Senin, 01 Desember 2014

TUGAS 10_Noni wildasari_KPI5D

Nama : Noni wildasari

Kpi 5D (1112051000110)

Etika dan komunikasi dalam perspektif islam : etika dalam pergaulan sehari hari, dan etika komunikasi dalam dakwah.

Komunikasi merupakan bagian dari kehidupan manusia. Komunikasi islam berfokus pada teori-teori komunikasi yang dikembangkan oleh para pemikir muslim. Tujuannya agar komunikasi alternative terutama dalam menjunkung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang bersesuaian  dengan fitrah penciptaan manusia.

Dalam perspektif islam, komunikasi dalam bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah manusia selalu dilalui dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi islami, yaitu komunikasi berakhlak karimah atau beretika.

Komunikasi berakhlak al- karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada al quran dan hadist. Serta komunikasi yang menimbulkan kebaikan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Komunikasi islam menekankan menekankan pada unsure pesan, yakni risalah atau nilai-nilai islam dan cara. Dalam hal ini tentang gaya bicara dan penggunaan bahasa.

 

-          Etika komunikasi dalam dakwah

Secara islam etika dakwah adalah etika islam itu sendiri, dimana secara umum seorang dai harus berkata secara benar, halus, lembut, efektif dan efisien. Berkata dengan melihat situasi dan konsidisi, melakukan tindakan yang terpuji dan menjauhkan diri dari perilaku tercela. Sebagai sebuah profesi. Dakwah memerlukan kode etik, yaitu sebuah istilah yng merujuk pada aturan-aturan atau prinsip-prinsip yang merumuskan perlakuan benar dan salah.

M Munir, Metode Dakwah, (Jakarta: Kencana), 2006. 

 L.Johanes, Richard,  Etika Komunikasi, (Bandung: Rosdakarya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini