artinya jalan atau cara. Pengertian dari metodologi itu sendiri adalah ilmu atau kajian yang membahas tentang kerangka-kerangka pemikiran (frameworks) tentang konsep-konsep, cara atau prosedur, yang maksudnya adalah untuk menganalisis tentang prinsip-prinsip atau prosedur yang akan menuntun, mengarahkan dalam penyelidikan dan penyusunan suatu bidang ilmu.[1]
Di dalam komunikasi, media juga sangat berperan penting. Media berperan sebagai saluran, sarana penghubung dan juga sebagai alat dari komunikasi. Studi media dapat diartikan sebagai studi tentang produksi pesan, distribusi, konsumsi dan efek-efek media. Studi media menggunakan sejumlah metode dan teori dari berbagai lintas disiplin yang meliputi teori ekonomi politik, sosiologi, sastra, antropologi, filsafat dan ekonomi.

Sistem menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu keseluruhan yang kompleks dan terorganisir, suatu himpunan atau perpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu keseluruhan yang kompleks atau utuh.[2] Sistem sosial adalah serangkaian kegiatan berupa tindakan yang dilakukan oleh seseorang baik selaku individu maupun selaku kelompok dalam melakukan interaksi antar sesamanya.[3] 
2.      Metode Studi

Dalam penulisan paper ini, penulis menggunakan metode studi pustaka. Dalam pengerjaannya, penulis mencari dan mendapatkan sumber informasi dari berbagai buku-buku yang membahas mengenai pembahasan sosiologi, metodologi sejarah, kamus bahasa Indonesia dan ilmu komunikasi. Buku-buku tersebut adalah Kamus Bahasa Indonesia (Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2008), Sosiologi: Memahami dan Mengkaji Masyarakat  karangan Janu Murdiyatmoko, Metodologi Sejarah karangan Helius Sjamsudin.

3.      Analisis

Metodologi adalah metode untuk melakukan suatu penelitian, agar terstruktur saat meneliti objek yang sedang kita teliti misalnya studi media dan sistem sosial saat ini. Studi media merupakan studi tentang produksi pesan, distribusi, konsumsi dan efek-efek media. Dalam proses produksi nya, komunikasi sangatlah berperan penting untuk terciptanya sebuah produksi pesan yang akan di konsumsi masyarakat. Produksi pesan yang dibuat oleh media akan berdampak baik juga terhadap sistem sosial, karena media sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat saat ini. Ciri-ciri masyarakat sebagai suatu sistem sosial, antara lain memiliki kepercayaan, tujuan, serta kedudukan dan peranan. 


Daftar Pustaka

Sjamsuddin, Helius. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Murdiyatmoko, Janu. 2003. Memahami dan Mengkaji Masyarakat. Jakarta: Grafindo
Tim Buku Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Cetakan ketiga. Jakarta: Pusat Bahasa.





[1] Helius Sjamsudin, Metodologi Sejarah, hal: 17
[2] Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia, (Pusat Bahasa, Jakarta: 2005)
[3] Janu Murdiyatmoko, Sosiologi: Memahami dan Mengkaji Masyarakat, hal: 36

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini