Senin, 13 Mei 2013

Media sosial(struktur,sistem dan dampak)_Quinn Rizqy_Tugas Ke 8

Media Online (Struktur, Sistem dan Dampak)
Dunia telah berubah dan akan terus berubah, jarak antar daerah bahkan antar Negara telah semakin dekat. Beberapa puluh tahun lalu kita sempat takjub dengan televisi yang bisa membagi informasi gambar bergerak ke seluruh pelosok negeri. Kini zaman telah berubah, perkembangan arus teknologi informasi membuat setiap orang bisa berbagi gambar bergerak kepada yang lainya, dan setiap orang bisa berbicara dan saling melihat lawan bicaranya secara langsung dimanapun ia berada.
Media sosial ialah sebuah kelompok aplikasi yang berbasis internet, yang dibangun berdasarkan fondasi ideologis dan teknologi dari web 2.0, yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran konten yang diciptakan oleh penggunanya.[1] Contoh media sosial, yakni twitter, facebook, google dan lain-lain.

Karakteristik Media Sosial, yaitu :
1.         Partisipasi ialah mendorong kontribusi dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau berminat menggunakannya,hingga mengaburkan batas media dan audiens.
2.         Keterbukaan ialah kebanyakan media sosial terbuka bagi umpan balik dan partisipasi melalui sarana-sarana voting, komentar dan berbagai informasi. Dan tidak ada batasan untuk mengakses pesan ataupun informasi.
3.         Perbincangan ialah memungkinkan terjadinya perbincangan antara pengguna secara dua arah.
4.         Komunitas ialah media sosial memungkinkan terbentuknya komunitas-komunitas secara cepat dan berkomunikasi secara efektif tentang beragam isu/kepentingan.
5.         Keterhubungan ialah mayoritas media sosial tumbuh subur lantaran kemampuan melayani keterhubungan antara pengguna, melalui fasilitas tautan (links) ke website, sumber-sumber informasi dan pengguna lain.
Selain itu, media sosial juga mempunyai fungsi, yaitu memperluas interaksi sosial manusia menggunakan internet dan teknologi web, berhasil mentransformasikan praktik komunikasi searah menjadi praktik komunikasi dialogis antar banyak audience dan mendukung demokratisasi pengetahuan dan informasi, mentransformasikan manusia dari pengguna isipesan menjadi pembuat pesan itu sendiri.
.Melihat antusiasme para pengguna internet terhadap situs media sosial, tentu saja situs media sosial ini akan menimbulkan dampak positif dan negatif secara bersamaan kepada para penggunanya. Karena sejak situs media sosial menarik perhatian publik dunia. Sebagian besar penggunanya rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi situs tersebut. Oleh karena itu, beberapa dampak positif dan negatif dari media sosial :
Dampak Positif
  • Memperluas pergaulan, karena mudah berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh dunia.
  • Dapat digunakan sebagai media promosi yang efektif dalam bisnis.
Dampak Negatif
  • Dapat menyebabkan kecanduan situs media sosial, hal ini membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Akibat tindak mengisolasikan diri ini adalah  dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respon kekebalan, level hormon tidak stabil dan merusak performa mental.
  • Seseorang yang menghabiskan waktu terlalu lama di depan layar computer cenderung jarang berolahraga sehingga dapat mengakibatkan kondisi fisik yang menurun, bahkan obesitas.
  • Media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh. Maksudnya adalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per hari-nya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting, menjadi semakin meningkat setiap harinya.
  • Situs jejaring social adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru di kenal anak kita di internet, menggunakan jati diri yang sesungguhnya. Seperti kasus pornografi, penipuan lawat facebook.
Daftar Pustaka
Kaplan Andreas M & Haenlein Michael,2001
3.       


[1] Kaplan Andreas M & Haenlein Michael,2001: hal 59

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini