Senin, 13 Mei 2013

Globalisasi dan Dampak Komunikasi Massa_Lela Muspita Sari_tugas 10

Nama   : Lela Muspita Sari

Kelas   : KPI 6 G

NIM    : 109051000159

GLOBALISASI DAN DAMPAK KOMUNIKASI MASSA

Pendahuluan

            Seperti yang di bahas sebelumnya bahwa globalisasi adalah suatu zaman yang dikenal saat ini di kebanyakan khalayak yang ada di dunia, globalisasi yaitu di mana era informasi cepat dan mudah di dapatkan dari berbagai aspek yang diperlukan oleh khalayak dengan menggunakan alat yang canggih yang telah diciptakan oleh manusia, yaitu gadget yang berada di masyarakat sekarang.

            Keterkaitan globalisasi dan dampak dari komunikasi massa adalah khalayak bisa dengan mungdah mengakses informasi yang dibutuhkan, lalu ketika saat khalayak sedang merasa sedih khalayak bisa mengalihkan rasa sedih dengan melihat berbagai berita-berita menarik atau video-video lucu yang banyak merada di media saat ini.

Metode Studi

            Penulis mencari refrensi di internet dengan menggunakan media www.google.com untuk mencari sumber atau informasi yang berkaitan dengan judul kali ini yaitu "GLOBALISASI DAN DAMPAK KOMUNIKASI MASSA"

Analisis Studi

            Sedangkan di media globalisasi menjadi kata popular yang berkembang di masyarakat, globalisasi adalah hasil karya menakjubkan dari kemajuan pikiran mahkluk yang bernama manusia yang tidak bisa kita pungkiri lagi. Arus globalisasi menerjang seluruh penjuru dunia termasuk juga Indonesia, perkembangan ini beriringan dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi yang memudahkan penyebaran informasi dengan cepat dan luas. Perkembangan teknologi ini berimplikasi pada muncul banyaknya media massa di Indonesia baik cetak, elektronikmaupun media online. Seperti halnya media televise juga mengalami peningkatan sangata signifikan dalam jumlah maupun kreatifitas konten program yang disuguhkan pada penontonnya.[1]

            Komunikasi massa adalah proses di mana organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (public). Organisasi-organisasi media ini menyebarluaskan pesan-pesan yang akan mempengaruhi mencerminkan kebudayaan suatu masyarakat, lalu informasi ini akan mereka hadirkan serentak pada khalayak luas yang beragam. Hal ini membuat media menjadi bagian dari salah satu institusi yang kuat di masyarakat. Dalam komunikasi massa, media massa menjadi otoritas tunggal yang menyeleksi, memproduksi pesan, dan menyampaikan pada khalayak.[2]

            Efek atau dampak dari komunikasi massa terhadap individu menurut Steven A. Chafee, komunikasi massa memiliki efek-efek sebagai berikut:

1.      Efek ekonomis yaitu menyediakan pekerjaan, menggerakan ekonomi ( contoh: dengan adanya industry media massa membuka lowongan pekerjaan).

2.      Efek sosial yaitu menunjukan status (contoh: seseorang kadang-kadang dinilai dari media massa yang ia baca, seperti surat kabar Pos Kota memiliki pembaca berbeda dibandingkan dengan pembaca surat kabar Kompas.

3.      Efek penjadwalan.

4.      Efek penyaluran/ penghilang perasaan.

5.      Efek perasaan terhadap jenis media..

 

DAFTAR PUSTAKA

http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2013/03/13/realitas-media-televisi-super-hiburan-536463.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_massa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini