Nama : Lela Muspita Sari
Kelas : KPI 6 G
NIM : 109051000159
GLOBALISASI DAN REALITAS MEDIA
Pendahuluan
Globalisasi adalah suatu zaman yang dikenal saat ini di kebanyakan khalayak yang ada di dunia, globalisasi yaitu di mana era informasi cepat dan mudah di dapatkan dari berbagai aspek yang diperlukan oleh khalayak dengan menggunakan alat yang canggih yang telah diciptakan oleh manusia, yaitu gadget yang berada di masyarakat sekarang.
Begitu pula denga relatitas di media saat ini, yang terjadi saat ini adalah di mana khalayak saat ini semakin pintar dalam mengakses media yang telah tersedia, tidak hanya dengan membeli Koran lalu dapat mengakses informasi, tetapi juga bisa menggunakan internet saat ini yang telah diciptakan pula oleh manusia.
Metode Studi
Penulis mencari refrensi di internet dengan menggunakan media www.google.com untuk mencari sumber atau informasi yang berkaitan dengan judul kali ini yaitu "GLOBALISASI DAN REALITAS MEDIA".
Analisi Studi
Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu Negara menjadi semakin sempit. Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memenuhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karatkteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.[1]
Sedangkan di media globalisasi menjadi kata popular yang berkembang di masyarakat, globalisasi adalah hasil karya menakjubkan dari kemajuan pikiran mahkluk yang bernama manusia yang tidak bisa kita pungkiri lagi. Arus globalisasi menerjang seluruh penjuru dunia termasuk juga Indonesia, perkembangan ini beriringan dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi yang memudahkan penyebaran informasi dengan cepat dan luas. Perkembangan teknologi ini berimplikasi pada muncul banyaknya media massa di Indonesia baik cetak, elektronikmaupun media online. Seperti halnya media televise juga mengalami peningkatan sangata signifikan dalam jumlah maupun kreatifitas konten program yang disuguhkan pada penontonnya.[2]
Dalam dunia jurnalistik, terdapat sebuah realitas parsial dalam realitas yang lebih kompleks, yaitu realitas media. Hal ini dapat dipahami sebagai sebuah bentuk independensi pemberitaan sesuai dengan "core" yang di kelola oleh media tertentu. Factor-faktor internal (wartawan) dan eksternal (misalnya kepentingan redaksi) mempengaruhi berita jadi yang diedarkan oleh media.[3]
DAFTAR PUSTAKA
http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2013/03/13/realitas-media-televisi-super-hiburan-536463.html.
http://ivanmuhtar.wordpress.com/2008/10/10/realitas-media-dalam-masyarakat/
[1] www.wikipedia.com di akses melalui internet pada 8 Mei 2013
[2] http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2013/03/13/realitas-media-televisi-super-hiburan-536463.html di akses melalui internet pada 13 Mei 2013
[3] http://ivanmuhtar.wordpress.com/2008/10/10/realitas-media-dalam-masyarakat/ di akses melalui internet pada 13 Mei 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar