Senin, 28 April 2014

Nurul Andani dan Jamillah_Tugas ke 6_Metode Kualitatif RRA

A.    Pendahuluan
Secara umum, pengertian dari pertanian adalah suatu kegiatan manusia yang meliputi pertanian tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, holtikultura, peternakan dan perikanan. Sejarah Indonesia sejak masa kolonial sampai sekarang tidak dapat dipisahkan dari sektor pertanian dan perkebunan, karena sektor - sektor ini memiliki arti yang sangat penting dalam menentukan pembentukan berbagai realitas ekonomi dan sosial masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Indonesia adalah sebagai petani dan perkebunan, sehingga sektor - sektor ini sangat penting untuk dikembangkan di negara kita.
Pada zaman sekarang, generasi muda di Indonesia sudah tidak lagi tertarik dengan dunia pertanian. Karena kebanyakan mereka menganggap bahwa dengan bekerja sebagai petani tidak dapat menunjang perekonomian dan terkesan kuno. Karna, generasi muda pada zaman sekarang lebih mau menjadi pekerja kantoran disbanding menjadi petani.
            Dari penjabaran di atas, kami mengambil tema nomer lima, yaitu Profesi di bidang pertanian yang tidak lagi menarik bagi kalangan muda. Alasan memilih tema ini adalah untuk menyadarkan kepada kalangan muda agar mau membangun desa mereka masing masing dan mengembangkan potensi dalam bertani.
 
B.     Pertanyaan Utama
Mengapa kalangan muda zaman sekarang kurang tertarik dalam bertani?
 
C.     Metode pengambilan data
Kami mengambil data, dengan metode wawancara ke salah satu petani.
Nama petani: bapak Saukani
Desa: Sei.Pagar, Pekanbaru, Riau.
·         Bapak bertani di bidang apa?  Di bidang Kelapa Sawit
·         Sudah berapa lama menjadi petani Kelapa Sawit? Sudah 14 Tahun
·         Berapa besar lahan yang bapak miliki? 20 hektar
·         Bagaimana persaingan antar sesama petani? Di desa kami persaingan antar petani sangat sehat. Karna kami menjunjung tinggi kebersamaan.
·         Berapakah hasil panen setiap bulannya? Hasil panen setiap bulannya sekitar 30 ton
·         Berapakah penghasilan bapak perbulan? Sekitar 48jt perbulan
·         Berapakah biaya perawatan kelapa sawit perbulan? 10jt perbulan
·         Berapakah untung secara bersih penghasilan bapak? Sekitar 35jt perbulan
·         Apakah bapak yang menjalankan perawatan kelapa sawit? Tidak, saya memiliki karyawan
·         Berapakah gaji karyawan bapak perbulannya? 3jt perbulan
·         Dengan menjadi petani kelapa sawit, apakah kehidupan ekonomi bapak menjadi terbantu? Wah, jelas sangat membantu. Karna dengan menjadi petani kelapa sawit  ekonomi keluarga saya menjadi terbantu. Dan martabat keluarga saya menjadi naik.
·         Apakah kalangan muda di desa bapak masih mau bekerja sebagai petani kelapa sawit? Sudah tidak, karna kebanyakan kalangan muda lebih memilih kerja di kota walaupun
menjadi pekerja serabutan.
 
D.    Hasil
Dari data diatas, sudah dapat di pastikan bahwa sebenarnya menjadi petani itu adalah profesi yang cukup menjanjikan. Namun, memang memerlukan ketelitian dalam jangka waktu yang cukup panjang. Sedangkan, pemuda pada masa sekarang ini, lebih memilih untuk mendapatkan hasil secara instan yang sebenarnya hasil yang diraihnya  tidak berkepanjangan. Oleh Karena itu, banyak pemuda yang lebih memilih urbanisasi dibanding memanfaatkan potensi yang ada di desanya masing masing, dan pemuda pada masa sekarang ini jarang yang dapat melihat peluang-peluang usaha yang ada.
Seharusnya kita sebagai generasi muda, harus dapat berfikir secara cerdas. Karna dengan kita berfikir secara cerdas, kita dapat melihat peluang-peluang usaha yang sebenarnya dimiliki di wilayah tempat tinggal kita tanpa harus pindah ke kota. Karna generasi muda pada masa ini lebih memilih urbanisasi dan menjadi pekerja serabutan dibandingkan menjadi seorang petani. Padahal dengan menjadi pekerja serabutan tidak dapat menunjang kehidupan.
Kita sebagai generasi muda, jangan pernah malu untuk belajar bertani. Karna pada zaman sekarang kita dapat memanfaatkan teknologi yang modern tanpa harus berkotor-kotoran. Dengan bertani, secara tidak langsung kita dapat menajaga lingkungan agar tetap asri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini