Senin, 28 April 2014

Nur Fajrina_ Tugas ke-5_ Pendidikan Cinta Lingkungan Hidup

Pendidikan Cinta Lingkungan Hidup
TAHAP 1 :
No
KEGIATAN
KETERANGAN
AKTOR
1
Membuat planing kegiatan dan anggaran kegiatan
 
Plaksana  Kegiatan
A
Merumuskan planing kegiatan untuk aktivitas assessment kepemudaan di Rw 002 Kel. Baru Kec. Ps. Rebo
Adanya kerangka acuan untuk kegiatan assessment Kepemudaan di Rw 002 Kel. Baru Kec. Ps. Rebo
Plaksana  Kegiatan
B
Membuat anggaran kegiatan untuk aktivitas assessment kepemudaan di Rw 002 Kel. Baru Kec. Ps. Rebo
adanya anggaran kegiatan untuk kegiatan assessment kepemudaan di Rw 002 Kel. Baru Kec. Ps. Rebo
Plaksana  Kegiatan
2
Tahapaan Assessment
 
 
A
Penelusuran lokasi wilayah  Rw 002 Kel. Baru Kec. Ps. Rebo
Adanya peta umum wilayah Rw 002 Kel. Baru Kec. Ps. Rebo, Jakarta Timur.
Pelasana Kegiatan
B
Diskusi dengan pemuda/i mengenai eksistensi dan struktur Kelompok Kepemudaan wilayah Rw 002 Kel. Baru Kec. Ps. Rebo
Gambaran eksistensi serta Struktur organisasi Kelompok Kepemudaan Rw 002 Kel. Baru Kec. Ps. Rebo, Jakarta Timur
Pelaksana Kegiatan dan pemuda/i di wilayah tersebut
C
Menemui Staff bagian kependudukan Kelurahan Pondok Bambu untuk mengetahui data terbaru jumlah anak-anak dan jumlah Kelompok Bermain  di wilayah Rw 002 Kel. Baru Kec. Ps. Rebo
Tersedianya Data jumlah anak-anak dan Kelompok Bermain wilayah Rw 002 Kel. Baru Kec. Ps. Rebo.
Pelaksana Kegiatan
D
Kroscek data lapangan di Rw 002
Validitas data hasil asessment lapangan
Pelaksana Kegiatan
E
laporan akhir Asessment
Selesainya Penulisan Laporan assessment
Pelaksana Kegiatan
F
Presentasi hasil Asessment di kelas
 
Pelaksana Kegiatan
 
TAHAP 2 :
Dalam tahap 2 ini si pelaksana kegiatan di harapkan mampu melakukan pendekatan dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat, pemuda/i, kelompok bermain di wilayah tersebut. Setelah melakukan pendekatan si pelaksana di harapkan dapat mempertimbangkan lingkungan sebagai suatu totalitas alami dan buatan, bersifat teknologi dan sosial (ekonomi, politik, kultural, historis, moral, estetika). Menerapkan suatu proses yang berjalan secara terus menerus dan sepanjang hidup, dimulai pada jaman pra sekolah, dan berlanjut ke tahap pendidikan formal maupun non formal. Mempunyai pendekatan yang sifatnya interdisipliner, dengan menarik/mengambil isi atau ciri spesifik dari masing-masing disiplin ilmu sehingga memungkinkan suatu pendekatan yang holistik dan perspektif yang seimbang. Mempromosikan nilai dan pentingnya kerjasama lokal, nasional dan internasional untuk mencegah dan memecahkan masalah-masalah lingkungan. Memampukan peserta didik untuk mempunyai peran dalam merencanakan pengalaman belajar mereka, dan memberi kesempatan pada mereka untuk membuat keputusan dan menerima konsekuensi dari keputusan tersebut.
TAHAP 3 :
Pada tahap 3 akan dijelaskan mengenai evaluasi pada program Pendidikan Cinta Lingkungan. Apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan di program ini. Serta dapat menemukan solusi yang tepat untuk dapat melanjutkan program tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini