Senin, 28 April 2014

SarahAmaliaKusnensar_tugas6_pengaruh sinetron terhadap moral remaja

1. Latar belakang
Masa remaja adalah masa pencarian jati diri, masa dimana seseorang ingin menjadi dirinya sendiri, mencari apa arti hidup , mencontoh banyak hal untuk menemukan siapa dirinya, di masa remaja ini juga banyak sekali permasalahan yang muncul yang di akibatkan oleh faktor lingkungan, ekonomi, dan faktor lainnya. Banyak peran yang terlibat dalam perkembangan seorang remaja, seperti orang tua, keluarga, guru hingga teman sepermainan. Dewasa ini banyak permasalahan tumbuh di kalangan remaja seperti kekerasan remaja, pergaulan bebas hingga melunturnya moral remaja. Televisi atau sinetron khususnya menjadi salah satu sebab dan alasan merosotnya moral remaja, karena tayangan di sinetron saat ini membuat remaja mengikuti trend dan mode yang ada di televisi, oleh sebab itu sinetron menjadi salah satu penyebab merosotnya moral remaja.

2. Teori riset lapangan
teori yang di gunakan adalah teori dari max weber yaitu teori tindakan sosial atau yang di sebut economic society gejala sosial, adanya individu, suatu tindakan individu sepanjang tindakan itu mempunyai makna / arti. Suatu  tindakan  individu  yang  diarahkan  kepada  benda  mati  tidak  masuk  dalam  kategori tindakan sosial. Suatu tindakan akan dikatakan sebagai tindakan social ketika  tindakan tersebut benar-benar diarahkan kepada   orang  lain (individu lainnya). Meski tak jarang tindakan  sosial  dapat  berupa  tindakan  yang  bersifat membatin  atau  bersifat  subjektif  yang mungkin terjadi  karena  pengaruh  positif  dari  situasi  tertentu.  Bahkan terkadang tindakan dapat berulang kembali  dengan sengaja sebagai akibat dari pengaruh situasi yang serupa atau berupa persetujuan secara pasif dalam situasi tertentu. menurut max weber pula keebebasan di batasi dengan kebebasan orang lain.

3. Pertanyaan penelitian
   A. Apakah seorang anak yang suka menonton sinetron akan menimbulkan efek yang tidak baik?
   B. Bagaimana mengatasi dampak yg kurang baik dari sinetron terhadap moral remaja?

4. Metode
Karena cara pengumpulan data dengan interview sehingga metode yang di gunakan adalah metode kualitatif dengan cara menganalisa hasil dari jawaban responden, metode kualitatif ini juga menggunakan lingkungan sebagai sumberdata, data yang di peroleh adakah data yang seperti hasil pengamatan, penarikan kesimpulan menggunakan induktif yang di mulai dari observasi lapangan, interview, analisa hingga pada penarikan kesimpulan.

5. Area riset
area riset yang di ambil untuk memperoleh data adalah remaja lingkungan ragajaya citayam, serta ada beberapa data yang di peroleh dari pertanyaan yang di ajukan kepada responden remaja melalui pesan teks.

6 subjek
subjek remaja yang berusia 13 hingga 18 tahun yang biasa menonton sinetron setiap harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini