Minggu, 28 September 2014

tugas 2_Fadel Muhammad Anugrah_1112051000114

Tugas 2_Fadel Muhammad Anugrah_1112051000113

Etika terapan (applied ethics) kadang juga sering disebut dengan filsafat terapan. Etika terapan menggeluti masalah-masalah yang sangat konkret, tidak akan mengherankan bahwa disini telah berkembang berkembang kebiasaan untuk mempelajari kasus, seperti telah terjadi dalam disiplin ilmu lain yang berkaitan dengannya, khususnya ilmu kedokteran dan ilmu manajemen.

a.      Bidang yang menjadi garapan etika terapan saat ini

Sebagai contoh tentang etika terapan yang membahas profesi disebut; Dokter, etika kedokteran sekarang sering dimengerti dengan cara lebih luas sehingga mencakup semua masalah etis yang berkitan dengan kehidupan, misalnya seorang dokter tidak boleh salah dalam memberi obat untuk pasiennya. Hakim, seorang hakim harus menerima, memeriksa, mengadili, memutuskan dan menyelesaikan setiap perkara yang diajukan kepadanya. Jurnalis, seorang jurnalis harus menyampaikan dan meneruskan informasi yang factual kepada public serta harus mematuhi kode etik. Pengacara, seorang pengacara wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahui atau diperoleh dari kliennya karena hubungan profesinya.

b.      Pendekatan etika terapan

Pendekatan multidisipliner: usaha menyoroti suatu masalah tertentu dari berbagai seginya.

Pendekatan interdisipliner: dijalankan dengan lintas disiplin dimana semua ilmu ikut serta meninggalkan pandangan menyeluruh.

Pendekatan kasuistik: usaha memecahkan kasus-kasus konkret dibidang moral dengan menerapkan prinsip-prinsip etika umum.

c.       Metode etika terapan

1.      Menggunakan pendekatan yang bersifat multidisipliner

2.      Menggali informasi selengkap-lengkapnya

3.     Memperhatikan berbgai norma yang berlaku

4.      Menggunakan logika dalam analisisnya

d.      Relasi etika dan filsafat

Etika berhubungan dengan akhlak dan pribadi setiap individu, dan filsafat merupakan buah pemikiran manusia jadi kesimpulannya etika merupakan salah satu yang dihasilkan dari adanya filsafat.

ETIKA YANG PERLU DIKETAHUI SETIAP PEMIMPIN, John C. Maxwell.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini