Senin, 13 Mei 2013

Media Sosial (social media)_Hermansyah_KPIF IIIV_ tugas ke8

Nama  : Hermansyah

Kelas   : kpi IIIV

Nim    : 109051000202

Media Sosial (social media)

 

A. Pendahuluan

Pengertian media social dalam bahasa inggris "Social Media" menurut tata bahasa, terdiri dari kata "Social"  yang memiliki arti kemasyarakatan atau sebuah interaksi dan "Media" adalah sebuah wadah atau tempat sosial itu sendiri. Perkembangan ilmu Komunikasi dari masa ke masa makin pesat. Dahulunya, jika orang ingin mengirim pesan dengan perantara burung dara, seiringnya waktu berkembang dan perkembangan dunia komunikasi dari media cetak, lalu ke media konvensional dan yang terakhir media baru atau siber. Pengertian Media sosial sendiri adalah sebuah media online/internet oleh penggunanya dengan mudah berinteraksi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog , jejaring sosial, wiki , forum dan dunia fortual, ada juga para ahli yang mengatakan bahwa media social merupakan media online, yang mendukung interaksi social dengan media social yang menggunakan teknologi berbasis web, mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif diantara para pengguna. Adapun Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Dan facebook sendiri di Indonesia merupakan jejaring social terbesar di Indonesia dan terbesar kelima di dunia[1].

Jika media konvensional dalam operasionalnya, sangat membutuhkan karyawan yang lumayan tidak sedikit. Di samping itu juga membutuhkan keahlian pada setiap karyawan/ pekerja dibidangnya masing-masing. Berbeda dengan media baru dalam operasionalnya, yang melahirkan Jejaring social dimana setiap orang bisa membuat webpage pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jika media cetak membutuhkan kertas dan konvensional membutuhkan broadcas dalam operasionalnya, beda dengan media social yang membutuhkan internet. Jika media konvensional berkomunikasi dengan satu arah, media social berkomunikasi dengan dua arah, hal ini lebih mudah untuk mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Misalnya yang kita kenal selama ini yaitu facebook dan twitter. Apalagi di tunjang makin canggihnya alat komunikasi sekarang ini seperti mobile phone yang bisa akses dimna saja dan kapan saja.

Adapun kelebihan Media social yaitu sebuah alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja selama koneksi ke internet, dampaknya sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Dewasa ini Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien karnah biayanya murah dan aksesnya mudah. Sekarang ini banyak kita jumpai seperti blog, facebook, twitter, dan youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran. Dan tak jarang kita banyak menjumpai sekarang artis yang mendadak karnah peran dari media social tadi dengan perantara you tube, misal roman kamaru, adel sedunia, dan baru-baru ini si tegar.

Adapun kelebihan Media social dibandingkan dengan media konvensional, bisa kita lihat secara spesifik di bawah ini antara lain :

Kesederhanaan

Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.

Membangun Hubungan

Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan  pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.

Jangkauan Global

Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.

Terukur

Dengan system tracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.

 

B. Metode Studi

Dalam penulisan paper ini, penulis menggunakan metode studi pustaka. Dalam pengerjaannya, penulis mencari dan mendapatkan sumber informasi dari buku-buku yang membahas mengenai media social, antara lain, R ully Nasrullah Komunikasi Antar Budaya 2012 dan Dan Zarela dalam bukunya The Social Media Marketing Book 2010

 

C. Analisis

Media online sekarang ini sudah menjadi budaya dalam masyarakat kita, hampir dalam keseharian kita tidak lepas dari media tadi khususnya dalam masyarakat urban. Media online dalam interaksinya dalam kehidupan social lebih mudah daripada media konvensional apakah itu penjualan, pemasaran dan komnikasi. Tapi walau begitu media social tidak bisa menggantikan media konvensional itu sendiri, misalnya radio online dan tv online sangat tergantung dengan jaringan internet, beda jika kita lihat di media konvensional. Selain itu kelebihan media online tidak butuh karyawan banyak dalam operasionalnya, cukup bermodal computer dan koneksi ke internet kita sudah bisa berinteraksi di dalam dunia internet, misal jika kita ingin menjual barang cukup di posting di took bagus.com.

Adapun kelemahannya, di samping media tadi ketergantungan dengan jaringan internet, juga masyaraktnya cenderung induvidualis  (kurang bersosial) media social jauh lebih berbahaya dalam  penggunaaanya dalam interaksi social. Misal yaotube, yang menyediakan film porno dan juga facebook sering kita mendegarkan kekerasa seksual dan penjualan manusia akibat salah penggunaan media tadi. Apapun perkembangan media tadi pastinya di sesuaikan dengan tempat dan kondisi. Tidak kecuali di kampong saya justru media tradisional lebih popular ketimbang media  social tadi karnah sesuai dengan kemampuan dari pengguna itu sendiri

 

 

 

 

D. Daftar Pustaka

 

Nasrullah, Rulli. 2012. Komunikasi Antar Budaya , Jakarta: Kencana Prenada Group

Zarela, Dan. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT Serambi Ilmu     Semesta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Daftar Pustaka

 

Nasrullah, Rulli. 2012. Komunikasi Antar Budaya , Jakarta: Kencana Prenada Group

Irawan, Asep .2002. Perkembangan Teknologi Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Group

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



[1] Majalah fobart edisi juli 23 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini