MEDIA SOSIAL (STRUKTUR, SISTEM, DAN DAMPAK)
NANDA CAHAYA FEBRIANA (111005100141)
KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM 6F
A. Pendahuluan
Dalam mewujudkan komunikasi yang efektif , ada banyak pendekatan yang
bisa kita gunakan. Salah satu pendekatan itu adalah pendekatan
sistemik yaitu komunikasi di pandang sebagai sebuah sistem. Dalam
komunikasi sistem itu terdiri dari unsur-unsur yang memiliki hubungan
yang saling berkesinambungan. Unsur-unsur itu adalah komunikator,
komunikan, pesan, media, noise dan lain-lain. Media sebagai salah satu
unsure penting dalam komunikasi ini harus memiliki kualitas sesuai
dengan ukuran yang tepat, kemudian berhubungan dengan baik serta
memiliki proses yang baik pula.
Media adalah sebuah perangkat yang mempermudah komunikasi dalam hal
jangkauan, banyaknya muatan, penyebaran, pengulangan dan ingatan
terhadap pesan. Sebelumnya kita sudah sering sekali mendengar jenis
media seperti media cetak dan elektronik, Namun akhir-akhir ini
semakin banyak media yang bermunculan bak jamur di saat hujan akibat
dari kemajuan teknologi informasi. Salah satu media itu adalah media
sosial. Media sosial menurut saya merupakan wadah bagi seseorang untuk
berinterkasi ke khalayak ramai, dimana kita bisa mengekspresikan
berbagai macam hal, seperti menjalin pertemanan, berbagi pengalaman,
berbagi kreatifitas, berbisnis dan masih banyak lagi.
B. Metode Studi
Dalam penulisan karya tulis ini, saya menggunakan metode studi
pustaka. Metode Studi Pustaka Merupakan metode pengumpulan data yang
dilakukan dengan mengambil data atau keterangan dari buku literatur di
perpustakaan.
C. Analisis Isi
Dalam struktur dan sistem media sosial lebih kurangnya hampir sama
dengan struktur dan sistem pada media online. Hal tersebut dikarenakan
basis yang di gunakan di media sosial sama-sama menggunakan internet
atau jaringan online, kemudian bukan hanya sekedar bisnis semata, bisa
juga sebagai alat menyampaikan ide-ide brilian. Namun yang membedakan
media online dengan media sosial adalah adanya akun-akun pribadi yang
dimiliki seseorang dan di kelolah sesuai dengan apa tujuan utama orang
tersebut menggunakan di media itu.
Media sosial merupakan salah satu alat untuk menyamaikan informasi
secara cepat dan tepat. Dengan mudahnya media sosial hadir di depan
mata kita. Hanya dengan mengunduh aplikasi di smartphone, kita bisa
memiliki akun-akun dari media sosial tersebut. Atau juga bisa
mengakses via PC, Tablet, dan berbagai macam alat komunikasi yang
berbasis internet maka kita bisa sepuasnya menggunakan media sosial
tersebut.
Media sosial hadir dengan beragam fitur-fitur unik nan menarik sesuai
kebutuhan kita. Sebenarnya media sosial sekarang bukan hanya sebagai
kebutuhan yang mendasar, melainkan hanya sekedar 'gaya-gaya". Kenapa
hal tesebut bisa terjadi, karena banyak diantara kita yang menggunakan
media sosial hanya sekedar men-share tempat nongkrong atau bergaul,
memfoto makanan kemudian di share, dan berkeluh kesah di ranah publik.
Meskipun itu adalah hak bagi si pengguna, namun terkadang ada hal-hal
yang tidak perlu di lakukan karena bisa menimbulkan sifat riya.
Contoh media sosial yang menyampaikan informasi setiap per sekian
detik saja seperti Twitter. Ada juga media sosial dimana kita bisa
berinteraksi dengan kerabat dekat, orang terkenal, bahkan orang yang
baru kita kenal sekalipun. seperti Facebook, LINE, Tumblr, WeChat. Ada
pula media sosial dimana kita bisa menshare tempat-tempat terkenal dan
rasanya menjadi keharusan untuk berkunjung tempat tersebut. Seperti
FourSquare, Path. Ada pula media sosial dimana kita bisa menshare
foto-foto pribadi hasil jepretan dan karya kreatif kita, seperti
Instagram, Youtube dan masih banyak lagi media sosial yang bertebaran
di luar sana, dengan fungsi yang berbeda-beda. Jadi media sosial bukan
hanya menyampaikan informasi semata, namun bisa juga digunakan sebagai
alat pengekspresian diri.
Dampak yang dirasakan dari penggunaan media sosial juga tidak beda
jauh dengan penggunaan media online. Dari segi sosial, media sosial
dapat memberi pengaruh terhadap tindakan-tindakan sosial manusia. Dari
segi ekonomi, media sosial juga bisa memperlancar bisnis online. Hanya
dengan satu sentuhan saja kita bisa membeli atau memesan barang sesuai
dengan keinginan dan kantong kita. Dari dampak budaya juga tidak kalah
besarnya. Pergeseran sistem nilai, adanya budaya-budaya baru yang
bermunculan serta ruang interaksi yang lebih luas lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar