Senin, 01 Desember 2014

Tugas Ke-8_Umu Kulsum_KPI 5D_1112051000108

Nama               : Umu Kulsum
NIM                 :  1112051000108
Jurusan                        :KPI 5D
Fenomena Media Komunikasi Terkini dan Etika Komunikasi : Twitter
            Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi. Media komunikasi merupakan wadah atau sarana di dalam bidang komunikasi, dimana media komunikasi digunakan sebagai perantara untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya tanpa membatasi jarak, misalnya berkomunikasi dengan teman yang berada di Luar negri dengan menggunakan Twitter kita bisa berkomunikasi dengan tulisan kepada teman tanpa batas jarak. Proses komunikasi yang selama ini dilakukan hanya melalui tatap muka, komunikasi kelompok, komunikasi massa, kidi dengan adannya media-media sosial seperti Twitter kita bisa berkomunikasi jarak jauh walau tanpa tatap muka dengan perantara media sosial. Perkembangan internet adalah fenomena dalam perubahan-perubahan media komunikasi. Perkembangan internet membawa perubahan-perubahan tidak saja dalamperangkat penyebaran pesan, tetapi juga perubahan gaya hidup, dan juga perubahan di masyarakat.
            Banyak fasilitas untuk berkomunikasi yang bermunculan dengan adanya internet. Media komunikasi itulah yang disebut sebagai media sosial. Media sosial adalah fasilitas berkomunikasi yang adadi dunia maya dalam memberikan dan mendapatkan informasi tanpa mengenal jarak dan waktu di belahan dunia mana pun. Berbagai macam media sosial pun bermunculan seiring berkembangnya teknologi diantaranya, twitter, facebook, blog, whatsapp, line,saat ini di telepon genggam sedang banyak di gunakan adalah BBM, Path, dan juga Instagram.
            Etika komunikasi itu sendiri adalah tata cara bagaimana seseorang berkomunikasi sesuai dengan aturan komunikasi yang baik dan benar tanpamenyakiti atau menyinggung lawan komunikasi. Di dalam media komunikasi dewasa itu sendiri juga harus memiliki suatu etika komunikasi yang sesuai dengan ketentuan. Salah satu media sosial yang sedang fenomenal adalah Twitter. Awalnya Twitter adi gunakan sebagai layanan internal  bagi karyawan odeo, untuk berkomunukasi dengan kelompok kecil, lalu di populerkan ke public pada tanggal 15 Juli 2006.
            Sebagai pengguna Twitter tentunya dalam mengaplikasi media komunikasi harus memiliki suatu etika komunikasi yang sesuai agar komunikasi di media sosial bisa berjalan dengan baik. Aturan yang sangat penting bagi pengguna Twitter adalah etika berkomunikasi yang baik, sebaiknya dalam berkomunikasi dalam sosial media kita harus mengggunaknan kata-kata yang sopan dan santun. Kedua, menghargai nara sumber, pada saat menulis informasi kita harus menulis dari mana kita mendapat informasi tersebut, Ketiga,  hindari status atau gambar-gambar yang bersifat sara, dan porno, Keempat Kroscek Informasi yang kita peroleh apakah benar informasi tersebut atau hanyasekedar gossip, Kelima menilai berita bukan dari judul, tapi juga menilai berita dari isi berita dan juga nilai berita tersebut, Ke enam,  opini berdasarkan fakta memberi komentar pada status orang tapi berdasarkan opini yang benar-benar fakta bukan sekedar pendapat kita, Ke tujuh ikut-ikutan berkomentar tanpa kita mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, Ke delapan, hindari sosmed saat emosi, karena pada saat seperti itu bisa membuat kita meluapkan semua kekesalan kita di sosemd tersebut dan bahkan bisa berujung kepada Sara dan membuat yang bersangkutan terjerat pasal-pasal.
            Namun kenyataannya pada saat itu, kode etikkomunikasi tidak lagi di indahkan oleh para pengguna sosmed. Pada saat ini banyak masyarakat yang menulis status yang mengandung SARA, bahkan banyak masyarakat yang terjerat pasal dan menghadapi meja hijau saat melupkan kekesalannya terhadap suatu suku atau agama karena seseorang melakukan hal yang membuat dirnya kesal. Bukan hanya itu, saat ini masyarakat tidak lagi memperdulika kode etik komunikasi di sosmed, ada yang membuat status atau gambar yang mencari sensasi agar di komentari atau di bicarakan oleh masyarakat. Salah satu kasus yang membuat heboh menyinggung SARA adalah salah satu mahasiswa yang menghina Yogyakarta hanya karena kesal saat pengisian BBM. Atau kasus yang berbau porno saat seorang pedangan sate yang berusia 23 tahun mengunggah foto presiden saat ini dengan lelucon gambar yang berbau porno hanya karena mengikuti teman-temannya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini