Senin, 13 Mei 2013

daniella putri islamy (media sosial)

Nama   : Daniella Putri Islamy

Kelas   : KPI F Semester 6

 

Media Sosial (Social Media)

Struktur, Sistem dan Dampak

 

1.      Pendahuluan

 

Dunia maya adalah sebutan lain dari media sosial, selain dunia nyata kita juga dapat melakukan komunikasi  tanpa batasan lewat media sosial. Sosial media merupakan sebuah tempat untuk bersosialisasi atau berinteraksi satu sama lain dan dilakukan secara online atau dengan internet  tanpa dibatasi ruang dan waktu.  Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi  Web 2.0 yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran  atau  yang disebut user-generated content.[1]

Sosial media sangat membantu kita sebagai makhluk sosial untuk lebih mudah bersosialisasi, batasan ruang maupun waktu tidak menjadi penghalang bagi pengguna media sosial untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun dan kapanpun.  Sosial media memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini. Bahkan seseorang bisa menjadi terkenal melalui media sosial ini, dan berdampak besar bagi kehidupannya. Jika kita dapat menggunakan media sosial dengan baik dan bijak, banyak sekali manfaat yang kita dapat, sebagai media pemasaran, dagang, mencari koneksi, memperluas pertemanan dan lain-lain. Terkadang media sosial digunakan secara berlebihan yang berakibat buruk, seperti halnya menjadi pribadi yang anti sosial di kehidupan nyata, sulit bergaul dan mendapatkan teman di kehidupan nyata bahkan tidak perduli pada kehidupan nyata.

 

2.      Metode Studi

Dalam penulisan paper ini, penulis menggunakan metode studi pustaka. Dalam pengerjaannya, penulis mencari dan mendapatkan sumber informasi dari berbagai buku-buku, jurnal-jurnal, dan blog (internet) yang membahas mengenai media sosial. Adapun buku-buku yang menjadi sumber referensi adalah Kamus Bahasa Indonesia (Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2008), 

 

3.      Analisis

 

Media merupakan bentuk jamak dari "medium", media berasal dari bahasa latin. Media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan. Dalam ilmu komunikasi, media bisa diartikan sebagai saluran, sarana penghubung, dan alat-alat komunikasi.[2]Sedangkan pengertian sosial menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah berkenaan dengan masyarakat dan perlu adanya komunikasi.[3]

Di dalam media sosial terdapat banyak jejaring sosial yang banyak diminati oleh masyarakat. Adanya jejaring sosial bermula sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.

 Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.

Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.[4] Sosial media dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar yaitu:[5]

·        Social Networks

Media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Contohnya: Facebook, Twitter, Path, dll.

·        Discuss

Media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi. Contohnya: Skype, Yahoo Massenger, Google Talk, dll.

·        Share

Media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file berbentuk video, music, maupun foto/picture. Contohnya:  Youtube, Instagram, Tumblr, Sondcloud, dll.

·        Social Game

Media sosial berupa permainan yang dapat dilakukan bersama-sama dengan teman. Contohnya: Point Blank, Doof, Dota, dll.



 



[2] Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, (Jakarta, Grasindo, 2004) hal: 28

[3] Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia, (Pusat Bahasa, Jakarta: 2005)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini